Ingin Belajar Memasak? Yuk Kenali 10 Teknik Memotong Sayuran Ini!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 14 September 2020 16:20
Ingin Belajar Memasak? Yuk Kenali 10 Teknik Memotong Sayuran Ini!
Apa aja sih?

Memasak makanan memang punya beberapa komponen penting yang perlu diketahui. Mulai dari teknik memasak sampai teknik menyajikan makanan. Salah satu teknik memasak yang nggak kalah pentingnya adalah teknik memotong sayuran.

Meskipun terlihat simpel, namun memotong sayuran juga ada teknik-teknik tertentu, lho. Bahkan gak semua sayuran bisa menggunakan teknik tersebut.

Berikut ini, diadona.id akan membahas teknik-teknik memotong sayuran yang harus kamu ketahui saat memasak. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 10 halaman

1. Slice

Slice © Diadona

Slice adalah teknik memotong sayur yang paling sering kita lakukan. Teknik ini menggunakan teknik memotong secara horizontal atau miring dengan merata. Potongannya pun juga beragam dari irisan tebal atau tipis.

Teknik memotong slice umumnya dilakukan pada timun, tomat, wortel, lemon, bawang dan lain sebagainya. Caranya adalah tinggal memotong sayuran atau buah dengan ukuran irisan sesuai yang kamu inginkan.

2 dari 10 halaman

2. Chopped

Chopped © Diadona

Chopped adalah teknik potongan cincang yang nggak beraturan. Potongan ini tidak tentu, ada yang berukuran halus maupun kasar.

Biasanya, teknik ini digunakan untuk bawang putih, bawang bombai, kacang dan lain sebagainya.

3 dari 10 halaman

3. Minced

Minced © Diadona

Minced juga mirip dengan Chopped, tapi ukurannya lebih halus lagi. Biasanya teknik chopped digunakan untuk bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, jahe, dan lain sebagainya.

4 dari 10 halaman

4. Jardiniere

Jardiniere © Diadona

Teknik memotong Jardiniere merupuakan bentuk potongan sayur seperti balok. Biasanya teknik ini digunakan pada sayur wortel, lobak, dan kentang. Caranya cukup mudah, kamu cukup memotong sayur dengan ukuran berkisar 3 cm untuk wortel atau lobak. Kemudian iris sebagian sisi untuk dijadikan alas agar tidak tergelincir ketika memotong bagian lainnya.

Kemudian potong semua sisi sampai membentuk balok besar. Potongan ini biasanya ada pada sayuran pendamping steak ataupun kentang goreng.

5 dari 10 halaman

5. Julienne

Juliene © Diadona

Julienne merupakan potongan sayuran yang dikenal dengan bentuk potongan korek api. Hampir sama sepert Jardiniere, hanya saja, ukuran yang dihasilkan lebih tipis memanjang.

Biasanya, potongan ini dijumpai pada salad dan bakwan. Sayuran yang sering digunakan adalah wortel, lobak, timun, dan lain sebagainya.

6 dari 10 halaman

6. Dice

Dice © Diadona

Sesuai namanya, dice atau dadu, yakni memotong makanan hingga membentuk potongan dadu. Potongan dadu ini sendiri juga ada berbagai macam ukuran seperti large dice, medium dice, dan small dice.

Untuk membuatnya, kamu terlebih dahulu memulai dengan potongan jardiniere, kemudian memotongnya berbentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Bentuk ini biasanya digunakan untuk sup maupun sambal goreng kentang.

7 dari 10 halaman

7. Brunoise

Bruinoise © Diadona

Bruonise hampir mirip dengan potongan dadu. Hanya saja ukurannya lebih kecil yakni hanya sekitar 1mm x 1mm saja. Untuk membuat potongan Brunoise, kamu perlu memotong sayuran menjadi juliene kemudian dipotong dadu kecil.

8 dari 10 halaman

8. Wedges

Wedges © Diadona

Wedges juga salah satu bentuk potongan yang sering dijumpai. Teknik ini merupakan teknik memotong sayuran atau buah yang potongannya sesuai dengan bentuk juring sayur atau buah itu sendiri.

Biasanya teknik ini banyak ditemui untuk buah-buahan seperti jeruk, tomat, dan juga kentang yang sering digunakan untuk potato wedges.

9 dari 10 halaman

9. Paysanne

Paysanne © Diadona

Potongan Paysanne ini sebenarnya mirip dengan slice. Hanya saja ukurannya lebih tipis sesuai bentuk sayuran. Atau bisa juga dnegnamengubah bentuk sayuran menjadi kotak, bunga, dan lain sebagainya.

Sayur yang biasanya digunakan adalah wortel atau lobak.

10 dari 10 halaman

10. Chiffonade

Chiffonade © Diadona

Chiffonade merupakan potongan yang biasanya ditemukan pada sayuran macam kol, sawi, seledri, daun herbal dan lain sebagainya. Bentuk potongan dari chiffonade yakni irisan tipis melintang. Makanan yang dipotong menggunakan teknik chiffonade biasanya ditemukan di makanan seperti bakwan atau salad.

Nah, untuk melakukannya, biasanya adalah dengan menggulung sayuran terlebih dahulu, kemudian mengirisnya dengan tipis sampai terbentuk irisan melintang.

Beri Komentar