Mengenal Saksang Babi, Makanan Khas Batak yang Selalu Ada Saat Upacara Adat!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 22 Juli 2020 15:20
Mengenal Saksang Babi, Makanan Khas Batak yang Selalu Ada Saat Upacara Adat!
Saksang juga kerap disajikan dengan daging anjing maupun kerbau.

Jagat internet sempat dihebohkan dengan munculnya Indomie dengan rasa Saksang Babi. Mendengar hal ini, pihak Indofood langsung mengonfirmasi jika foto itu hanyalah hoax karena Indofood hanya menjual produk-produk halal.

Sebenarnya, apa sih Saksang Babi itu? Nah, kali ini, Diadona.id akan membahas tentang Saksang. Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut adalah ulasannya.

1 dari 2 halaman

Saksang

Saksang BabiSaksang Babi © youtube.com/Ruth Indrasjwari

Melansir dari wikipedia, Saksang merupakan masakan khas Batak yang terbuat dari daging babi. Namun, ada juga masyarakat yang membuatnya dari daging anjing, ataupun kerbau.

Daging babi, anjing, atau kerbau, dicincang dan dibumbui dengan rempah-rempah dan santan. Semuanya dimasak dengan menggunakan darah hasil sembelihan hewan tersebut. Ini biasa disebut dengan margota. Namun ada juga yang diolah tanpa darah atau naso margota.

Saksang BabiSaksang Babi © youtube.com/Ruth Indrasjwari

Adapun rempah-rempah yang dipakai adalah jeruk purut, daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman.

Saksang kerap disajikan bersama panggang, arsik dan juga daun ubi tumbuk.

2 dari 2 halaman

Makanan untuk Upacara maupun Pesta Adat

Saksang BabiSaksang Babi © youtube.com/Leo Saragih

Ternyata, Saksang sudah dikenal secara meluas oleh orang-orang Batak. Saksang adalah makanan yang selalu ada sebagai hidangan tradisional Batak Toba.

Saksang adalah hidangan wajib dalam upacara adat Batak. Saksang akan sering kamu jumpai di pesta-pesta pernikahan adat. Namun, tidak hanya di acara-acara adat saja, jika kamu ingin menyantap makanan ini, kamu bisa menemukannya di Lapo, yaitu kedai makanan dan minum tradisional Batak.

Perlu digaris bawahi, Saksang mengandung daging babi ataupun anjing serta darah. Maka dari itu, makanan ini memang tidak halal. Jadi bagi para umat muslim, makanan ini memang tidak direkomendasikan.

Tertarik untuk mencicipinya?

Beri Komentar