Resep Es Cendol Susu, Kenyal, Menyegarkan Bisa Buat Menu Takjil Buka Puasa Nih!

Reporter : Arifina
Jumat, 22 Maret 2024 14:07
Resep Es Cendol Susu, Kenyal, Menyegarkan Bisa Buat Menu Takjil Buka Puasa Nih!
Kenyalnya cendol bercampur susu dan es batu, nikmat tiada tara.

Ingin buat minuman dingin yang praktis? Resep es cendol susu berikut bisa kamu jadikan pilihan yang menarik nih!

Es cendol susu adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang terkenal dengan cita rasa kenyal dan kesegarannya. Perpaduan cendol yang terbuat dari tepung beras dengan santan dan gula merah cair menghasilkan rasa yang manis dan gurih.

Ditambah dengan susu, minuman dingin satu ini menjadi semakin lezat dan kaya rasa dan creamy. Menu es cendol susu sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca panas ataupun sebagai hidangan takjil buka puasa nih!

 

1 dari 6 halaman

Resep Es Cendol Susu © Diadona

Es cendol disebut juga dengan nama lain es dawet. Selain dibuat menggunakan susu, salah satu minuman khas Nusantara ini biasanya dibuat dengan campuran santan.

Umumnya, sajian es cendol susu ini hanya berisikan es batu, cendol, gula cair dan susu. Namun, seirisng perkembangan zaman, menu minuman segar satu ini hadir dengan beragam variasi topping yang menggugah selera. 

Nah, kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah untuk sajian keluarga. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari dan gampang untuk dibuat. Simak resepnya berikut!

2 dari 6 halaman

Resep Es Cendol Susu

Segar, kenyal dan legit banget dengan bahan-bahan yang juga simpel. Kamu bisa membuatnya untuk menu takjil buka puasa nih!

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan cendol siap pakai yang sudah banyak dijual di pasaran. Selain itu, kreasikan dengan berbagai topping untuk variasi rasa yang semakin lezat.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 ikat daun pandan
  • 150 gram gula merah
  • Air
  • Susu Greenfields
  • Potongan buah nangka (topping, atau sesuai selera)
  • Es Batu

 

3 dari 6 halaman

Cara Mambuat Es Cendol Susu

Resep Es Cendol Susu © Diadona

Buat cendol: siapkan panci lalu campurkan tepung beras, tepung sagu, dan garam.

Tuangkan air ke dalam panci sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental dan licin, tambahkan daun pandan. Aduk-aduk rata dan masak di api sedang  hingga mendidih. Angkat, sisihkan.

Siapkan wadah berisi air matang, kemudian siapkan saringan lalu masukkan adonan sambil ditekan-tekan hingga membentuk cendol yang turun ke wadah air matang. Sisihkan.

 

4 dari 6 halaman

Buat gula merah cair: siapkan panci, lalu masukka gula merah, gula pasir,  air, dan daun pandan ke dalamnya. Masak dengan apik kecil sambil diaduk-aduk sampai semua bahan larut.

Kemudian, saring larutan gula merah cair ke dalam wadah lain. Siap digunakan untuk rasa manis pada es cendol.

Jika kamu menggunakan topping nangka, maka siapkan dengan memotong-motong sesuai selera, lalu sisihkan.

 

5 dari 6 halaman

Tips Membuat Cendol Kenyal © Diadona

Penyajian: siapkam gelas saji, masukkan es batu dan beri larutan gula merah cair ke dalamnya. Tambahkan cendol dan nangka, lalu tuang susu Greenfields.

Es cendol susu siap disajikan untuk minuman pelepas dahaga di siang hari ataupun buat takjil buka puasa yang lezat.

Selain nangka, kamu masih bisa mengkreasikan es cendol dengan variasi topping lainnya lho. Mulai dari es cendol alpukat, es cendol kacang merah, es cendol mutiara dan masih banyak lainnya sesuaikan saja dengan selera kamu ya.

Itulah resep es cendol susu yang mudah dan praktis dibuat. Kamu bisa menyuguhkan sebagai menu andalan selama bulan puasa ini buat keluarga lho! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar