Ini lho, Pengganti Tepung Roti yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 25 September 2020 15:28
Ini lho, Pengganti Tepung Roti yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah
Kamu bisa pakai bahan-bahan sederhana ini, lho.

Tepung roti atau tepung panir merupakan salah satu bahan yang bisa kamu tambahkan dalam setiap gorengan. Membuat ayam goreng, udang goreng, atau apa saja menggunakan tepung panir akan menambah cita rasa dengan tekstur yang lebih crunchy. Hanya dengan tepung roti saja, gorengan rumahan bisa mirip seperti makanan restoran Jepang.

Namun, gimana ya ketika kamu kehabisan tepung roti, sedangkan stok di super market mungkin juga udah habis. Nggak usah khawatir. Kamu bisa bikin sendiri kok di rumah. Bahannya juga simpel dan nggak perlu repot-repot mencari roti, mengeringkannya dulu, lalu menghaluskannya menjadi tepung roti. Melansir dari Daily Meal, ini lho pengganti tepung roti yang bisa kamu coba di rumah.

1 dari 3 halaman

Chips atau Crackers

Ilustrasi Crackers © Diadona

Salah satu cara untuk mengganti tepung roti adalah menggunakan chips atau crackers. Jika kamu punya sisa makanan ringan di rumah seperti chips atau crackers, bisa banget nih dijadiin pengganti tepung roti.

Kamu bisa menggunakan semua jenis makanan biskuit yang ada di toko. Hanya saja, jika kamu ingin mengganti tepung roti, usahakan untuk memilih biskuit yang bebas gluten.

Chips © Diadona

Caranya cukup mudah, kamu bisa menghaluskannya ke dalam food processor, blender atau alat lainnya yang punya fungsi menghaluskan. Jika peralatan tersebut juga nggak tersedia di rumah kamu, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam plastik dan kemudian bisa kamu ratakan menggunakan rolling pin. Pastikan untuk tidak terlalu halus.

2 dari 3 halaman

Keripik Tortila

Keripik Tortilla © Diadona

Cara lain mengganti tepung roti adalah dengan menggunakan keripik tortila. Sama seperti cara yang pertama, kamu bisa menghancurkannya menggunakan food processor ataupun rolling pin untuk menghancurkannya.

Kamu bisa menghancurkannya sampai mencapai tekstur dan konsistensi yang sesuai. Sekali lagi, hindari gluten. Kamu bisa membeli keripik tortila jagung murni.

Beri Komentar