Resep Kacang Bawang Tanpa Santan, Dijamin Tetap Gurih dan Renyah Tahan Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 1 Maret 2024 19:17
Resep Kacang Bawang Tanpa Santan, Dijamin Tetap Gurih dan Renyah Tahan Lama
Camilan favorit siapa nih? Buatnya ternyata tidak sulit deh!

Resep kacang bawang tanpa santan bisa kamu coba untuk referensi menu camilan yang gurih dan lezat di rumah. Biasanya, kacang bawang menjadi salah satu makanan ringan yang banyak disajikan di moment-moment tertentu seperti saat Lebaran tiba.

Kudapan ringan ini seakan menjadi pendamping jejeran kue kering di hari Lebaran yang menggugah selera. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kacang bawang jadi salah satu makanan yang banyak difavoritkan.

Untuk membuat kacang bawang, umumnya kebanyakan orang akan menggunakan santan sebagai bahan utama. Sebab, santan dinilai akan menambah cita rasa gurih dan tekstur pada kacang agar semakin renyah.

 

1 dari 5 halaman

Resep Kacang Bawang Tanpa Santan © Diadona

Namun, jika kamu salah satu yang ingin menghilangkan bahan santan untuk olahan kacang bawang ini ternyata tidak menjadi masalah lho! Tak perlu khawatir juga rasanya bakal kurang lezat ataupun bertekstur kurang renyah.

Karena, mengolah menu camilan kacang satu ini tanpa santan ternyata tetap akan menghasilkan cita rasa yang gurihnya pas. Bahkan, kamu juga tetap bisa mempertahankan kerenyahannya tahan lama.

Tertarik untuk mencobanya di rumah atau sebagai persiapan untuk menyambut Lebaran yang tinggal beberapa bulan ini? Simak deh resep kacang bawang tanpa santan berikut!

2 dari 5 halaman

Resep Kacang Bawang Tanpa Santan

Gurihnya tetap terasa, dan tentunya juga renyah digigit. Buatnya pun tidak ribet, yuk dicoba!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak kacang bawang tanpa santan ini pun tidak rumit dan gampang ditemui di pasaran nih!

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 10 siung bawang putih (iris-iris tipis)
  • 10 siung bawang putih (haluskan)
  • Minyak Goreng
  • 6 sdm garam
  • 1 sdm merica bubuk

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kacang Bawang Tanpa Santan

Resep Kacang Bawang Tanpa Santan © Diadona

Cuci terlebih dahulu kacang tanah kupas sebelum mulai diolah. Cuci dengan perlahan agar tidak handur ya, dan kacang tetap berbentuk utuh.

Selanjutnya, rendam kacang dalam air selama 30 menit. Selama direndam, campur kacang dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan merica bubuk. Lalu, tiriskan terlebih dahulu.

Siapkan bawang putih yang diiris tipis-tipis, lalu goreng hingga matang dan sisihkan. Setelah kacang tanah mulai mengering, goreng di minyak panas dengan suhu api sedang.

4 dari 5 halaman

Goreng hingga berwarna kecokelatan sambil terus diaduk-aduk. Lalu,  angkat, dan tiriskan lebih dahulu. Lakukan proses menggoreng hingga kacang habis.

Berikutnya, dinginkan kacang yang sudah digoreng sejenak sampai uap panasnya menghilang.

Nah, kini kamu sudah bisa langsung mengkonsuminya deh! Masukkan juga kacang ke dalam toples kedap udara setelah uap panasnya menghilang untuk dikonsumsi kapanpun.

Kacang bawang tanpa santan sudah siap dinikmati.

Itulah resep kacang bawang tanpa santan yang bisa dijadikan referensi membuat camilan di rumah. Kudapan satu ini bisa juga kamu siapkan untuk hari Lebaran nanti. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar