Ikan Besi Rebus, Cara Unik Masyarakat Kamboja Penuhi Zat Besi Kebutuhan Tubuh

Reporter : Nasa
Senin, 24 Agustus 2020 16:52
Ikan Besi Rebus, Cara Unik Masyarakat Kamboja Penuhi Zat Besi Kebutuhan Tubuh
Ikan besi ini jadi andalan sampai sekarang.

Kekurangan zat besi bagi tubuh manusia merupakan hal yang cukup fatal, yang bisa berdampak pada ketidakseimbangan kesehatan. Umumnya, kekurangan zat besi dialami oleh masyarakat dengan kesejahteraan minim.

Nahasnya, kekurangan zat besi bisa membuat manusia mudah terserang anemia. Bagi masyarakat kelas bawah, untuk memebuhi gizi ini memang cenderung cukup sulit. Karena untuk makanan keseharian pun mereka masih kesulitan.

Kasus semacam ini pernah terjadi di Kamboja beberapa tahun silam. Yang mana ribuan penduduknya terkena anemia karena kekurangan zat besi dari bahan makanan. Lalu ada seorang dokter dari Kanada yang mandatangkan solusi.

1 dari 2 halaman

Iron Fish atau ikan besiIron Fish atau ikan besi © boredpanda.com

Adalah dokter Christopher Charles, penemu 'fish iron' atau si ikan besi yang digadang-gadang bisa bantu masyarakat Kamboja untuk penuhi asupan zat besi. Solusi itu datang, kare dr. Charles resah dengan tingginya angka pengidap anemia di tengah masyarakat Kamboja.

Lalu dr. Charles juga menyarankan bahwa orang dewasa di Kamboja selalu menggunakan ikan besi ini saat memasak. Dari pada mereka membeli suplemen zat besi yang harganya cukup mahal. Dan tentunya sulit dijangkau oleh masyarakat kelas bawah.

2 dari 2 halaman

Cara Penggunaan Sederha

Iron Fish atau ikan besiIron Fish atau ikan besi © bbc.com

Dijelaskan oleh dr Charles, penggunaan si ikan besi ini memang sangat sederhana. Caranya adalah dengan merebus ikan besi setidaknya selama 10 menit bersama dengan bahan lain. Kemudian juga dianjurkan dengan menambahkan sari lemon.

Ikan besi ini sudah dibuktikan secara klinis loh. Ada sebuah desa di Kamboja yang penduduknya mayoritas terkena anemia. Setelah menggunakan ikan besi ini saat memasak, setengah dari penduduk mereka berhasil sembuh dari anemia.

Wahh ajaib juga ya. Gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar