Resep Tape Goreng Sederhana yang Manis sekaligus Gurih, Gampang Banget Bikinnya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 3 Februari 2024 12:32
Resep Tape Goreng Sederhana yang Manis sekaligus Gurih, Gampang Banget Bikinnya!
Yuk, bikin sendiri tape goreng di rumah~

Resep tape goreng bisa jadi pilihan mudah dan murah untuk membuat kudapan dengan rasa yang unik. Kombinasi rasa manis dari tape singkong dan gurih dari adonan tepungnya, membuat camilan yang satu ini cocok banget dinikmati sebagai hidangan penutup.

Tape ini dibuat dari singkong yang difermentasi, dengan hasil akhir yang manis sekaligus sedikit asam. Camilan tape goreng ini jadi kudapan yang populer di Indonesia lantaran rasa yang enak dan proses pembuatan yang gampang banget.

1 dari 5 halaman

Resep Tape Goreng

Resep Tape Goreng © Diadona

Resep tape goreng yang sederhana, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dan cara pembuatan yang bisa diikuti.

Bahan:

  • Tape singkong yang sudah difermentasi
  • Tepung terigu secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya (opsional)
  • Minyak untuk menggoreng

2 dari 5 halaman

Langkah-Langkah Pembuatan Tape Goreng

Resep Tape Goreng © Diadona

Pertama, siapkan tape singkong. Pastikan tape singkong yang akan digunakan sudah difermentasi dengan baik. Tape yang baik memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang manis.

Kemudian, persiapkan adonan tepung. Campurkan tepung terigu dengan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang memiliki konsistensi yang baik. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Tambahkan garam sesuai selera untuk memberikan rasa gurih pada adonan. Jika suka, tambahkan gula untuk memberikan sedikit rasa manis pada adonan.

Ambil sejumput tape singkong, celupkan ke dalam adonan tepung hingga seluruh bagian tape terbalut oleh adonan.

Sebelum menggoreng tape, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, masukkan tape yang sudah dibalut adonan tepung, goreng hingga berwarna keemasan. Pastikan untuk membaliknya agar matang merata.

Kemudian, angkat tape goreng dan tiriskan minyak berlebih. Sajikan tape goreng hangat sebagai camilan atau hidangan penutup.

3 dari 5 halaman

Apakah Tape Goreng Aman Dikonsumsi saat Perut Kosong?

Resep Tape Goreng © Diadona

Tape goreng memang tergolong sebagai camilan atau makanan ringan, sehingga cukup aman disantap saat perut kosong. Namun, respon tubuh terhadap makanan bisa bervariasi antar individu.

Beberapa orang mungkin aman-aman aja mengonsumsi tape goreng saat perut kosong. Namun, sebagian lainnya mungkin akan merasakan ketidaknyamanan seperti kembung atau sakit perut.

Perlu diingat, tape singkong sebagai bahan dasar dari tape goreng memang mengandung karbohidrat yang bisa memberikan energi. Namun, tape singkong juga melalu proses fermentasi hingga mungkin bisa memberikan efek berbeda pada orang-orang dengan kondisi medis tertentu seperti masalah pencernaan.

4 dari 5 halaman

Berapa Kandungan Kalori dalam Tape Goreng?

Resep Tape Goreng © Diadona

Perkiraan kalori dalam tape goreng bisa bervariasi, tergantung dari ukuran porsi, metode penggorengan, serta bahan tambahan yang mungkin digunakan sebagai pelengkap. Secara umum, tape goreng adalah camilan yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi, karena proses penggorengannya menggunakan minyak.

Sebagai referensi, 100 gram tape goreng setidaknya mengandung sekitar 250-300 kalori. Namun lagi-lagi perlu dipahami, jika perkiraan umum ini bisa bervariasi, tergantung variasi bahan dan cara memasak yang digunakan.

Beri Komentar