Resep Brownies Panggang Ny Liem, Sederhana dan Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 8 Desember 2023 08:00
Resep Brownies Panggang Ny Liem, Sederhana dan Anti Gagal
Untuk menghasilkan brownies panggang yang nyoklat banget, kamu bisa menggunakan resep brownies panggang Ny. Liem di bawah ini sambil jangan lupa perhatikan step pembuatannya ya!

Siapa sih yang bisa menolak lembut dan legitnya brownies panggang yang nyoklat banget? Teksturnya basah dengan rasa coklat yang nendang. Resep brownies panggang mudah ditemukan, cara bikinnya juga super duper gampang!

Tapi mungkin banyak di antara kalian yang gagal membuat kudapan satu ini? Selain resep brownies panggang yang tepat, setiap step pembuatan juga harus kamu lakukan dengan cermat.

Sebagai langkah awal, ikutin deh resep brownies panggang dari Ny. Liem yang pasti jadi berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Pastikan seluruh bahan-bahan dalam resep brownies panggang berikut ini merupakan bahan terbaik ya!

Bahan A :

  • 120 gr telur ± 2 btr
  • 150 gr gula pasir
  • 4 gr pasta mocca

Bahan B : 

  • 200 gr dark chocolate compound merk Elmer, parut
  • 120 gr butter / margarine

Bahan C : 

  • 160 gr terigu protein sedang
  • 0,5 gr Ny.Liem baking powder 

2 dari 3 halaman

Cara membuat brownies panggang Ny. Liem : 

Resep Borwnies Panggang Ny. Liem © Diadona

Campur bahan A, aduk dengan whisk selama enam menit saja sampai gula larut. FYI nih dalam membuat brownies panggang, disarankan agar adonan bahan A nggak boleh mengembang, jadi boleh banget pakai wisk atau mixer padel. Setelah hampir semua larut, diamkan sebentar.

Panaskan mentega hingga meleleh, masukkan DCC, aduk sebentar, matikan api dan aduk lagi hingga seluruh coklat meleleh.

Resep Brownies Panggang Ny. Liem © Diadona

Dalam keadaan masih panas, masukkan mentega dan coklat cair ke dalam bahan A. Memasukkan bahan B ketika masih panas disebut merupakan kunci untuk menghasilkan brownies panggang dengan permukaan shinny. Lanjutkan mengaduk campuran bahan.

Masukkan terigu dan baking powder, aduk sampai rata. Siapkan dua buah loyang berukuran panjang 25 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Jangan lupa oles beri kertas roti dan pemoles loyang agar tidak lengket.

Resep Brownies Panggang Ny. Liem © Diadona

Masukkan adonan ke loyang, ratakan. Taburi topping sesuai selera. Panggang di oven bersuhu api atas 160 derajat celcius dan api bawah 180 derajat celsius selama kurang lebih selama 35 menit. Keluarkan dari loyang  bila brownies sudah dingin dengan cara kerik dari bagian pinggir.

3 dari 3 halaman

Resep Brownies Panggang Ny. Liem © Diadona

Nggak hanya rasa nih, tampilan brownies panggang yang cantik dan menarik juga penting banget. Biasanya brownies panggang coklat identik dengan tampilan shiny crust yakni permukaan yang berkerak dan mengilap dan biasa ditemukan pada jenis fudgy brownies yang padat.

Banyak orang yang nggak bisa menghasilkan tampilan ini. Diadona spill deh gimana caranya dikutip dari berbagai sumber berikut :

Gunakan Jenis dan Takaran Gula yang Tepat

Meski bukan satu-satunya, gula menjadi faktor pentig untuk menghasilkan brownis panggang yang shiny crust. Gula dikocok hingga larut, namun nggak boleh membuat adonan telru jadi mengembang.

Diamkan Adonan Sebelum Dipanggang

Salah satu tips ampuh untuk menampilkan permukaan yang shinny adalah dengan mendiamkan adonan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam oven. Saat didiamkan, nantinya kamu akan melihat bagian permukaan adonan mebentuk kerak tipis mengkilap cikal bakal shiny crust.

Gunakan Api Atas dan Api Bawah Berbeda

Saat memanggang brownies panggang, usahakan buat memanggangnya di oven juga dengan api atas ya! Set suhunya lebih rendah dari pada api bawah. Nah api atas ini berguna mematangkan adonan bagian atas, membuatnya mengkilap.

Agar lebih memahami gimana cara bikin brownies panggang Ny Liem, pantengin deh video berikut ini :

Beri Komentar