Kenapa Tape Goreng Disebut Rondho Royal? Penemunya Janda?

Reporter : Nasa
Selasa, 18 Februari 2020 11:02
Kenapa Tape Goreng Disebut Rondho Royal? Penemunya Janda?
Jajanan khas pulau Jawa ini disebut sebagai Rondho Royal. Kata Rondho dalam bahasa Jawa berarti janda, jadi penemu jajanan ini seorang janda?

Kamu pernah nggak makan jajanan tape goreng isi gula merah yang yang biasa dijual sama penjual gorengan. Nama asli dari jajanan tersebut adalah 'Rondho Royal'. Kalau dalam bahasa Jawa nih, kata Rondho berarti 'janda'. Tapi apa bener pemberian nama tersebut karena yang buat adalah seorang janda?

Sebuah akun Quora dengan nama Revi Soekatno membahas tentang kemungkinan asal-usul pemberian nama ini Rondho Royal ini nih. Menurut Revi, pemberian nama Rondho Royal pada tape goreng isi gula merah adalah karena terinspirasi dengan panganan asal Belanda yang disebut Rondo.

Rondo di Belanda juga merupakan jajanan lawas. Kalau dilihat sekilas mungkin tak begitu mirip dengan Rondho Royal dari Jawa. Namun Karakteristik Rondo kurang lebih sama dengan Rondho Royal. Yakni kue yang memiliki isian. Namun bahan yang digunakan memang jauh berbeda.

 

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Kue Rondo © Diadona

Kue Rondo asal Belanda ini disebut menggunakan adonan mentega dan isian campuran gula dan juga buah amandel. Sedang Rondho Royal dari Jawa menggunakan tape sebagai bahan utama, kemudian gula merah sebagai isiannya. Sampai sekarang belum ada yang tahu pasti tentang sejarah pemberian nama Rondho Royal.

Tapi ada beberapa daerah yang menyebut bahwa Rondho Royal merupakan jajanan asli daerahnya. Seperti Jepara, yang menyebut Rondho Royal sebagai jajanan khasnya. Wah jadi kemungkinan besar memang bukan karena pembuatnya adalah seorang janda ya.

Atau kamu mungkin punya versi cerita lain tentang asal-usul pemberian nama Rondho Royal? Jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya.

Beri Komentar