5 Resep Cara Membuat Cincau Hitam dan Hijau agar Kenyal juga Es Cappucino Cincau

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 7 April 2020 23:54
5 Resep Cara Membuat Cincau Hitam dan Hijau agar Kenyal juga Es Cappucino Cincau
Panas-panas gini enaknya diademin dengan minuman dingin dan segar. Coba deh buat es cincau, dijamin rasa dahagamu akan hilang seketika!

Cincau adalah minuman dingin dengan bahan isian semacam agar-agar yang dibuat dari daun cincau. Bahan ini diperoleh dari rendaman daun tumbuhan yang mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul air. Sebutan cincau sendiri merupakan dialek Hokkian sienchau yang dilafalkan oleh kalangan Tionghoa di Asia Tenggara dan merupakan nama tumbuhan.

Nah, di Indonesia sendiri cincau banyak diolah menjadi es manis dan segar. Karena cuaca Indonesia cenderung panas, maka es cincau sangat banyak diminati. Tak jarang pula banyak pedagang yang menjual es cincau di berbagai daerah di Indonesia khususnya di kota-kota besar. Nggak harus beli, kamu tentunya bisa membuat sendiri sajian segar es cincau ini di rumah. Cara membuatnya sangatlah simple, langsung saja simak resep cara membuat cincau yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Cincau Hitam

Ilustrasi Cincau Hitam © Diadona

Olahan cincau pertama yang bisa kamu buat sendiri dirumah adalah jenis cincau hitam. Yap, jika kamu penggemar minuman hits kekinian, maka kamu sudah nggak asing lagi dengan bahan cincau hitam ini. Nah, berikut telah diulas resep cara membuat cincau hitam selengkapnnya. Selamat berkreasi!

Bahan:
- 35 gram serbuk cincau hitam janggelan
- 15 gram nutrijell tanpa rasa
- 750 ml air
- 2 sdm gula merah
- Sedikit garam

Cara membuat cincau hitam:

a. Cairkan serbuk cincau hitam dengan 250 ml air dingin atau air dengan suhu ruangan. Campur bubuk nutrijell, gula merah dan 500 ml air ke dalam panci, lalu didihkan.

b. Campurkan adonan cincau ke dalam adonan nutrijell, masak sambil diaduk selama 10 menit. Awalnya adonan akan menggumpal, aduk terus sampai adonan mencair dan lebih ringan.

c. Tambah garam, aduk rata. Tuang dalam cetakan. Masukkan di kulkas selama 1 jam. Sajikan dengan air sirup dan santan atau dinikmati seperti jelly biasa.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Cincau Hijau agar Kenyal

Ilustrasi Cincau Hijau © Diadona

Selain cincau hitam, kamu juga wajib mencoba berkreasi dengan resep cara membuat cincau hijau. Dijamin kamu akan suka dengan tektur kenyal dan manis segarnya cincau hijau yang disajikan dengan sirup gula serta santan kental. Yuk simak langsung resep cara membuat cincau hijau kenyal berikut ini.

Bahan:
- 40 lembar daun cincau
- 600 ml air matang

Cara membuat cincau hijau agar keyal:

a. Cuci bersih dan angin-anginkan sebentar daun cincau, lalu buang tangkai daunnya agar nanti rasa cincaunya tidak langu.

b. Sobek kecil daunnya untuk memudahkan proses memeras. Campur air dan daun dalam baskom lalu remas sampai muncul air berubah kental dan berwarna hijau. Remas perlahan agar tidak muncul buih.

c. Saring dalam wadah lalu simpan di lemari es hingga cincau mulai mengeras. Cincau siap disajikan dengan sirup dan santan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Cincau dari Daun Cincau

Ilustrasi Cincau dari Daun Cincau © Diadona

Hanya dengan menggunakan bahan dasar daun cincau, kamu sudah bisa menikmati kesegaran cincau hijau yang kenyal. Kamu akan merasakan sensasi segar dan kenyal dari olahan cincu ini. Apalagi kamu menikmatinya dalam keadaan dingin, hem... tambah nempol deh segernya. Yuk berkreasi di dapur dengan resep cara membuat cincau hijau dari daun cincau berikut ini.

