Jenis Buah Mangga Unggulan dan Terbaik di Indonesia, Rasa Manisnya Bikin Nagih

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 21 September 2021 10:00
Jenis Buah Mangga Unggulan dan Terbaik di Indonesia, Rasa Manisnya Bikin Nagih
Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut, membuat berbagai jenis mangga mempunyai cukup banyak penggemar di Indonesia.

Jika berbicara tentang berbagai tmbuhan di Indonesia, sepertinya kita akan membicarakan banyak hal. Pun juga ketika kita membicarakan aneka ragam buah-buah, sangat banyak sekali. Salah satu yang tumbuh subur di Indonesia adalah berbagai jenis mangga.

Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut, membuat berbagai jenis mangga mempunyai cukup banyak penggemar di Indonesia. Kita juga bisa dengan berbagai cara menikmati buah ini, mulai dari langsung dimakan, dinikmati dalam bentuk jus, hingga dibuat menu kuliner seperti rujak buah.

Itu baru segi kenikmatan rasa, belum dari berbagai gizi yang dikandung oleh mangga itu sendiri. Melansir laman Alodokter, berbagai jenis mangga memiliki kandungan gizi seperti Antioksidan, protein, vitamin A, B, C, serta vitamin E dan K merupakan nutrisi yang berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

Lalu, apa saja jenis mangga unggulan dan terbaik yang ada di Indonesia? Yuk simak uraian du bawah ini yang telah dirangkum Diadona.id dari berbagai sumber. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Mangga Golek

Jenis Mangga Golek © Diadona

Jenis mangga yang pertama adalah mangga golek. Mangga Golek ini banyak ditemui di wilayah pertanian jawa Timur seperti di daerah Probolinggo dan Pasuruan. Nama golek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti mencari. Mungkin kata mencari ini identik dengan kelezatan yang dimiliki jenis mangga satu ini, orang akan terus mencari mangga ini. mungkin ya hehe.

Oh iya, ciri khas dari mangga golek ini adalah ukurannya yang lonjong memanjang. Sebagai info, mangga ini memiliki kadar air yang cukup tinggi saat kelewat matang. Kalau rasanya sih nggak usah ditanya lagi ya, pasti manis.

2. Mangga Manalagi

Jenis Mangga Manalagi © Diadona

Jenis mangga yang kedua adalah mangga Manalagi. Jika dibandingkan dengan mangga Golek, mangga Manalagi ini bentuknya relatif lebih kecil. Tapi jangan salah, walaupun masih belum begitu masak mangga ini rasanya sudah manis.

Konon, dinamakan mangga manalagi karena penyantapnya akan ketagihan dan ingin nambah sambil berkata 'mana lagi?' karena merasakan mangga satu yang sangat manis dan teksturnya yang padat namun tetap enak digigit.

2 dari 6 halaman

3. Mangga Madu

Jenis Mangga Madu © Diadona

Selanjutnya ada jenis mangga Madu. Ciri khas dari mangga ini adalah kulitnya akan berwarna kuning sangat terang ketika sudah matang.

Nama madu yang disematkan pada mangga ini adalah rasa manis pada mangga yang disatarakan dengan madu. Kebayang nggak tuh manisnya?

4. Mangga Gedong Gincu

Jenis Mangga Gedong Gincu © Diadona

Gedong Gincu adalah jenis mangga yang namanya cukup unik. Dinamai gedong karena konon dulunya mangga ini kerap dikonsumsi para bangsawan Belanda yang memiliki rumah gedongan.

Nah, kalau gincu ini konon terinspirasi dari daging mangganya yang mempunyai warna kuning kemerahan. Untuk ukurannya, mangga ini lebih kecil dari kebanyakan mangga pada umumnya.

3 dari 6 halaman

5. Mangga Harumanis

Jenis Mangga Harumanis © Diadona

Lalu, ada jenis mangga Harumanis. Seperti mangga lainnya, nama dari mangga ini sangat menggambarkan mangga itu sendiri. Mangga Harumanis memang mempunyai bau yang cukup harum dan menggoda. Oh iya, mangga ini juga dikenal banyak orang orang sebagai mangga gadung, khususnya orang Jawa Timur ya.

