14 Makanan Khas Lampung yang Enak dan Siap Menggugah Seleramu

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 15 Januari 2020 15:40
14 Makanan Khas Lampung yang Enak dan Siap Menggugah Seleramu
Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan tempat konservasi hewan Gajah, Lampung juga punya sederet makanan khas yang wajib kamu coba.

Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera. Selain mempunyai daya tarik dengan wisata alamnya, daerah yang dijuluki dengan Kota Pisang ini juga memberikan berbagai sajian yang menggugah selera. Makanan khas Lampung banyak didominasi oleh olahan buah pisang dan ikan. Sayang banget kalau kamu nggak mencicipi makanan khasnya. 

1 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Lampung

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah yang berada tak jauh dari ibu kota. Kalau kamu berniat untuk mengunjungi kota ini, kamu hanya perlu berkendara selama 2 jam dan menyebrang dengan kapal feri. Kalau sudah sampai sana, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Lampung yang terkenal nikmat. Nah, berikut makanan ringan khas Lampung yang wajib banget kamu coba.

1.Makanan Khas Lampung Gegaduh

Ilustrasi GegaduhIlustrasi Gegaduh © https://www.gotravelly.com/

Gegaduh adalah salah satu makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang. Orang Lampung biasa menyajikan makanan ini sebagai hidangan saat tamu datang ke rumah.

Proses pembuatannya pun hanya menggunakan bahan yang cukup sederhana, diantaranya ada pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, serta selai susu. elanjutnya tepung terigu dan pisang dicampurkan dan diaduk hingga merata, pada tahap ini kamu juga harus memasukan susu dan selai yang sudah disediakan.

Setelahnya kamu bisa segera mengoreng geguduh hingga matang. Sajikan makanan khas Lampung satu ini saat masih hangat.

2.Makanan Khas Lampung Kemplang

Ilustrasi KemplangIlustrasi Kemplang © Bukalapak.com

Kalau ini adalah makanan khas lampung yang cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh atau camilan. Sebenarnya, kemplang dibuat dengan bahan dasar ikan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kemplang banyak dijadikan sebagai buah tangan favorit bagi wisatawan.

3.Makanan Khas Lampung Engkak

Ilustrasi EngkakIlustrasi Engkak © Bukalapak.com

Selain cukup populer di kalangan masyarakat Lampung, makanan khas Lampung satu ini juga cukup populer di Suamtera Selatan. Bagi kamu yang baru pertama kali melihatnya, mungkin kamu akan menyamakn makanan ini dengan kue lapis legit. Namun jelas beda, Engkak dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Dengan demikian rasa dan tekstur yang dihasilkan pu akan berbeda. Oleh karenanya, Engkak juga banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung.

4.Makanan Khas Lampung Kripik Pisang

Ilustrasi Kripik PisangIlustrasi Kripik Pisang © https://www.gotravelly.com/

Sebagai kota yang dikenal dengan Kota Pisang, wajar Lampung banyak melahirkan makanan yang dibuat dengan bahan dasar pisang. Salah satunya adalah kripik pisang. Beda dengan kripik pisang dengan daerah lain, kripik pisang khas Lampung ini punya tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih legit. Makanan khas Lampung ini cocok banget dijadikan sebagai mekanan camilan atau buah tangan untuk orang-orang terkdekat.

5.Makanan Khas Lampung Pie Pisang

Ilustrasi Pie PisangIlustrasi Pie Pisang © Bukalapak.com

Makanan Olahan pisang lain yang menjadi makanan khas Lampung adalah Pie Pisang. Sajian ini biasanya selalu menjadi oleh-oleh yang diburu para wisatawan yang berkunjug ke Lampung. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang tersedia sesuai selera kamu. Rasanya sangat legit dan gurih. Dijamin deh bikin kamu ketagihan.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Lampung

Lampung merupakan daerah di Pulau Sumatera yang menghasilkan makanan khas paling lezat. Oleh sebab itu, sayang banget kalau kamu melewatkan begitu saja kelezatan makanan khas Lampung. Namun, apa saja makanan khas daerah Lampung yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja?

1.Makanan Khas Lampung Tempoyak

Ilustrasi TempoyakIlustrasi Tempoyak © https://www.gotravelly.com/

Kalau makanan khas Lampung satu ini cocok bagi kamu yang suka banget dengan makanan berbau durian. Tempoyak adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar buah druian yang suadh difermentasikan.

Proses pembuatannya terbilang cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan dagig durian tanpa biji, kemudian kamu tambahkan bahan-bahan seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Setelah semia bahan tercampur, simpanlah ke tempat yang tertutup dan tunggu hingga 2-5 hari. Setelah jadi, makanan khas Lampung ini bisa kamu nikmati dengan menamabahkan olahan ikan agar cita rasanya lebih mantap.

2.Makanan Khas Lampung Gulai Taboh

Ilustrasi Gulai TabohIlustrasi Gulai Taboh © https://www.gotravelly.com/

Jika di daerah Riau ada Gulai Belacan, maka Lampung punya Gulai Taboh sebagai makanan khas nya. Makanan khas Lampung ini dibuat dengan menggunakan bahan ubi-ubian dan kacang-kacangan. Umumnya Gulai Taboh dibuat dengan mencampurkan santan dengan kacang hijau, atau bahan lain seperti rebung dan kentang. Setelah semuanya tercampur, kamu bisa menamabahkan terasi agar rasa yang dihasilkan terasalebih lezat.

