Jangan Salah, 6 Hal ini Nggak Boleh Kamu Lakukan Ketika Menggunakan Microwave

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 21 Juli 2020 19:20
Jangan Salah, 6 Hal ini Nggak Boleh Kamu Lakukan Ketika Menggunakan Microwave
Jangan sampai dilakuin ya!

Siapa nih yang sehari-hari pakai microwave? Alat masak yang satu ini memang terbilang praktis karena bisa memasak sekaligus hanya memanaskan makanan yang sudah disimpan dalam kulkas.

Namun, tahukah kamu kalau mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan ini ketika menggunakan Microwave. Padhal, beberapa hal ini justru berbahaya dan sebaiknya kamu hindari ketika menggunakan microwave. Apa saja itu? Dilansir dari Times of India, berikut adalah ulasannya!

1 dari 6 halaman

Tidak membersihkannya secara rutin

Ilustrasi Microwave © Diadona

Membersihkan microwave secara rutin wajib dilakukan. Karena jika tidak, hal ini akan membuat bakteri dan kuman bersarang di microwave dan dapat membahayakan makanan.

2 dari 6 halaman

Memanaskan menggunakan Styrofoam

Ilustrasi Styrofoam © Diadona

Styrofoam bisa mengeluarkan toksin dalam makanan dan embawanya ke dalam tubuh saat dikonsumsi. Apalagi ketika memanaskannya dalam microwave. 

3 dari 6 halaman

Tidak memanaskan makanan seluruhnya

Ilustrasi Microwave © Diadona

Mungkin hal ini sering luput dari perhatian. Sangat penting untuk memanaskan makanan secara keseluruhan. Jika kamu tidak secara menyeluruh memanaskan makanan dan masih ada bagian yang dingin, hal ini bisa memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan keracunan.

4 dari 6 halaman

Menggunakan wadah plastik saat memanaskan

Ilustrasi Box Plastik © Diadona

Sama halnya dengan styrofoam, menghangatkan makanan dengan plastik bisa berdampak buruk pada kesehatan. Kemasan plastik bisa mencemari makanan karena mengandung banyak bahan kimia. Apalagi ketika dipanaskan.

5 dari 6 halaman

Memasak Sayuran tertentu menggunakan Microwave

Ilustrasi Microwave © Diadona

Beberapa sayuran mungkin tidak akan cocok jika dimasak menggunakan microwave. Jamur dan brokoli contohnya. Panas dalam microwave akan menyebabkan sayuran tertentu kehilangan nutrisinya. Beberapa sayuran seperti bit dan bayam bahkan bisa berubah menjadi kanker.

Beri Komentar