Manfaat Bawang Bombay untuk Diet Ternyata Ampuh Singkirkan Lemak Berlebih

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 3 Februari 2020 13:00
Manfaat Bawang Bombay untuk Diet Ternyata Ampuh Singkirkan Lemak Berlebih
Jangan dianggap remeh, bawang bombay ternyata ampuh untuk diet!

Memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing bagi kebanyakan orang mungkin hanya jadi angan-angan atau resolusi yang nggak kesampaian. Sudah rela memeras keringat saat jalani olahraga berat hingga menjajal tren-tren diet dengan aturan yang rumit, hasilnya belum juga memuaskanmu.

Buat yang mulai menyerah usai menjajal aneka diet yang tak membuahkan hasil, coba lihat potensi yang tersembunyi di sekelilingmu. Rupanya belum banyak yang menyadari manfaat bawang bombay untuk diet, khususnya untuk menurunkan berat badan. Kok bisa? Intip rahasianya berikut ini!

1 dari 11 halaman

Kalori yang Rendah

©Shutterstock © Diadona

Manfaat bawang bombay untuk diet yang menonjol adalah kadar kalori bawang bombay yang cukup rendah. Hanya mengandung 64 kalori dalam secangkir bawang bombay, menambahkan bawang berukuran besar ini di atas burger vegetarian atau seporsi mie shirataki hanya memberikan tambahan 6 kalori saja. Selain membuat rasa makanan jadi lebih lezat, juga membuatmu merasa lebih kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

2 dari 11 halaman

Meningkatkan Citarasa

Rasa bawang bombay yang intens dapat membantu membumbui makanan, tanpa harus menambahkan bahan lainnya yang tinggi kalori. Untuk menikmati sayuran tanpa tambahan potongan daging misalnya, bumbui saja dengan kombinasi bawang bombay dan bawang putih yang ditumis.

Gantikan juga crouton atau roti panggang dengan irisan bawang bombay untuk memberi sensasi renyah pada semangkuk salad, atau buat pizza rendah lemak dengan lebih banyak topping bawang bombay ketimbang daging. Setiap kalori yang dihemat dapat membantumu mengurangi kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

3 dari 11 halaman

Membantu Membakar Kalori

©Shutterstock © Diadona

Bawang bombay merupakan sumber qurcetin, antioksidan yang membantu meningkatkan pembakaran kalori menjadi energi sekaligus mengurangi peradangan. Antioksidan yang sama juga ditemukan dalam apel, teh dan buah jeruk sehingga memberimu lebih banyak pilihan untuk menikmati makanan yang dapat membakar lebih banyak kalori.

4 dari 11 halaman

Kaya serat

Menambahkan bawnag bombay ke menu makanan sehari-hari dapat membantumu mendapatkan lebih banyak serat yang tak bisa dicerna. Kebiasaan konsumsi bahan makanan berserat tinggi ini akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menjauhkanmu dari keinginan untuk mengudap atau menyantap makanan dengan porsi yang cukup besar.

Selain membantu mengontrol berat badan, manfaat bawang bombay untuk diet yang satu ini juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes hingga menurunkan kadar kolesterol. Mengandung 1,9 gram serat, tambahkan bawang bombay dalam hidangan berkuah, salad, hingga saus untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

5 dari 11 halaman

Nutrisi yang Cukup Lengkap

Meskipun sedang menjalani diet, bukan berarti harus mengabaikan kebutuhan nutrisi penting lainnya, lho. Jangan remehkan ukurannya yang relatif kecil, bawang bombay kaya akan berbagai nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin B dan rendah natrium. Melengkapi manfaat bawang bombay untuk diet, senyawa organosulfur di dalamnya juga akan membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darahmu.

Menggorengnya dalam tepung, mengubahnya jadi sup yang creamy atau menambahkan berbagai bahan berkarbohidrat hanya akan menjauhkanmu dari mimpi jadi langsing. Manfaat bawang bombay untuk diet tentunya akan lebih optimal jika tahu cara konsumsi yang tepat seperti berikut ini.

