Perbedaan Tepung Maizena dan Tapioka yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah ya Moms!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 23 Juni 2020 12:20
Perbedaan Tepung Maizena dan Tapioka yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah ya Moms!
Salah pakai tepung bisa bikin salah kaprah.

Tepung memang sudah menjadi bahan dasar yang selalu ada di dapur. Tepung sendiri memiliki berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari tepung terigu, tepung tapioka, tepung maizena, dan lain-lainnya.

Nah, kalau kemarin kita uda ngebahas jenis-jenis tepung terigu dan fungsinya. Kali ini kita akan membahas tepung maizena dan tepung tapioka. Meskipun keduanya punya fungsi memadatkan makanan, namun keduanya punya fungsinya masing-masing lho.

Apa saja sih perbedaannya dan fungsinya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ulasannya.

1 dari 2 halaman

Tepung Maizena

Tepung Maizena © Diadona

Bagi yang belum tahu, tepung maizena adalah tepung yang berasal dari bahan dasar jagung. Tepung maizena juga biasa disebut tepung jagung. Kandungan yang ada dalam maizena antara lain vitamin A, V1, B2, B3, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, dan kalium.

Tepung Maizena © Diadona

Nah, untuk fungsinya, tepung maizena sering dipakai sebagai pengental kuah makanan seperti capjay, saos koloke atau fuyunghay, dan makanan dengan kuah kental lainnya. Tepung ini juga bisa digunakan sebagai pelapis makanan yang digoreng untuk membuat tekstur menjadi lebih renyah.

2 dari 2 halaman

Tepung Tapioka

Berbeda dengan tepung maizena yang berasal dari jagung, tepung Tapioka berasal dari singkong. Tapioka sendiri memiliki sifat yang lebih padat dan lengket jika terkena air dibandingkan dengan maizena. Dalam tepung tapioka, terdapat kandungan vitamin dan mineral.

Tepung Tapioka © Diadona

Tepung tapioka sering dibuat untuk membuat makanan seperti kerupuk, pempek, dan bakso. Selain itu, tapioka juga jadi bahan campuran untuk membuat kue lapis, cilok dan batagor.

Beri Komentar