3.Makanan Khas Lampung Umbu

Ilustrasi UmbuIlustrasi Umbu © https://www.gotravelly.com/

Kalau kamu menyukai makanan dengan cita rasa sedikit pahit, kamu patut mencoba makanan khas Lampung satu ini. Uniknya umbu dibuat dengan menggunakan bahan dasar rotan yang masih muda. Rotan kemudian direbus hingga menjadi lunak. Nah, biasanya orang Lampung banyak menyantap umbu ini sebagai lalapan. Apalagi kalau sudah disandingkan dengan Tempoyak, rasa nikmat yang dihasilkan tak ada lawan.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Lampung Barat

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Lampung barat juga menyediakan wisata kuliner dengan rasa yang unik dan khas. Rasa yang dihasilkan dari makanan khas Lampung Barat bakal sukses bikin kamu tergoda untuk mencicipinya. Berikut makanan khas Lampung Barat yang wajib kamu coba.

1.Makanan Khas Lampung Gabing

Ilustrasi GabingIlustrasi Gabing © https://www.gotravelly.com/

Berbeda dengan makanan khas Lampung lain, Gabing dibuat dengan menggunakan bahan dasar batang kelapa yang masih muda. Cara membuatnya adalah dengan mengiris batang kelapa menjadi beberapa bagian, kemudian direbus dengan bumbu-bumbu rempah khas Lampung.

Nah, agar lebih mantap kamu bisa juga menambahkan bahan lain seperti jamur, daging. Cobain deh, rasanya nggak akan bikin kmau kecewa.

2.Makanan Khas Lampung Bakso Sony

Ilustrasi Bakso SonyIlustrasi Bakso Sony © https://www.gotravelly.com/

Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai bakso sebagi salah satu makanan favorit. Nah, di Lampung, juga ada bakso dengan cita rasa yang menggugah selera. Namanya, Bakso Sony. Yang membuat beda adalah, makanan khas Lampung ini menambahkan lada hitam dalam kuah bakso. Lada hitam yang ditambahkan, bisa membuat cita rasa bakso menjadi lebih gurih dan lezat lho. Bakso Sony bisa dijadikan sebagai menu pilihan saat makan siang.

3.Makanan Khas Lampung Pindang

Sebagai daerah yang berdekatan dengan laut, maka wajar jika Lampung mempunyai banyak olahan makanan laut. Salah satu makanan khas Lampung dengan olahan ikan adalah Pindang. Namun pindang di Lampung dibuat dengan tambahan daun kemangi. Tak heran, daun kemangi inilah yang menghasilkan aroma dan rasa yang begitu kuat, saat kamu menyantapya. Pokonya nikmat banget deh rasanya.

4.Makanan Khas Lampung Panggang

Ilustrasi Ikan AsapIlustrasi Ikan Asap © indonesiakaya.com

Makanan khas Lampung lain yang menggunakan bahan dasar ikan adalah panggang. Panggang dibuat dengan menggunakan ikan yang kemudian diolah dengan cara diasap hingga matang. Jika sudahmatang, kamu bisa menambahkannya dengan sambakl terasi dan lalapan agar terasa lebih nikmat.

5.Makanan Khas Lampung Kue Segumpal

Ilustrasi Kue SegumpalIlustrasi Kue Segumpal © orbitmetro.com

Nah, kalau ini adalah makanan khas Lampung yang hanya ada saat bulan puasa. Kue Segumpal banyak dijajakan di pinggir jalan sebagai menu takjil menjelang berbuka puasa. Kue Segumpal adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan santan.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Lampung Seruit

Ilustrasi seruit lampungIlustrasi seruit lampung © https://pesona.travel/

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang sering dijadikan sebagai hidangan utama saat ada acara adat, acara keagamaan, atau acara keluarga seperti pernkahan. Selain itu Serruit juga sering juga dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari oleh masyarakat Lampung.

Ada bebrapa hal yang harus dilakukan untuk emmbuat seruit. Prosenya, ikan yang sudah disediaka terlebih dahulku dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan =. bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe,. Setelah itu ikan dibakr selam kurang lebih 10 meni atau bisa juga diolaj dengan dipindang. Saat sudah setengah matang, ikan kemudian diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara sambal unutk campuran saeruit adalah cabai merah, cabai rawit, garam, ampai, dan jangan lupa terasi bakar. Semua bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, orang Lampung biasa menambahkan tempoyak, yakni durian yang sudah diermentasi. Bisa juga ditambahkan lalapan seperti daun kemangi, mentimun, dan terong bakar. Tak semua rumah makan di Lampung yang menyediakan menu Seruiut ini, Kamu bisa menikmati seruit ini di rumah makan yang bertuliskan Pindang. Makanan khas Lampung ini worth it banget unutk dicoba.

Bagaimana? Seegera tentukan tanggal agar bisa segera mencicipi maknaan khas Lampung diatas ya.

Beri Komentar