Mencicipi Kelezatan Yeot, Permen Khas Korea yang Udah Berusia 1000 Tahun!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 26 Oktober 2020 15:20
Mencicipi Kelezatan Yeot, Permen Khas Korea yang Udah Berusia 1000 Tahun!
Yeot adalah permen legendaris khas Korea yang masih eksis hingga saat ini.

Permen adalah salah satu makanan manis yang disukai anak-anak. Punya rasa manis permen memang disukai semua kalangan. Bahkan, sampai saat ini, sudah ada berbagai macam jenis permen di dunia ini.

Meskipun kini menjadi makanan yang cukup banyak dijumpai, ternyata permen adalah salah satu makanan yang udah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Nah, ada nih, salah satu permen yang ternyata udah berusia sekitar 1000 tahun. Namanya adalah Yeot. Penasaran dengan permen ini? Seperti apa sih bentuknya? yuk kita lihat.

1 dari 3 halaman

Yeot

Yeot merupakan salah satu makanan tradisional khas Korea. Bukan sekedar permen biasa, ternyata pembuatan yeot juga merupakan tradisi keluarga turun temurun.

Melansir dari berbagai sumber, tradisi membuat Yeot secara tradisional ini masih dilakukan keluarga di Chungju, Korea Selatan. Bahkan, dipercaya, Yeot ini sudah berusia sekitar 1000 tahun dan masih eksis hingga saat ini.

Permen Yeot berwarna putih dan punya tekstur kering dan keras. Ternyata, permen ini terbuat dari nasi putih dan ditambahkan bahan lain seperti bubuk jahe, bellflower, dan juga labu.

Lalu dicampurkan dengan cairan malt yang dibuat dengan merendam biji barley atau jelai.

2 dari 3 halaman

Cara membuat Yeot

Yeot © Diadona

Yeot dibuat dengan cara yang cukup tradisional. Beras putih yang sudah dicuci kemudian ditiriskan, lalu dicampurkan dengan cairan rendaman biji barley dan air. Kemudian adonan difermentasi untuk menghasilkan zat manis.

Campuran yang manis ini dimasukkan ke dalam panci dan dipanaskan sebentar. Tunggu agak lama, maka adonan akan mengental seperti karamel. Adonan yang kental diletakan pada sebuah batang kayu untuk kemudian ditarik. Proses menarik adonan ini akan membuat warna yeot yang tadinya cokelat pekat menjadi lebih transparan.

3 dari 3 halaman

Makanan orang bangsawan

Permen berwarna putih ini ternyata sudah dikenal sejak zaman Dinasti Goryeo. Yeot tradisional ini dulu hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan saja.

Namun, ketika kamu berada di Korea, kamu akan banyak menemui kuliner manis ini. Pasalnya, yeot sekarang sudah bisa dinikmati siapa saja.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba makanan satu ini?

Beri Komentar