Es Laksmana Mengamuk Khas Riau, Ada Masalah Apa nih?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 24 Februari 2020 19:17
Es Laksmana Mengamuk Khas Riau, Ada Masalah Apa nih?
Santai aja ya nggak usah ngamuk-ngamuk hehe

Membahas kuliner khas Indonesia memang nggak ada habisnya, begitu juga dengan minuman khasnya. Selalu ada keunikan tersendiri yang menarik perhatian kita. Salah satu yang cukup unik adalah Es Laksamana Mengamuk dari Riau ini.

1 dari 5 halaman

Minuman yang mempunyai nama nyentrik ini ternyata mempunyai kisah yang cukup panjang. Dilansir dari berbagai sumber, ceritanya Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun buah kuini. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru kebun, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya.

2 dari 5 halaman

Usai sang laksamana melampiaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut.

Hingga salah satu warga, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan santan dan gula. Jadilah minuman segar yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

3 dari 5 halaman

Nah, karena kali ini aku sedang baik, aku bakal kasih resep Es Laksamana Mengamuk ini untuk kamu-kamu semua. Ini aku mengambil keterangan dari fimela.com, Es Laksamana Mengamuk dibuat dari bahan utama mangga, kelapa muda, selasih dan santan. Ini dia cara membuatnya.

4 dari 5 halaman

Bahan isian:

2 buah mangga kweni, kupas dan potong dadu
1 buah kelapa muda, ambil dagingnya
1 sdm selasih, rendam dengan air panas secukupnya
es batu secukupnya

Bahan sirup:

200 gr gula pasir
200 ml air
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan kuah:

700 ml santan cair
1/2 sdt garam
1 sdt gula
2 lembar daun pandan

5 dari 5 halaman

Cara membuat:

Masak santan hingga hangat, masukkan semua bahan kuah dan mask sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Jika sudah panas, matikan.
Campurkan semua bahan isian dan tuang kuah secukupnya. Terakhir tambahkan es batu secukupnya di atas.

Es laksamana mengamuk siap disajikan dan dinikmati dingin dan segar. Mudahkan? Mudah dong Selamat mencoba ya.

Beri Komentar