Resep Es Cappucino Cincau Aquarium, Segarnya Menjadi Pelepas Dahaga saat Berbuka Puasa

Reporter : Arifina
Senin, 25 Maret 2024 13:17
Resep Es Cappucino Cincau Aquarium, Segarnya Menjadi Pelepas Dahaga saat Berbuka Puasa
Ternyata buat es ini praktis banget lho!

Resep es cappucino cincau aquarium bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghidangkan minuman segar saat berbuka puasa. Perpaduan rasa kopi yang pahit manis, susu yang creamy, dan cincau yang kenyal menghasilkan sensasi rasa yang unik dan lezat.

Dinamakan es cappucino cincau aquarium karena dibuat dalam jumlah besar dan ditempatkan di wadah super besar. Dalam satu wadah tersebut berisikan, cincau hitam serut, kuah cappucino, dan es batu.

 

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Cappucino Cincau © Diadona

Tampilan inilah yang menjadikannya seakan mirip es yang diletakkan dalam aquarium. Biasanya, minuman dingin satu ini dijual di pinggir jalan dan tampak menggugah selera.

Selain es cappucino cincau, model penjualan es aquarium ini beraneka ragam. Paling banyak adalah es buah dengan aneka warna yang begitu menggoda dan menyegarkan. Mulai es semangka, es melon, es mangga, dan masih banyak lainnya.

 

2 dari 7 halaman

Nah, membuat es cincau satu ini tidaklah sulit lho. Tak jauh berbeda dengan membuat es cappucino pada umumnya, hanya saja yang membedakan pada takarannya yang lebih banyak.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah dijumpai di pasaran. Kamu bisa banget membuatnya sendiri untuk menu berbuka puasa keluarga besar ataupun ide jualan baru nih! Simak resepnya berikut!

 

3 dari 7 halaman

Resep Es Cappucino Cincau Aquarium

Resep Es Cappucino Cincau Aquarium © Diadona

Es cappucino cincau aquarium dikenal dengan sajian yang ditempatkan dalam wadah besar. Karenanya, bahan-bahan yang dibutuhkan juga dalam jumlah yang banyak ya!

Bahan-Bahan:

  • 2/3 kg cincau hitam
  • 1/2 kg bubuk cappucino
  • 1,5 kg gula pasir
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 1/4 kg creamer
  • Es batu
  • Air panas

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat es Cappucino Cincau Aquarium

Langkah awal, siapkan cincau hitam lalu potong-potong sesuai selera. Sebaiknya diserut agar mirip seperti es cappucion aquarium yang dijual dipinggir jalan.

Siapkan wadah besar agar mirip aquarium, lalu campurkan bubuk cappucino, gula pasir, susu kental manis, dan kreamer. Lalu, tuang air panas secukupnya untuk melarutkan cairannya.

 

5 dari 7 halaman

Resep Es Cappucino Cincau Aquarium © Diadona

Aduk-aduk campuran bubuk cappucino dan yang lainnya hingga benar-benar merata dan tidak ada gumpalan.

Selanjutnya, masukkan cincau yang sudah diserut atau dipotong-potong ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Masukkan es batu sesuai selera atau secukupnya. Lalu aduk merata, dan es cappucino cincau aquarium siap disajikan.

 

6 dari 7 halaman

Penyajian: siapkan gelas saji lalu tuangkan dalam gelas. Simple, dan langsung siap dinikmati saat buka puasa nanti deh! Untuk menambah cita rasa, kamu bisa mengkreasikannya dengan aneka buah-buahan segar lainnya lho! Seperti, potongan buah nangka, alpukat, hingga melon sesuai selera.

Mudah dan praktis banget bukan cara buatnya? Itulah resep es cappucino cincau aquarium yang bisa kamu jadikan referensi untuk menu buka puasa di rumah bareng keluarga besar nih! Selamat mencoba.

Beri Komentar