Jadi Makanan Mewah, Ini Perjalanan Panjang Bechamel Sauce Hingga Bisa Dinikmati Semua Kalangan

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 13 Januari 2021 18:33
Jadi Makanan Mewah, Ini Perjalanan Panjang Bechamel Sauce Hingga Bisa Dinikmati Semua Kalangan
Bechamel sauce kerap ditemukan di berbagai masakan Italia atau Prancis.

Bechamel Sauce kerap ditemukan di banyak makanan Prancis. Tak hanya itu, beberapa snack dan juga pasta juga menggunakan Bechamel Sauce sebagai krim tambahannya.

Namun, sebelum Bechamel Sauce bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Ternyata Bechamel Sauce adalah makanan yang sangat mewah. Bahkan hanya kaum-kaum elit saja yang bisa mengonsumsi makanan ini.

1 dari 2 halaman

Asal Mula Bechamel Sauce

Bechamel SauceBechamel Sauce © unsplash.com/Oat Canada

Asal Mula diciptakannya saus ini memang cukup rumit. Banyak teori yang mengklaim jika merekalah yang pertama kali menciptakan sauce ini.

Teori yang populer menyebut jika Bechamel pertama kali ditulis oleh seorang koki di buku besar La Varenne pada abad ke-17. Dalam buku tersebut, tertulis metode baru mengentalkan saus menggunakan roux. Bukannya menggunakan remah roti atau kacang almond yang umum digunakan pada abad pertengahan.

Teori lain menyebut jika Bechamel sudah ada pada 1533 sebagai aliansi dinasti Italia-Prancis. Melansir dari berbagai sumber, Catherine de Medice dari Italia menikah dengan Henri II dari Prancis. Catherine kemudian mengenalkan cita rasa makanan Italia ke istana Prancis.

Marie de Medice, pengantin dari Henry IV datang ke Prancis dan kedapatan membuat saus mirip Bechamel. Saus ini kemudian populer di tahun 1822.

Ada lagi yang menyebut jika Duke Phillipe de Mornay mendapat penghargaan sebagai penemu saus Mornay, yakni saus keju bechamel yang mengandung gruyere dan parmesan.

Yang terakhir menyebut jika Bechamel datang dari Marquise Lous de Bechamel, seorang yang memegang jabatan kehormatan kepala pelayan di rumah Raja Lous XIV (1643-1715.

Namun tak ada catatan sejarah yang pasti yang bisa membuktikan bahwa ia adalah seorang ahli kuliner dan penemu saus bechamel.

2 dari 2 halaman

Béchamel sauceBéchamel sauce © flickr.com / missy

Dari beberapa teori tersebut, Saus Bechamel memang banyak digunakan oleh kaum kerajaan. Pasalnya, sebelum adanya teknologi pasteurisasi dan lainnya, susu, merupakan salah satu produk yang paling sulit dijaga kesegarannya. Hal inilah yang menjadikan susu, yang mana adalah bahan dasar bechamel sauce merupakan makanan yang dikonsumsi kelas atas.

Nah, itulah tadi sejarah singkat dari bechamel sauce. Siapa nih yang suka sama saus yang creamy ini?

Beri Komentar