Eh, Ada Es Krim dan Keju dari ASI! Bikin Sehat sih, Dikonsumsi Orang Dewasa Boleh Nggak ya?

Reporter : Nasa
Selasa, 7 April 2020 20:36
Eh, Ada Es Krim dan Keju dari ASI! Bikin Sehat sih, Dikonsumsi Orang Dewasa Boleh Nggak ya?
Rasanya sama nggak ya kayak es krim dan keju yang menggunakan susu hewani?

Es krim menjadi salah satu kuliner yang terus mengalami pengembangan dan juga inovasi. Beragam rasa dan variannya terus bermunculan seiring dengan berjalannya waktu. Tapi kamu percaya nggak sih, kalau ada yang membuat es krim terbuat dari Air Susu Ibu (ASI).

Dilansir dari laman Eater, sekitar tahun 2011 ada sebuah toko es krim yang menambahkan varian spesial yakni es krim ASI. Kala itu, kemunculan varian es krim yang terbuat dari ASI ini disebut menjadi bagian dari perayaan kelahiran bayi kerajaan Inggris.

1 dari 4 halaman

Baby Gaga Ice Cream © Diadona

2 dari 4 halaman

Bahkan es krim yang terbuat dari ASI ini diberi nama Royal Baby Gaga. Es krim tersebut dibuat dari ASI yang didonasikan oleh para ibu. Katanya nih, ASI yang telah disumbangkan melalui proses sterilisasi tersendiri dan memenuhi standar kesehatan.

Kemudian ASI dicampur dengan bahan lain dan diberi Vanilla Madagascan. Pada masa itu, es krim ASI ini tersedia pada musim panas. Ternyata nggak Cuma dibuat es krim aja nih, ada juga ASI yang diolah menjadi keju.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Keju ASI © Diadona

4 dari 4 halaman

Menyadur dari laman National Post, di New York Amerika Serikat ada seorang pembuat keju yang terbuat dari ASI bernama Miriam Simun. Perempuan tersebut menyebut bahwa kandungan ASI lebih baik ketimbang susu sapi, jadi kenapa tidak dibuat jadi keju.

Jika dibandingkan dengan susu hewani, ASI memang membutuhkan proses pengolahan khusus untuk bisa dijadikan sebagai keju. Nah kabarnya nih, baik es krim maupun keju ini merupakan olahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi.

Es krim dan juga keju yang terbuat dari ASI disebut juga bisa membuat daya tahan tubuh orang dewasa menjadi lebih baik. Namun demikian, banyak banget yang kontra dengan gagasan makanan ini. Karena ASI dari sumber yang tidak dipublikasi mungkin bisa berisiko meningkatkan penyakit.

Wah ada-ada aja emang ini ide buat es krim sama keju dari ASI. Gimana nih menurut kamu? Jangan segan sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar