Masih Ingat Kue Koya? Jajanan Lawas yang Sudah Langka Tergerus Zaman

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 20 Februari 2020 14:20
Masih Ingat Kue Koya? Jajanan Lawas yang Sudah Langka Tergerus Zaman
Kue koya yang punya tekstur kering dan lembut dengan rasa manis ini sudah jarang kita jumpai saat ini.

Masih ingat dengan kue Koya? Mungkin kamu belum kenal dengan kue yang satu ini. Tapi duli ini ngehits banget lho di tahun 90 an. Namanya kue Koya.

Kue koya ini punya rasa yang manis dan terkenal ringkih, jadi harus hati-hati ngambilnya biar nggak ancur. Kue ini terbuat dari tepung ketan. Biasanya kue ini hadir ketika hari raya lebaran ataupun hajatan. Bentuknya pun beragam. Mulai dari kotak, bulat, sampai jajar genjang. Kue Koya ini pun punya variasi rasa. Ada yang berisi kacang hijau ataupun coklat.

1 dari 2 halaman

Kue Koya © Diadona

Sebelum ada oven, kue ini dikeringkan menggunakan sinar matahari. Hati-hati ya kalau makan. Jangan makan sambil ngobrol, nanti serbuknya keluar semua.

Produk ini berasal dari Malang dan terkenal dengan nama Kuwe Koya Cap Tawon. Dibungkus kertas putih dengan logo khasnya dan berisi 6 keping. Hampir mirip minyak tawon ya.

2 dari 2 halaman

Kue Koya © Diadona

Saat ini sudah jarang ditemui karena sudah tergolong langka. Memang dijual di pasar namun tidak mudah untuk menemukannya. Untuk mendapatkannya kamu perlu ke toko oleh-oleh Malang ataupun ke toko online.

Bagaimana? Tertarik untuk makan kue ini? Keburu punah lho.

Beri Komentar