Selamat Hari Bahasa Isyarat Internasional, Ini loh 5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat Tuli

Reporter : Inasa All Islamiya
Rabu, 23 September 2020 18:35
Selamat Hari Bahasa Isyarat Internasional, Ini loh 5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat Tuli
Restoran mana aja ya?

Tanggal 23 September adalah hari spesial bagi sahabat tuli di seluruh dunia. Soalnya, tanggal 23 September ditetapkan sebagai Hari Bahasa Isyarat Internasional oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Hari Bahasa Isyarat Internasional diperingati setiap tahunnya untuk mendukung dan melindungi identitas linguistik bagi keragaman budaya seluruh sahabat tuli dan pengguna bahasa isyarat lainnya.

Sayangnya tahun ini peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional tak bisa diperingati seperti tahun-tahun sebelumnya. Lantaran seluruh negara di dunia yang masih berada pada situasi pandemi.

Tapi kali ini kita mau bahas soal restoran-restoran yang mempekerjakan para sahabat tuli. Kebetulan di Indonesia sendiri juga sudah mulai ada yang merintis loh. Jadi para sahabat tuli bisa dapatkan kesempatan bekerja yang sama.

Nah ini dia 5 restoran yang mempekerjakan sahabat tuli :

1 dari 5 halaman

1. Burger King Sunset Road Kuta, Bali

Se5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat TuliSe5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat Tuli © Liputan6.com

Menurut info dari laman Liputan6, outlet restoran cepat saji Burger King ternyata mempekerjakan sahabat tuli loh. Pernah ada akun media sosial twitter yang mengunggah outelet Burger King di Sunset Kuta Road Bali.

2 dari 5 halaman

2. Burger King Hassanudin, Makassar

Burger King Makassar Jalan Sultan HasanuddinBurger King Makassar Jalan Sultan Hasanuddin © Tiktok/@kusdifrans/instagram/@reseptiktok

Kemudian ada outlet Burger King di Jalan Sultan Hasnuddin Makassar yang mempekerjakan setidaknya 27 sahabat tuli. Kalau mau pesan di sana, sudah tersedia lengkap bagaimana cara memesan di kasir yang karyawannya adalah sahabat tuli.

3 dari 5 halaman

3. Restoran Atfaluna, Gaza Palestina

Selamat Hari Baha5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat TuliSelamat Hari Baha5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat Tuli © haretz.com

Sebuah restoran di Gaza dijalankan oleh sejumlah karyawan yang merupakan sahabat Tuli. Nama restoran tersebut adalah restoran The Styish Atfaluna. Restoran ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung dan menghargai para sahabat tuli di Palestina.

4 dari 5 halaman

4. Deafined, Vancouver

Selamat Hari Baha5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat TuliSelamat Hari Baha5 Restoran yang Pekerjakan Para Sahabat Tuli © straight.com

Kalau restoran yang satu ini adalah restoran pertama yang mempekerjakan para sahabat Tuli di Vancouver. Selain untuk menyediakan lapangan kerja bagi sahabat tuli, pemilik restoran Deafined ini juga ingin menghapus jurang pemisah antara mereka yang bisa mendengar dan tak bisa mendengar.

5 dari 5 halaman

5. Kopi Tuli, Depok Jawa Barat

Kopi TuliKopi Tuli © youtube.com / netmediatama

Nah yang terakhir ada Koptul atau kopi tuli yang berada di kota Depok Jawa Barat. Kalau ini sih lebih tepatnya disebut sebagai kedai kopi ya.

Didirikan oleh 3 orang sahabat tuli yakni Putri Sampaghita Trisnawinny Santoso, Mohammad Andhika Prakoso, dan Tri Erwinsyah Putra, Koptul ini sudah berdiri sejak 12 Mei 2018.

Menariknya, di sana kamu juga bisa sekaligus belajar bahasa isyarat langsung bareng sahabat tuli secara langsung loh. Kedai kopi yang satu ini kabarnya juga sudah buka cabang loh.

Buat kamu yang pengen belajara bahasa isyarat boleh banget tuh langsung main-main ke kedai kopi Koptu. Itu dia guys 5 restoran yang mempekerjakan sahabat tuli. Malah yang terkahir didirikan sendiri oleh para sahabat tuli.

Kamu udah ada yang pernah coba ke salah satu restoran tersebut belum?

Beri Komentar