6 dari 11 halaman

Sari Bawang Bombay

©Shutterstock © Diadona

Meminum sari bawang bombay adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Berbeda dengan menggoreng yang dapat merusak manfaat bawang bombay untuk diet, mengambil ekstraknya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Cara mempersiapkannya cukup mudah. Pertama, kupas kulit bawang bombay dan potong menjadi bagian yang lebih kecil. Tambahkan secangkir air ke dalam panci dan didihkan. Matikan api setlah 3-4 menit lalu tuangkan ke blender bersama cacahan bawang bombay. Haluskan dan tambahkan dua cangkir air, minum secara teratur.

7 dari 11 halaman

Sop Bawang Bombay

Membayangkan meminum jus bawang bombay membuatmu mulai mengambil langkah mundur teratur? Tenang, masih ada cara untuk mengambil manfaat bawang bombay untuk diet, salah satunya dengan mengolahnya menjadi sup. Selain mengenyangkan dan sarat nutrisi, menu ini bisa dijadikan pilihan santap siang atau malam sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Pertama, tumis jahe parut dan bawang putih dengan minyak zaitun selama dua menit. Tambahkan bawang bombay yang sudah dikupas dan dicincang sebelumnya. Masukkan juga sayuran seperti tomat cincang dan parutan kol lalu masak selama 30 detik sebelum menambahkan kaldu sayuran atau ayam, lada hitam dan garam. Aduk lalu tutup dan masak selama 10-15 menit.

8 dari 11 halaman

Makan Bawang Bombay Mentah

©Shutterstock © Diadona

Memakan bawang bombay dalam kondisi mentah disebut-sebut juga menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Fitonutrien dalam bawang bombay nggak akan mengalami kerusakan akibat panas dari proses pemasakan. Hasilnya, nutrisi murni yang akan membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Untuk membuat bawang bombay mentah lebih dapat diterima oleh lidah, coba iris bawang bombay dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan perasan jeruk nipis dan taburi sedikit garam. Gunakan sebagai side dish atau campurkan dengan sayuran lainnya sebagai salad sehat yang akan membantumu merasa lebih kenyang sepanjang hari.

Selain 3 cara terbaik untuk mengambil manfaat bawang bombay untuk diet, ada beberapa resep lainnya yang dapat membantumu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan.

9 dari 11 halaman

Pomegranate Onion

Resep yang satu ini memiliki citarasa yang lezat dan dapat dikombinasikan, baik untuk makanan non-vegan atau vegetarian. Caranya, siapkan bawang bombay dengan mengupas dan memotong-motongnya lalu lumuri dengan minyak zaitun. Tusuk dengan tusuk bambu dan tempatkan di atas pemanggang. Dalam wadah lainnya, campurkan sari buah delima, lada hitam, sedikit garam dan tahini. Ambil bawang bombay dari tusukan dan tetesi dengan campuran buah delima yang memiliki sensasi rasa manis, asam dan pedas ini.

10 dari 11 halaman

Kombinasikan dengan Ubi, Sosis dan Paprika

Jika ingin menjalankan program penurunan berat badan, maka kamu harus memperhatikan apa yang dimakan. Konsumsi makanan sehat dan memasaknya dengan cara yang benar dapat memberimu semua kebaikan dari setiap bahan yang digunakan, seperti menu mudah berikut ini.

Pertama, panaskan lebih dulu oven dan sambil menunggu tumis sosis dengan minyak zaitun hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Masih dengan wajan yang sama, tambahkan irisan bawang bombay, ubi jalar atau kentang, dan paprika lalu masukkan sedikit minyak zaitun. Tambahkan kaldu ayam dan bumbui dengan garam, merica dan bubuk rosemary. Masukkan kembali sosis dan tata di atas loyang lalu panggang selama 25-30 menit.

11 dari 11 halaman

Zucchini dan Bawang Bombay dalam Saus Teriyaki

Hidangan yang satu ini bukan hanya terasa lezat tapi juga cocok untuk menurunkan berat badan. Kaya antioksidan dan serat, menu ini akan membantu mencegah penyerapan lemak dan memperlancar sistem pencernaan.

Awali dengan menumis bawang bombay dengan minyak zaitun, lalu tambahkan potongan zucchini, garam, merica, saus teriyaki dan kecap asin. Masak hingga zucchini melunak dan matang lalu koreksi rasa dan taburi biji wijen.

Beberapa resep mudah ini akan membantumu mendapatkan manfaat bawang bombay untuk diet. Siap menjajal khasiatnya untuk menurunkan berat badan? (eth)

Beri Komentar