Bahan:
- 20 lembar daun cincau.
- 2 liter air hangat, cenderung Panas.

Cara membuat cincau hijau dari daun cincau:

a. Masukan daun cincau dalam wadah, potong kecil-kecil daun, lalu lepaskan dan buang tulangnya. Tuangkan air hangat, eras dengan tangan, hingga air berubah menjadi hijau pekat namun tetap cair.

b. Siapkan saringan dan wadah baru, saring ke wadah baru. Pastikan tidak ada daun yang menyangkut. Diamkan lebih dulu kurang lebih selama 2 jam, setelah itu masukan dikulkas sekitar 3 jam. Selesai, siap disajikan bersama sirup dan santan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Es Cappucino Cincau

Ilustrasi Es Capucino Cincau © Diadona

Ngaku anak hits kekinian? Udah nggak asing lagi dong dengan minuman menyegarkan ini? Yap, es cappucino cincau yang manis dan segar ini memang menjadi salah satu minuman wajib kalangan muda. Terbayangkan, bagaimana sensasi segar es cappucino cincau ini ketika dalam seruputan? Apalagi kamu menikmatinya di siang hari bolong. Hem, makin mantuls tuh! Nah, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah. Nggak harus beli terus, yuk berkreasi dengan resep cara membuat es cappucino cincau berikut ini.

Bahan:
Bahan cincau:
- 1 bungkus nutrijell cincau kecil
- 2 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 400 ml air

Bahan es:
- 1 bungkus kopi good day freeze
- 1 sdm gula pasir
- 1 bungkus susu kental manis putih
- 300 ml air matang
- Secukupnya meses untuk topping

Cara membuat es capucino cincau:

a. Campur semua bahan cincau lalu masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu matikan api. Angkat, tuang ke dalam wadah, biarkan hingga uapnya hilang lalu dinginkan di kulkas hingga set. Keluarkan dari kulkas lalu potong sesuai selera.

b. Campur kopi, gula, dan susu kental manis, beri air sedikit lalu aduk hingga gula larut. Masukkan sisa air aduk rata.

c. Siapkan gelas, masukkan potongan cincau lalu tuang es cappucinonya. Beri topping sesuai selera dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Es Cincau

Ilustrasi Es Cincau © Diadona

Es cincau yang kian menjamur di setiap daerah ini memang menjadi favorit minuman semua kalangan. Tapi, kamu nggak harus membeli terus, coba deh buat sendiri es cincau sederhana di rumah. Yuk, sekali-kali kamu jangan mager terus. Buat saja langsung dengan mempratikkan resep cara membuat es cincau berikut ini.

Bahan:
- 1 blok cincau hitam siap pakai serut kasar menggukan serutan keju
- 1000 ml susu cair full cream putih
- 200 gram gula merah
- 2 sdm gula pasir
- 1 lembar daun pandan simpulkan
- 350 ml air

Cara membuat es cincau:

a. Campur gula merah, air, daun pandan, dan gula pasir. Didihkan hingga gula larut, dinginkan, lalu saring.

b. Campur susu cair dengan gula merah yang sudah dicairkan tadi, aduk rata, masukan cincau lalu aduk rata lagi, es cincau siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat cincau hitam dan hijau agar kenyal juga es cappucino cincau sederhana di rumah. Cocok banget kamu nikmati sebagai menu minuman penghilang dahaga. Yuk, segera persiapkan bahan-bahan cara membuat cincau ini, ya!

Baca juga yuk: 9 Cara Membuat Kopi Susu, Espresso, Hitam, Tubruk, Latte, Dan Cappucino Yang Enak

Beri Komentar