Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem yang Lembut dengan Tips Anti Gagal!

Reporter : Aditia
Jumat, 5 Januari 2024 20:41
Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem yang Lembut dengan Tips Anti Gagal!
Siapa yang penasaran dengan resep kue lumpur kentang Ny Liem? Rasanya yang enak dan lembut bikin nagih. Daripada antri dan kehabisan, yuk cobain bikin sendiri di rumah!

Resep kue lumpur kentang Ny Liem kini banyak digemari karena memiliki rasa yang terbukti enak dan legitnya. Apalagi, sebagai produsen kue tradisional, merek kue basah Ny Liem memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia tersendiri sebagai approved culinary atau toko kue yang sudah diakui rasanya.

Sangking enaknya, tak jarang banyak konsumen yang pengen tahu resep kue lumpur kentang Ny Liem. Selaiin dari cara memasaknya, rupanya bahan-bahan pembuatan kue ini juga perlu diperhatikan agar hasil dari masakannya bisa sesempurna kue lumpur Ny Liem.

Nah, buat kamu yang juga ikut penasaran dan pengen banget recook jajanan populer Ny Liem ini, yuk simak resep dan cara membuatnya yang mudah dan simple banget!

1 dari 5 halaman

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem © Diadona

Bahan:

  • 500 gram kentang besar dikukus, lalu dihaluskan selagi panas supaya lebih gampang dan lebih lembut
  • 250 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 60 gram susu bubuk merek apa saja
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur ukuran besar
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt vanili (pakai yang bubuk supaya mudah dicampur)
  • 500 ml santan kental yang sudah dimasak dan didiamkan hingga hangat kuku
  • Perwarna kuning untuk membuat warna lebih keluar
  • 100 gram margarin dilelehkan
  • Kismis secukupnya

2 dari 5 halaman

Cara membuat:

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem © Diadona

1. Kocok telur dan gula pasir sampai larut dan cukup mengembang. Lalu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, disusul terigu, garam, vanili, susu bubuk, vanili. Terakhir, tuang santan dengan perlahan hingga adonan telah teraduk sempurna dan tidak menggumpal.

2. Setelah adonan benar-benar halus, masukkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk pelan dan konsisten dengan spatulla.

3. Panaskan cetakan dengan api kecil. Oleskan margarin tipis saja.

4. Tuang adonan ke dalam cetakan sebanyak 3/4 dari ukuran cetakan. Tutup cetakan. Masak hingga setengah matang, lalu tambahkan kismis. Tutup kembali hingga matang, angkat dan sajikan.

Setelah adonan matang, kamu bisa ulangi cara memasaknya hingga adonan habis. Jangan lupa oleskan margarin jika dirasa cetakan lengket dan mudah gosong. Perhatikan juga api dan panas cetakan supaya hasilnya jadi lembut dan wangi. 

 

3 dari 5 halaman

Tips Masak Kue Lumpur yang Enak dan Anti Gagal

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem © Diadona

Membuat kue lumpur yang enak dan lembut rahasinya harus memperhatikan cara memasak dan bahan-bahan yang tepat. Nah, berikut tips masak kue lumpur yang enak dan anti gagal yang bisa kamu ikuti.

Gunakan bahan-bahan yang berkualitas

Gunakan margarin yang berkualitas baik agar kue lumpur memiliki aroma yang harum dan tekstur yang lembut. Gunakan juga santan yang kental agar kue lumpur terasa gurih.

Kocok telur dan gula sampai gula sampai larut sempurna

Kocok telur dan gula sampai gula larut dan adonan menjadi kental. Hal ini akan membuat kue lumpur memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal.

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan agar adonan tidak menggumpal. Dengan begitu, adonan jadi lebih lembut dan licin, kamu pun tidak perlu mengulangi mengaduk yang akan merusak tekstur adonan.

4 dari 5 halaman

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem © Diadona

Haluskan kentang saat masih panas

Menghaluskan kentang saat masih panas akan membuat kentang jadi lebih halus dan mudah menyatu dengan adonan yang lainnya.

Panggang kue lumpur dengan api kecil

Tips terakhir adalah memanggang kue lumpur dengan api kecil agar kue lumpur matang secara merata dan tidak hangus. Penting juga memperhatikan takaran adonan saat dituang. Usahakan untuk menuang 3/4 adonan saja agar tidak bantet dan gagal matang.

 

 

5 dari 5 halaman

Tips Resep Kentang Lumpur NY Liem dari Dapur Enta

Biar memasak jadi lebih mudah, Diazens bisa nonton video resep dari dapur Enta berikut ini, simple banget lho cara masak dan tipsnya!

 

Tips tambahan: pastikan saat akan menuang adonan ke cetakan, cetakan sudah benar-benar panas ya, kamu bisa mencoba menuangkan satu sendok ke dalam cetakan untuk tes apakah cetakannya sudah siap untuk digunakan. 

Kamu juga memvariasikan isian kue lumpur selain kismis, seperti keju, selai nanas, ayam, hingga abon, atau sesuai selera kamu.

Mudah banget kan resep kue lumpur NY Liem dan tips cara membuatnya? Yuk siapkan bahan dan terapkan detail memasaknya agar tidak gagal. Selamat mencoba, Diazens!

 

Beri Komentar