Ketika mangga Harumanis ini sudah masak, maka baunya akan menguar dan menggoda selera. Untuk bentuk dari mangga ini lonjong dengan ujungnya yang meruncing. Mangga harumanis banyak ditemui di daerah Probolinggo.

6. Mangga Alpukat

Jenis Mangga Alpukat © Diadona

Cukup membingungkan ya nama dari jenis mangga ini, mangga alpukat. Tapi ini bukan alpukat kok, ini tetap mangga. Mangga ini termasuk varietas baru di keluarga mangga. Dinamai mangga alpukat karena bentuk dan cara memakannya seperti alpukat. Mangga dibelah bagian tengahnya mirip seperti alpukat dan disendok daging buahnya seperti memakan buah alpukat.

Mangga Alpukat ini ternyata adalah hasil persilangan dari mangga gadung dan mangga madu. Kalau rasanya sih jangan diragukan lagi, perpaduan cita rasa dari persilangan tersebut membuat mangga ini rasanya semakin legit. Buah ini banyak dikembangkan di daerah Pasuruan Jawa Timur.

4 dari 6 halaman

7. Mangga Cengkir Indramayu

Jenis Mangga Cengkir Indramayu © Diadona

Selain daerah-daerah di Jawa Timur, daerah Jawa Barat juga menghasilkan mangga unggulan, yakni jenis mangga Cengkir Indramayu. Sesuai namanya mangga ini memang berasal dari daerah Indramayu Jabar.

Ciri khas dari mangga ini adalah teksturnya yang cenderung tak begitu berair dan tebal. Jadi mangga Indramayu ini nggak seperti mangga pada umumnya untuk urusan tekstur. Namun kalau rasanya mangga ini tak kalah lezat dari berbagai mangga yang ada di Indonesia.

8. Mangga Lalijiwo

Jenis Mangga Lalijiwo © Diadona

Lalu ada jenis mangga Lalijiwo. Kalau melihat dari namanya, mangga ini Jawa banget ya. Tapi memang benar, Mangga Lalijiwo ini adalah endemik asli jawa yang banya dikembangkan di daerah Probolinggo Jawa Timur.

Mangga jenis ini menyerupai jenis mangga madu dengan citra rasa yang khas, yaitu rasa yang sangat manis dan legit. Untuk teksturnya, mangga ini cenderung tidak berserat walaupun buahnya belum terlalu masak.

5 dari 6 halaman

9. Mangga Apel

Jenis Mangga Apel © Diadona

Selain berbagai mengga asli Indonesia, saat ini juga cukup banyak mangga yang berasal dari negara tetangga. Salah satunya adalah jenis mangga apel ini. Jadi, mangga ini berasal dari Singapura guys.

Ciri khas dari mangga ini adalah warnanya yang hijau kemerahan. Secara keseluruhan, ada dua jenis mangga apel yaitu merah dan hijau. Mangga apel hijau memiliki rasa asam dan cocok sekali untuk rujak. Sedangkan, yang merah beraroma sangat harum dan tekstur dagingnya sangat halus.

10. Mangga Malibu

Jenis Mangga Malibu © Diadona

Masih seputar mangga dari negara tetangga, ada jenis Mangga Malibu yang berasal dari Australia. Tak seperti mangga di Indonesia yang warnanya hijau atau kuning, warna dari mangga malibu ini ternyaat merah.

Uniknya, rasa dari mangga Malibu ini ternyata mirip kelapa. Mangga ini tumbuh subur di pertanian Berry Springs, selatan Darwin di Australia. Jika ingin merasakan mangga yang rasanya sedikit berbeda, mangga Malibu ini sepertinya worth to try deh hehe.

Jadi itulah beberapa jenis mangga unggulan dan terbaik di Indonesia. Kalau misal kamu punya mangga favoritmu sendiri jangan lupa tulis di kolom komentar ya. Oh ya. kamu suka mangga nggak sih, Diazens? hehe

Beri Komentar