10 Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Lapindo dengan Labu Kuning, Ubi Ungu, Pandan dan Pisang

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 17 Februari 2020 22:00
10 Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Lapindo dengan Labu Kuning, Ubi Ungu, Pandan dan Pisang
Olahan ringan yang terbuat dari santan, kentang, tepung terigu, dan telur juga tak lupa tambahan kismis dan kelapa muda iris di atasnya. Yuk simak resep mudah cara membuat kue lumpur di bawah ini!

Kue lumpur merupakan olahan jajanan ringan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu, santan, kentang, dan telur. Untuk menambah aroma wangi, biasanya ditambahkan dengan vanila dan hiasan kismis juga irisan kelapa muda. Kue lumpur ini merupakan golongan kue basah yang tidak tahan lama.

Kamu tentunya bisa membuat kue lumpur ini di rumah. Cara membuatnya sangatlah sederhana. Berikut Diadona ulas resep mudah cara membuat kue lumbur di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang © Diadona

Olahan kue lumpur pertama yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah dengan bahan kentang. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue lumpur kentang di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram gula pasir
- 4 butir telur utuh
- 1 butir kuning telur
- 1/2 sdt vanilli
- 1 kg kentang kukus, haluskan
- 500 gram terigu
- 1 liter santan
- 200 gram margarine, cairkan

Optional: Kurma secukupnya, diiris-iris untuk hiasan

Cara membuat kue lumpur kentang:

  1. Kocok gula, telur, vanili dengan mixer hingga kental. Masukkan bergantian terigu, kentang halus dan santan sambil dimixer kecepatan rendah.Setelah tercampur rata, matikan mixer. Masukkan margarine cair, aduk rata dengan spatula.
  2. Panaskan cetakan kue lumpur. Tuang adonan, panggang selama 20 menit lalu tutup cetakannya. Saat setengah matang, beri irisan kurma di atasnya. Lalu lanjut panggang hingga matang.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo

Kue Lumpur lapindo © Diadona

Selanjutnya kamu juga bisa membuat kreasi kue lumpur lapindo dengan pasta pandan hijau. Langsung saja simak resep cara membuat kue lumpur lapindo lezat di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 500 ml santan cair dari 2 bungkus santan kara
- 3 sdm gula pasir
- Secukupnya vanili, garam, pasta pandan
- 4 sdm margarin cairkan

Bahan isian:
- 7 sdm maizena
- 700 ml santan cair
- 7 sdm gula pasir
- 2 butir telur

Cara membuat kue lumpur lapindo:

  1. Buat bahan kulit dengan mencampur bahan 250 gram tepung terigu, 2 butir telur, 500 ml santan, 4 sdm margarin cair lalu diamkan 30 menit.
  2. Buat bahan isi dengan campurkan 7 sdm maizena, 700 ml santan, 7 sdm gula pasir campur dan rebus hingga mendidih dan kental. Masak masukkan isian dalam kulit. Lumpur Lapindo sudah siap disajikan.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Kue Lumpur Kukus

Kue Lumpur © Diadona

Kamu juga bisa membuat variasi kue lumpur dengan cara dikukus sederhana. Berikut Diadona ulas resep cara membuat kue lumpur mudah dengan dikukus.

Bahan:
- 10 sdm tepung terigu
- 1 butir kentang kukus ukuran besar, haluskan
- 1 butir telur
- 5 sdm gula pasir/gula halus
- 1/4 sdt vanili
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm susu bubuk
- 3 sdm margarin
- 1 bungkus santan instan
- 150 ml air

Cara membuat kue lumpur kukus:

  1. Campur semua bahan hingga rata. Bisa blender untuk mempersingkat waktu. Asal semua tercampur. Panaskan kukusan dan oleskan minyak sedikit pada cetakan.
  2. Tuang adonan pada cetakan dan kukus kira kira 15-20 menit. Setelah matang beri toping suka suka, bisa meses, keju atau chochochip. Sajikan selagi hangat.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Kue Lumpur Surga

Kue Lumpur Surga © Diadona

Salah satu olahan kue lumpur yang bisa kamu  buat di rumah adalah kue lumpur surga dengan dua lapisan putih dan hijau. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat kue lumpur surga berikut ini.

