Punya Tampilan Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Mencolok antara Cocktail dan Mocktail

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 16 November 2020 14:20
Punya Tampilan Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Mencolok antara Cocktail dan Mocktail
Kalau kamu lebih suka yang mana, nih?

Bagi kamu pecinta minuman, pasti udah nggak asing lagi dengan yang namanya Cocktail atau Mocktail. Kedua jenis minuman ini sering kita jumpai di berbagai bar, restoran ataupun hotel.

Mungkin bagi kita yang awam sangat sulit untuk membedakan mana yang mocktail dan mana yang cocktail. Nah, biar kamu nggak kebingungan membedakan keduanya, yuk kita simak penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Cocktail © Diadona

Secara umum, Cocktail adalah campuran sari buah, buah-buahan segar, madu dan bahan lainnya dengan bebagai jenis minuman yang mengandung alkohol. Serupa dengan Cocktail, Mocktail adalah kombinasi dari sari atau jus buah yang dipadukan dengan berbagai macam minuman bersoda. Jadi, bagi kamu yang memang menghindari minuman beralkohol, lebih baik memilih mocktail sebagai pesananmu.

Meskipun dari bahan tergolong sama, namun, cara mengolah keduanya cukup berbeda, lho. Lebih tepatnya, Cocktail lebih rumit ketimbang Moctail. Untuk membuat moctail, kamu hanya perlu menggunakan shaker, blender, atau hanya diaduk saja dan bisa menghasilkan mocktail.

Sementara Cocktail, tidak bisa hanya mencampur sari buah dengan minuman alkohol sembarangan. Para bartender harus memahami mixologi terlebih dahulu. Mixology adalah sebuah keahlian dalam mencampur beberapa jenis minuman beralkohol ataupun minuman yang tidak beralkohol.

Jadi, hanya bartender dan mixologist profesional saja yang bisa membuat cocktail karena mereka sudah tahu takaran minuman beralkohol yang tepat dipakai untuk membuat segelas cocktail.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Cocktail © Diadona

Nah, karena bahannya berbeda, tentu saja rasa dari keduanya juga cukup berbeda. Mocktail yang bahan campurannya adalah soda, memiliki citarasa yang manis dan menyegarkan. Berbeda dengan moctail, Cocktail punya rasa yang lebih kompleks. Kamu akan menemukan rasa asam, pahit, manis bercampur menjadi satu. Hal ini karena minuman ini berasal dari alkohol yang sudah tercampur.

Di Indonesia, Mocktail lebih populer. Kamu bisa menjumpainya di berbagai cafe dan restoran. Sementara untuk cocktail, peredarannya cukup terbatas dan diawasi. Hal ini karena alkohol yang masih sangat ketat di Indonesia. Namun bukan berati tak ada. Di Indonesia, kamu masih bisa menemui minuman cocktail. Kamu bisa menemuinya hanya di bar, cafe, dan hotel tertentu yang sudah mendapat izin untuk menjual minuman alkohol.

Untuk harga mocktail jauh lebih terjangkau. Dengan membawa Rp 10-15 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati segelas mocktail yang segar. Sementara Cocktail 10 kali jauh lebih mahal ketimbang mocktail. Untuk satu gelas cocktail saja, kamu perlu membayar 10-15 gelas mocktail. Bahkan bisa lebih mahal lagi tergantung dari campuran minuman beralkohol yang kamu pilih.

Beri Komentar