Natto Menu Sarapan Berlendir dari Kacang Kedelai yang Populer di Jepang, Seperti Apa Rasanya?

Reporter : Kurnia
Rabu, 29 Juni 2022 13:34
Natto Menu Sarapan Berlendir dari Kacang Kedelai yang Populer di Jepang, Seperti Apa Rasanya?
yuk, cicipi makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai

Belakangan Natto menjadi cukup populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Meski begitu, banyak juga loh yang belum tahu dengan menu sarapan fermentasi dari kacang kedelai asal Jepang tersebut.

Gak sedikit yang penasaran, kira-kira seperti apa sih bentuk Natto? Rasanya seperti apa?

Tentu karena bentuk Natto yang berlendir dan pembuatannya yang cukup panjang dengan proses fermentasi. Untuk itu, yuk kenalan lebih jauh dengan Natto.

1 dari 5 halaman

Apa itu Natto?

Natto adalah makanan tradisional khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan bakteri khusus. Proses pembuatannya meliputi tahap perendaman, pemasakan, inokulasi dengan starter, dan inkubasi selama 48 jam.

Penampilan Natto memang cukup berbeda. Yups, hasil fermentasi kacang kedelai yang berlendir ini disebut memiliki aroma yang tak begitu sedap karena berbabu busuk seperti aroma kaki.

Karena hal itulah Diazens, Natto disebut sebagai salah satu produk makanan ekstrem di Jepang karena bentuk dan aromanya yang membuat orang berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Meski begitu, Natto juga menjadi salah satu makanan favorit loh di sana.

2 dari 5 halaman

Natto makanan berlendir khas JepangNatto makanan berlendir khas Jepang © Instagram.com/@japancentre

Natto Makanan Tradisional Jepang

Natto merupakan makanan tradisional khas dari negara Sakura yang sudah ditemukan sejak tahun 1051-1083. Menjadi menu sarapan yang penuh dengan gizi, Natto ditemukan pertama kali oleh seorang tentara Jepang bernama Minamoto Yoshiee.

Dilansir dari berbagai sumber, Natto saat pertama kali ditemukan itu masih berbentuk kacang kedelai fermentasi yang dimasukkan dalam karung jerami dengan bentuk yang kurang sempurna.

3 dari 5 halaman

Natto makanan berlendir khas JepangNatto makanan berlendir khas Jepang © Instagram.com/@japancentre

Manfaat Natto

Meskipun bentuknya berlendir, Natto yang biasa dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Jepang itu memiliki banyak manfaat dengan kandungan Vitamin K1, K2, C, dan D yang cukup tinggi loh, Diazens.

Nah, karena nustrisi yang terkandung dalam Natto itu tinggi, makanan berlendir dari kacang kedelai itu dinilai bisa meningkatkan imunitas tubuh, mencegah stroke, memperlancar peredaran darah, dan metabolism tubuh.

Yang lebih mengejutkan lagi, Natto yang menjadi salah satu makanan favorit orang Jepang ini dipercaya bisa memperpanjang umur manusia loh.

4 dari 5 halaman

Natto di Indonesia

Belakangan, Natto sering kerap menjadi perbincangan warganet di Indonesia karena unggahan seorang netizen.

Gak sedikit warganet yang penasaran dengan rasanya dan mencoba untuk mencicipinya. Di Indonesia sendiri, sudah ada yang menjual makanana tradisional khas Jepang ini loh.

Di kotamu sudah ada belum? Penasaran dan ingin mencobanya juga?

Jangan lupa review dan berikan komentarmu di bawha, ya!

Beri Komentar