Bahan:
Bahan A:
- 100 ml santan kental
- 2 butir telur ayam
- 100 gram gula
- Sedikit garam
- 2 sdm tepung beras

Pewarna:
- 4 lembar daun pandan
- 4 lembar daun suji

Bahan B:
- 100 cc santan kental
- Garam sedikit
- 2 sdm tepung beras

Cara membuat kue lumpur surga:

  1. Gula, telor, garam, tepung beras campur jadi satu. Daun pandan dan suji blender dengan 150 cc air, peras dan saring, kira kira mendapatkan 200 cc air, tambahkan tepung beras untuk lebih set.
  2. Campur air pandan ke adonan A aduk hingga tercampur rata. Tuangkan ke cetakan, sebelumnya siapkan dandang dan dipanaskan dahulu, kukus 20 menit.
  3. Selama kukus siapkan adonan B, campur tepung beras, sejumput garam dengan santan kental 100 cc, aduk rata. Tuang adonan B Ke atas adonan A, kukus kembali 20 menit.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning © Diadona

Selain dengan kentang, kamu juga bisa membuat olahan kue lumpur dengan bahan labu kuning. Penasarankan bagaimana cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue lumpur berikut ini.

Bahan:
- 500 gram labu kuning kukus
- 2 butir telur ayam
- 75 gram margarin, lelehkan
- 225 gram gula pasir
- 250 gram tepung beras
- 50 gram tepung terigu
- 350 ml susu full cream cair
- 200 ml santan
- 50 ml air matang
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt vanila bubuk
- Kismis secukupnya

Cara membuat kue lumpur labu kuning:

  1. Kukus labu kuning dan lelehkan margarin. Sebaiknya labu kuning dikupas dan dipotong-potong dulu lalu ditaruh pada mangkok tahan panas. Kukus agar lebih memudahkan saat dihaluskan.
  2. Setelah 20 menit matikan kompor kukusan labu kuning. Angkat dan haluskan karena di awalnya tidak mengupas kulit, jadi harus dikupas dulu kemudian baru dihaluskan.
  3. Ambil wadah bersih, pecahkan telur dan masukan kuning telur di dalam wadah. Tambahkan juga gula pasir dan 50 ml air matang ke dalam wadah tersebut kemudian kocok sampai gula dan kuning telur tercampur rata dan adonan menjadi putih.
  4. Setelah adonan kuning telur dan gula tercampur, tambahkan putih telur dan margarin cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk perlahan.
  5. Siapkan saringan untuk mengayak tepung beras dan tepung terigu, kemudian campurkan dalam adonan yang tadi. Campurkan juga garam dan bubuk vanila. Aduk sampai rata dan tidak ada gumpalan tepung.
  6. Tuang labu kuning yang sudah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk kembali sampai merata. Setelah itu campurkan susu cair dan santan ke dalam adonan kue tersebut. Tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  7. Siapkan wajan cetakan. Dan panaskan dengan api super kecil agar pinggiran kue tidak mudah gosong. Oleskan setiap lubang cetakan dengan margarin dan tuang adonan ke dalam lubang cetakan.
  8. Isi cetakan 1/2 adonan per lubang. Tutup wajan 5 menit kemudian buka kembali dan taburi kismis diatasnya. Kemudian tutup lagi sampai adonan matang 10 menit. Kemudian angkat dan tata di piring saji.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang

Kue Lumpur Tanpa Kentang © Diadona

Kue lumpur tanpa bahan kentang juga bisa kamu buat. Yap, kue lumpur ini adalah varian rasa asin dan gurih. Langsung saja simak resep cara membuat kue lumpur sederhana berikut ini.

Bahan:
- 250 gram tepung serba guna
- 3 butir telur
- 1 liter santan
- 25 gram gula pasir
- 1 sdt garam
- 1 sdm margarin cair

Cara membuat kue lumpur tanpa kentang:

  1. Rebus santan dan garam sampai mendidih, angkat dan dinginkan. Masukan tepung, telur, margarin cair dan santan dalam gelas blender. Blender kurang lebih 3 hingga 5 menit sampai rata. Tuang dalam baskom, sisihkan.
  2. Panaskan cetakan lumpur yang sudah dioles dengan margarin atau minyak. Tuang adonan ke dalam cetakan setinggi 3/4 bagian, tutup cetakan, biarkan setengah matang, lalu beri taburan, tutup sebentar, tunggu sampai matang, angkat dan dinginkan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Kue Lumpur Labu

Kue Lumpur Labu © Diadona

Kue lumpur labu memang pilihan dalam membuat olahan kue basah ini. Selain mudah, labu merupakan bahan yang murah dan banyak ditemui disekitar kita. Simak resep cara membuat kue lumpur labu berikut ini. 

