Cara Mengolah Okra untuk Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 April 2020 15:41
Cara Mengolah Okra untuk Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol
Buah Okra kaya manfaat. Di antaranya menurunkan berat badan dan kolesterol. Simak cara mengolah okra berikut ini!

Cara mengolah okra untuk mendapatkan khasiat kesehatan bagi tubuh sangatlah mudah Moms. Cukup dengan alat pisau serta bahan air dan garam, Moms bisa mengolah okra menjadi lalapan atau bahan isian salad tanpa lendir, jus, dan air rendaman atau yang disebut infused water okra.

Okra sendiri merupakan sayuran denga tekstur lunak dan berlendir. Bentuknya adalah memanjang dan runcing pada ujungnya. Nah, dari bentuknya yang runcing menyerupai jari wanita, okra memiliki sebutan Lady's Finger.

Banyak manfaat yang dihasilkan dari sayuran yang memiliki rasa menyerupai terong ini. Nah, kandungan vitamin K pada okra ini mampu menjaga kesehatan serta kepadatan tulang. Hal ini karena kandungn Vitamin K bisa membantu menyerap kalsium yang diperlukan oleh tulang.

Selian itu Moms, serat larut yang ada dalam okra mampu menurunkan kolesterol tinggi yang parahnya menyumbat pembuluh darah dan penyebab tingginya risiko struk dan penyakit jantung. Nah, menurut sebuah penelitian Harvard Health Publications, serat okra mampu mengikat darah dengan baik yang mampu mengurangi risiko struk dan penyakit jantung.

Nah Moms, nggak mau kan menderita kolesterol, struk dan jantung? Yuk, mulai hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman salah satunya dengan cara mengolah okra yang bermanfaat untuk kolesterol dan menurunkan berat badan yang telah Diadona ulas berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Cara Mengolah Buah Okra

Cara Mengolah Okra © Diadona

Cara mengolah okra yang pertama adalah dibuat lalapan dan bahan salad. Cara pengolahan ini bertujuan untuk menghilangkan lendirnya Moms. Langsung saja simak cara mengolah okra berikut ini.

Bahan cara mengolah okra agar tidak berlendir:
- 10 batang okra
- Sedikit garam
- Air secukupnya

Cara mengolah buah okra agar tidak berlendir:

a. Potong bagian buah okra yang berwarna coklat pada pangkalnya dengan cara menyisir menggunakan pisau. Taburkan garan pada permukaan okra lalu gosok agar bulu-bulu okra hilang.

b. Masak air hingga mendidih. Masukkan sedikit garam. Masukkan juga bahan okra lalu rebus selama 1 hingga 2 menit sesuai selera kematangan yang diinginkan.

c. Angkat dan sajikan sebagai lalapan dan bahan campuran isian salad.

d. Catatan: Pilih okra yang muda agar tidak mengandung banyak serat ya Moms. Cara memilihnya adalah dengan menekan ujung buah okar (bagian meruncing) dengan kuku. Jika bagian tersebut bisa terpotong dengan mudah, maka pertanda buah okra masih muda.

2 dari 3 halaman

2. Cara Mengolah Okra untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Mengolah Okra © Diadona

Salah satu cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Yuk Moms intip resepnya berikut ini.

Cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan:

a. Cara mengolah okra untuk minuman jus yang pertama adalah pilih buah okra yang segar, bisa menggunakan okra hijau atau merah. Namun, lebih sering menggunakan okra hijau.

b. Cuci hingga bersih buah okra menggunakan air yang mengalir.

c. Potong dan buang bagian batang
dan bagian atas okra. Jangan sampai bagian polong ikut terbuang.

d. Masukkan polong okra ke dalam alat blender. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus. Jus okra siap dinikmati untuk menurunkan berat badan.

Catatan:
Selain cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan dengan minum jus, perhatikan juga pola makan dan sering olahraga, ya.

3 dari 3 halaman

3. Cara Mengolah Okra untuk Kolesterol

Cara Mengolah Okra © Diadona

Air Rendaman Okra atau Infused Water Okra

Moms, berikut ini adalah cara mengolah okra untuk kolesterol dengan diolah menjadi air rendaman okra atau infused water. Selamat mencoba!

a. Cara mengolah okra untuk kolerterol yang pertama yaitu siapkan okra sebanyak 10-15 buah dan cuci menggunakan air besih. Potong-potong okra.

b. Siapkan juga air sebanyak 1 liter. Rendam potongan okra dalam air gelas kaca atau khusus.

c. Diamkan air rendaman ini lalu masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam

d. Keluarkan dari kulkas dan minum sebanyak 3 kali sehari.

e. Semakin lama direndam, semakin kental tekstur airnya dengan raa yang segar.

Itulah beberapa cara mengolah okra dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan dan kolersterol. Yuk Moms mulai hidup sehat, semoga kita terhindar dari berbagai macam poenyakit.

Beri Komentar