5 Cara Membuat Gorengan Menjadi Sajian Nikmat dan Lebih Sehat Meski Penuh Minyak

Reporter : Kurnia
Jumat, 27 Agustus 2021 08:46
5 Cara Membuat Gorengan Menjadi Sajian Nikmat dan Lebih Sehat Meski Penuh Minyak
Begini caranya…

Gorengan adalah makanan khas Indonesia yang banyak disukai semua kalangan. Karena kandungan minyak berlebih, gorengan juga menjadi salah satu makanan yang tak begitu dianjurkan karena lebih banyak faktor risikonya.

Enak, gurih, manis, hangat, sangat pas disajikan untuk menemani secangkir kopi. Nggak perlu khawatir lagi karena Diazens datang di halaman informasi yang tepat. Kali ini, kamu bisa makan gorengan dengan lebih sehat.

Kok bisa, gimana caranya?

Well, langsung aja yuk intip bagaiamana cara membuat gorengan menjadi sajian yang lebih sehat. Dilansir dari Lifehacks, ini lho beberapa cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membuat gorengan lebihs sehat dikonsumsi untuk keluarga di rumah.

1 dari 5 halaman

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang baik untuk menggoreng makananmu, termasuk gorengan. Tetapi Diazens tetap harus menjaga keseimbangannya ya. Karena semua yang berlebihan tidak pernah baik untuk tubuh dan kesehatan.

Diketahui, jenis minyak ini lebih stabil pada temperatur tinggi sehingga bisa kamu gunakan untuk menggoreng sambil menjaga nutrisi dan kualitas di dalamnya.

Jenis minyak zaitun terbaik yang bisa kamu pakai untuk membuat gorengan di rumah adalah jenis minyak virgin atau extra virgin. Label ini menunjukakkan bahwa terdapat lebih sedikit zat kimia dalam ekstraksinya.

2 dari 5 halaman

Selalu Menggunakan Minyak Baru

Ilustrasi Minyak GorengIlustrasi Minyak Goreng © videohive.net

Siapa nih yang sering menggunakan minyak bekas kemarin untuk masak lagi hari ini?

Sebaiknya nggak dilakukan ya Moms. Menggunakan minyak baru dan masih bersih bisa membuat gorengan menjadi tetap lezat dan tetunya akan menjaga nutrisi makanan di dalamnya. Menggunakan minyak bekas juga bisa membuat nilai nutrisi di dalamnya hilang, lho.

Selain menggunakan minyak baru, kamu juga harus sering-sering membersihkan kotoran dari minyak. Cara ini bisa membuat nutrisi tetap terjaga dengan baik di dalam minyak.

3 dari 5 halaman

Pertahankan Suhu Minyak

Ilustrasi Minyak GorengIlustrasi Minyak Goreng © 2021 https://www.epicurious.com

Mempertahankan suhu minyak dan tak mengubahnya merupakan cara tepat untuk membuat makanan lebih sehat. Jika minyak tidak cukup panas, maka makanan bakal menyerap lebih banyak minyak.

Jika minyak terlalu panas, maka hal in bisa menyebabkan makanan jadi gosong. Hal ini juga bisa membuat makanan jadi tak sehat dan tak lezat.

Selain menggunakan cara tersebut, pastikan agar gorengan yang sudah matang untuk ditaruh di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih, ya. Hal ini bisa menghilangkan kandungan minyak berlebih di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Adonan Gorengan yang Tepat

Ilustrasi Tepung BerasIlustrasi Tepung Beras © 2020 https://www.diadona.id

Membuat gorengan, adonan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap hasil dan rasanya. Pada beberapa jenis gorengan, adonan khusus dibutuhkan agar menjadi makanan yang lebih lezat. Saat membuat adonan ini, kamu bisa membuatnya lebih sehat dengan memilih tepung bebas gluten.

Tepung biasa cenderung lebih banyak menyerap minyak pada makanan. Menggunakan tepung yang tepat bisa jadi cara tepat dalam membuat gorengan lebih sehat.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Baking Soda

baking sodabaking soda © 2020 https://www.diadona.id/yours.co.uk

Menambahkan baking soda menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas adonan makanan. Cara ini juga bisa lebih menyehatkan karena menurunkan penyerapan minyak pada makanan, lho.

Dari kelima cara tersebut, Diazens udah terrapin yang mana aja nih?

Klik di sini untuk mendapatkan tips, resep, dan rekomendasi kuliner lainnya.

Beri Komentar