7 Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau, Lebih Empuk dan Kenyal

Reporter : Kurnia
Selasa, 21 September 2021 09:08
7 Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau, Lebih Empuk dan Kenyal
Makan jengkol anti bau anti alot, ikuti trik berikut yuk

Jengkol adalah salah satu makanan yang identik dengan bau menyengat. Selain itu, teksturnya yang keras dan a lot terkadang begitu menyusahkan para penikmat makanan bercitarasa khas ini.

Meski begitu, aroma jengkol dan tekstur jengkol yang kuat itu masih bisa diatasi dengan cara memasak yang benar lho. Apakah kamu sudah memasak jengkol dengan yang benar?

Jika belum, Diadona telah merangkum berbagai trik menarik dari berbagai sumber khusus untuk kamu. Yuk, langsung intip cara memasak jengkol yang benar dengan trik mudah berikut.

1 dari 6 halaman

Kupas dengan bersih

Cara terbaik saat memasak jengkol agar tidak bau dan pahit adalah dengan mengupasnya hingga benar-benar bersih. Mengupas kulit jengkol yang kurang bersih menjadi faktor utama yang membuatnya terasa pahit. Kulit yang masih menempel inilah yang memberikan rasa pahit saat direbus.

Selaput pada jengkol harus dibuang dan dibersihkan sampai tuntas. Pasalnya, sedikit saja kulitnya tidak bersih, maka akan memengaruhi rasa jengkol dan jadi pahit saat diolah.

2 dari 6 halaman

Rendam dengan air es

Cara Menghilangkan Bau Jengkol © Diadona

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yakni dengan merendamnya ke dalam air es. Terutama untuk menghilangkan baunya yang cukup kuat, jengkol bisa direndam dengan air dingin atau air es selama semalaman.

Kamu bisa juga merendam jengkol dengan air kapur sirih atau susu. Cara ini diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan menetralisir rasanya.

3 dari 6 halaman

Rebus dengan daun salam

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit selanjutnya adalah merubusnya dengan daun salam. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling umum diterapkan.

Merebus jengkol dengan menambahkan daun salam tidak hanya dapat mengurangi rasa pahit, bahkan juga dapat mengurangi bau tajam dengan efektif.

4 dari 6 halaman

Rebus dengan daun jeruk purut

Jengkol © Diadona

Selain daun salam, kamu juga bisa menerapkan cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit dengan jeruk purut. Rebus jengkol dengan menambahkan daun jeruk perut secukupnya.

Daun jeruk purut yang diiris bisa digunakan untuk membantu menetralisir bau jengkol yang begitu kuat.

5 dari 6 halaman

Rebus dengan daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa menjadi andalan untuk memasak jengkol. Merebus jengkol dengan campuran daun jambu biji bisa menjadi alternative yang cukup efektif dalam menghilangkan bau menyengat pada jengkol.

Sebelum dibumbui atau diolah, jengkol bisa dipipihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar nanti bumbu cepat meresap dan olahan jengkol bisa terasa lebih sedap.

6 dari 6 halaman

Jangan memasak jengkol terlalu lama

Alih-alih memasaknya dengan waktu yang lama agar lebih empuk, merebus jengkol terlalu lama justru akan membuatnya lebih pahit lho. Teknik memasak jengkol ini juga perlu benar-benar diperhatikan. Sebaiknya, kamu hanya memasak jengkol dalam waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja.

Hal ini nantinya juga bergantung pada ukuran dan usia jengkol yang kamu masak. Selain itu, saat memasak juga gunakanlah api san suhu yang kecil.  

Memasak jengkol menggunakan api kecil dalam waktu yang tidak begitu lama akan membuat jengkol tidak bau, tidak pahit, dan tentunya lebih empuk.

Beri Komentar