Nasi Ponggol Setan Khas Tegal, Nama dan Rasanya Sama-Sama Bikin Melek!

Reporter : Nasa
Senin, 27 Juli 2020 03:35
Nasi Ponggol Setan Khas Tegal, Nama dan Rasanya Sama-Sama Bikin Melek!
Namanya ada seserem itu, apalagi rasanya.

Tegal punya kuliner khas unik nih. Namanya adalah nasi Ponggol Setan. Namanya serem banget kan? Bahkan gak hanya namanya aja, rasa kuliner nasi ponggol setan ini disebut-sebut juga 'nyeremin'.

Menurut info dari laman Kaskus, nasi ponggol setan khas Tegal ini lazim banget ditemui di hampir setiap sudut kota Tegal, Jawa Tengah. Usut punya usut, ada banyak sekali versi yang menjelaskan alasan pemberian nama nasi ponggol setan.

1 dari 4 halaman

Nasi Ponggol Setan © Diadona

2 dari 4 halaman

Jual Beli Tak Kasat Mata

Katanya nih, alasan kenapa kuliner ini disebut sebagai nasi ponggol setan adalah karena adanya sekat pembatas antara penjual dan pembeli. Jadi dulu, katanya pembeli memang tak bisa melihat penjual secara langsung.

Dan hanya bisa melihat tangan penjual yang menyodorkan kuliner ponggol setan. Gak heran deh kalau kuliner ponggol setan ini jadi salah satu makanan yang legendaris banget di Tegal. Tapi juga ada versi lain nih.

3 dari 4 halaman

Nasi Ponggol Setan © Diadona

4 dari 4 halaman

Pedasnya Nasi Ponggol Setan Bisa Bikin Kesetanan

Katanya, pemberian nama nasi ponggol setan ini juga berkaitan erat dengan rasanya. Nasi ponggol setan ini disebut selalu khas dengan sambal merah yang super pedas. Makanya, para pelanggan kuliner ponggol setan ini dijamin bakal kesetanan.

Sebenernya nasi ponggol setan ini adalah kuliner yang terdiri dari nasi, dengan lauk sambal goreng tempe pedas yang juga ditambah dengan lauk-pauk lain sebagai pelengkap. Nasi ponggol setan biasanya dibungkus pakai daun pisang.

Jadi penasaran pengen ngerasain nih.

Beri Komentar