Bahan:
- 500 gram labu kuning, kukus
- 250 gram tepung terigu
- 250 gram gula pasir
- 2 butir telur
- 500 ml fibercreme
- 100 gram margarine
- Secukupnya vanilli bubuk
- 1 sdt garam
- Topping
- Kismis

Cara membuat kue lumpur labu:

  1. Haluskan labu kukus, boleh diuleg atau diblender. Larutan fibercreme hingga halus. Kocok telur bersama gula sampai pucat. Campur semua bahan sisanya, aduk sampai rata hingga tekstur akhir adonan kental yang terakhir masukkan margarine cair.
  2. Panaskan cetakan kue lumpur dan olesi dengan margarine. Gunakan api kecil dan tuang adonan 1 sendok sayur hingga cetakan hampir penuh tapi jangan sampai luber.
  3. Tutup cetakan, tunggu hingga permukaan kue lumpur agak set, kasih toping dan tutup kembali sampai permukaan set, tapi jangan sampai bawahnya gosong. Jika bagian bawah dan sisinya sudah kecoklatan angkat dan sajikan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Kue Lumpur Pandan

Kue Lumpur Pandan © Diadona

Selain kentang dan labu, kamu juga buisa membuat varian kue lumpur dengan pandan dengan hijau khasnya. Simak langsung resep cara membuat kue lumpur pandan di bawah ini.

Bahan:
Bahan lapisan hijau:
- 3 butir telur
- 10 sdm gula pasir
- 3 sdm tepung terigu
- 220 ml air matang
- 65 ml santan kara
- 1/4 sdt garam
- 7 lembar daun pandan

Bahan lapisan putih:
- 350 ml air matang
- 65 ml santan kara
- 1 sdm tepung beras
- 1 sdm tepung maizena
- 2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam

Bahan pelengkap:

  1. Buat adonan untuk lapisan hijau, blender daun pandan bersama 220 ml air matang. Lalu peras dan saring. Pisahkan larutan air pandan dengan ampas pandannya, dan jadilah jus pandan.
  2. Campur semua bahan lapisan hijau, masukkan cairan jus pandan juga ke dalam adonan lapisan hijau. Kocok rata hingga gula larut. Setelah itu, tuang larutan lapisan hijau ke dalam aluminium foil cup yang telah di siapkan, lalu kukus selama lebih kurang 15 menit.
  3. Sebelumnya, kukusan dipanaskan dulu hingga uap nya banyak. Alasi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke dalam adonan. Menunggu lapisan hijau matang, siapkan adonan lapisan putihnya dengan cara, campur semua bahan lapisan putih, lalu masak di atas api sedang hingga meletup letup.
  4. Setelah 15 menit, buka tutup kukusan lalu tuang adonan lapisan putih di atas adonan lapisan hijau, lalu kukus kembali selama lebih kurang 20 menit.
  5. Adonan lapisan putih tadi disisihkan sedikit untuk dicampur dengan pasta strawberry yang akan dijadikan topping nantinya. Matikan api, tunggu sebentar hingga uap hangat nya hilang. Lalu beri topping.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu

Kue Lumpur Ubi Ungu © Diadona

Selain warna hijau pandan, kamu juga bisa membuat kue lumpur ubi ungu yang simple dan corak warna yang khas. Simak langsung resep cara membuat kue lumpur ubi ungu di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram ubi ungu
- 100 gram gula pasir
- 2 butir telur
- 1/2 sdt garam
- 250 ml santan/susu
- 125 gram tepung terigu
- 50 gram mentega leleh
- 2 tetes pasta taro/pewarna kue ungu
- 1/2 sdt vanilli

Topping:
- Kismis, keju dll

Cara membuat kue lumpur ubi ungu:

  1. Siapkan bahan bahan, ubi dihaluskan bisa dengan garpu. Campur telur, gula, dan garam kocok dengan whish. Tambahkan ubi, aduk rata. Tambahkan santan dan vanilli aduk rata. Tambahkan tepung terigu aduk rata, tambahkan pasta taro atau pewarna ungu jika warna ubi kurang nyata.
  2. Siapkan cetakan kue lumpur lalu olesi margarin, tuang adonan hingga penuh lalu tutup hingga setengah matang beri topping sesuai selera. Masak dengan api kecil agar tidak mudah gosong dan matang merata.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Kue Lumpur Pisang

Kue Lumpur Pisang © Diadona

Pisang adalah bahan yang sering kita jumpai sehari-hari. Yap, kamu juga bisa banget berkreasi membuat kue lumpur dengan bahan pisang ini. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kue lumpur di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram pisang kepok
- 2 butir telur
- 100 gram gula
- 200 gram tepung, segitiga biru
- 350 cc air
- 1 bungkus kecil santan kara
- Sedikit pewarna makanan warna kuning telur
- 50 gram mentega, lelehkan
- Koko cip

Cara membuat kue lumpur pisang:

  1. Kocok gula dan telur, setelah adonan jadi putih dan mulai kaku haluskan pisang. Setelah pisang halus, masukkan ke dalam adonan telur yg sudah di kocok tadi bersamaan dengan tepung, santan, pewarna dan air.
  2. Kocok sampai rata, setelah itu masukkan sisa air dan mentega leleh, aduk dengan sendok adonan. Lumpur siap di bakar.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat kue lumpur kentang, pandang, labu dan ubi yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar