Resep Gulai Ikan Patin ala Rumahan dengan Bumbu Meresap Hingga ke Dalam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 27 Desember 2022 23:59
Resep Gulai Ikan Patin ala Rumahan dengan Bumbu Meresap Hingga ke Dalam
Salah satu kunci kelezatan resep gulai ikan patin terletak pada bumbu rempahnya

Ikan patin memiliki tekstur daging yang gak tipis dan juga lembut. Dagingnya bercita rasa yang manis dan gurih. Bahkan rasa tersebut udah muncul walaupun ikan patin tak diberi bumbu lho! Beberapa orang juga menyebut kalau rasa ikan patin hampir mirip dengan ikan lele.

Karena rasanya yang lembut tersebut, ikan patin cocok banget diolah dengan resep apa saja, termasuk dengan bumbu strong seperti resep gulai ikan patin.

Gulai ikan patin kerap hadir di restoran Padang dan jadi salah satu yang difavoritkan. Ingin membuatnya sendiri di rumah sebagai salah satu variasi masakan olahan ikan yang nggak cuman enak tapi bergizi? Intip resepnya di sini nih!

 

1 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin

Resep Gulai Ikan Patin

Penentu dari kelezatan suatu resep gulai ikan patin terletak pada komposisi bumbu rempahnya.

Bahan :

  • 1 ekor ikan patin potong sesuai selera
  • 2 buah wortel diserut
  • daun jeruk
  • daun salam
  • serai
  • 1 bungkus santan kara
  • secukupnya air
  • Gula, garam dan penyedap rasa
  • jeruk nipis
  • 1 buah tomat potong jadi 8
  • cabe merah dan hijau potong serong
  • secukupnya minyak

bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdm kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • cabe rawit(opsional bisa skip)
  • jahe

Cara membuat :

  • Bersihkan ikan patin, baluri dengan perasan air jeruk nipis dan garam diamkan sebentar,
  • Haluskan semua bumbu halus dengan sedikit minyak ya moms bukan air, biar cepet mateng waktu di tumis
  • Panaskan minyak di wajan tumis bumbu halus sampai wangi dan berubah warna, tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai, jika sudah tambahkan air secukupnya aduk rata
  • Masukkan wortel yang diserut dan ikan patinnya. Siamkan sejenak hingga mendidih dan ikan patin berubah tekstur, sesekali aduk agar bumbu meresap rata
  • Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa lalu aduk-aduk test rasa
  • Jika sudah pas masukkan santan, tomat dan cabe merah juga hijau, aduk biar rata. 
  • Tunggu hingga mendidih lalu matikan. Koreksi rasa dan siap disajikan.

2 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin Asam Pedas

Makanan Khas Indonesia - Gulai Ikan Patin

Penambahan belimbing wuluh pada resep gulai ikan patin berikut ini ngasih rasa asam yang segar pada masakan.

Bahan :

  • 2 ekor ikan patin berukuran sedang
  • 2 liter air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 3 lembar daun salam
  • 4 buah asam kandis, larutkan
  • secukupnya garam dan gula

Bumbu halus, blender :

  • 1 ruas kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas, belah-belah dan geprek
  • 10 cabe besar
  • 15 cabe rawit
  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 buah tomat hijau
  • 3 buah kemiri (hancurkan)

Cara membuat :

  • Cuci bersih ikan patin dengan air mengalir lalu potong beberapa bagian.
  • Lumuri daging ikan dengan perasan jeruk nipis, tempatkan dalam panci dan diamkan selama 10 menit.
  • Siapkan panci atau wajan. Masukan air dan semua bumbu halus dan masak hingga air bumbu mendidih.
  • Masukan ikan patin, daun salam, asam kandis dan belimbing wuluh. Beri garam dan gula secukupnya. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Tes rasa.
  • Angkat dan sajikan selagi gulai ikan patin masih panas.

3 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin Khas Riau

Resep Gulai Ikan Patin Khas Riau

Bahan :

  • 1 kg ikan patin
  • Secukupnya air
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah asam kandis aau bisa diganti dengan belimbing wuluh
  • Secukupnya garam gula dan kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 100 gram cabe merah kriting
  • 1 ruas jahe
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 batang sereh
  • 1 jari kelingking kunyit

Cara Membuat

  • Cuci bersih ikan patin beri air perasan jeruk nipis aduk rata kemudian cuci bersih kembali
  • Masak air sampai mendidih, masukan bumbu halus, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, garam, gula, dan kaldu bubuk
  • Aduk rata masak sampai bumbu benar-benar matang, tidak berbau langu
  • Setelah bumbu matang, masukan ikan patin dan belimbing wuluhnya. Aduk rata dan masak sampai ikan matang
  • Koreksi rasa dan sajikan

4 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin dengan Terong

Resep Gulai Ikan Patin dengan Terong

Menambahkan terong pada resep gulai ikan patin menambah tekstur unik di masakan.

Bahan :

  • 1 kg ikan patin
  • 1 buah terong
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1,5 L air santan
  • 1 sdm garam

Bumbu Halus :

  • 50 gr cabe merah
  • 3 biji kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 5 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 3 cabe rawit

Cara Membuat

  • Siapkan bahan dan haluskan bumbu.
  • Tumis bumbu dengan daun jeruk yang telah disobek dan serai yang dimemarkan hingga harum.
  • Tambahkan air santan.
  • Masukkan ikan patin lalu tambahkan cabe dan terong yang telah dipotong.
  • Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Tunggu sampai mendidih lalu koreksi rasa dan sajikan.

5 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin Anti Bosan

Resep Gulai Ikan Patin Anti Bosan

Resep gulai ikan patin ini bisa jadi solusi saat kamu bosan dengan olahan ikan yang gitu-gitu doang.

Bahan :

  • 1 kg ikan patin, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 bungkus santan kara 
  • 2 mata asam Jawa
  • 10 buah cabe rawit merah utuh

Bumbu Halus

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe 
  • Bumbu Lainnya
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir 

Cara Membuat

  • Cuci bersih ikan patin, kucuri dengan perasan air jeruk nipis, diamkan sebentar kurang lebih 10-15 menit.
  • Siapkan bahan bumbu halus, tambahkan secukupnya minyak goreng, kemudian blender hingga halus.
  • Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan tanak, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai, tumis sebentar. Tambahkan gula pasir, aduk merata hingga gula larut (tips agar warna bumbu tetap cantik). Masukkan air secukupnya, masak hingga mendidih.
  • Masukkan ikan patin, masak hingga patin cukup matang, tambahkan bumbu lainnya kaldu bubuk, garam dan santan. Aduk pelan hingga tercampur merata dan bumbu meresap. Jangan lupa koreksi rasa dan sesuaikan selera).
  • Terakhir masukkan cabe rawit merah utuh. Skip langkah ini bila tidak suka terlalu pedas.
  • Masak sebentar cukup cabe rawit agak layu saja. Matikan api dan hidangkan.

6 dari 6 halaman

Resep Gulai Ikan Patin Endeus

Resep Gulai Ikan Patin Endeus

Bumbu rempah komplit adalah kunci dari kelezatan masakan Nusantara, termasuk gulai ikan patin.

Bahan :

  • 500 gram ikan patin
  • 1 buah jeruk nipis (peras airnya)
  • 65 ml santan kental
  • 400 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt kaldu jamur

Bumbu halus

  • 15 buah cabe merah kriting
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit

Bumbu pelengkap

  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh (geprek)
  • 2 mata asam jawa

Cara Membuat

  • Cuci bersih ikan patin lalu lumuri dengan perasaan jeruk nipis, diamkan kurang lebih 15 menit.
  • Siapkan bumbu lalu blender hingga halus
  • Tumis bumbu hingga harum, tambahkan bumbu pelengkap, masukkan air dan ikan, masak dengan api sedang, hingga air agak menyusut
  • Tambahkan garam dan kaldu jamur, lalu masukkan santan kental, adik perlahan agar ikan tidak hancur. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan bersama nasi hangat

Bikin menu andalan rumah makan Padang untuk disajikan di meja makan rumah sendiri yuk!

Beri Komentar