17 Manfaat Buah Okra Hijau dan Merah Untuk Kesehatan dan Kesehatan Rambut

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 14:42
17 Manfaat Buah Okra Hijau dan Merah Untuk Kesehatan dan Kesehatan Rambut
Pernahkah kamu menjumpai atau mengkonsumi buah okra ini? Ternyata manfaat yang terkandung dalam buah ini banyak! Apa saja manfaat tersebut? Berikut manfaat buah okra hijau dan merah.

Okra adalah tanaman berbunga yang dikenal dengan polong biji yang dapat dimakan. Okra atau biasa disebut lady's finger mempunyai 2 jenis yaitu okra hijau dan okra merah. Secara biologis diklasifikasikan sebagai buah, dan umumnya digunakan seperti sayur dalam masakan.

Okra memiliki tekstur berlendir yang bagi sebagian orang dianggap tidak menarik. Tetapi, buah okra ini mengandung nutrisi yang cukup banyak dan bermanfaat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat okra yang dapat dirasakan setelah mengonsumsinya. 

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Okra

okra © Diadona

Manfaat buah okra tentu banyak karena nutrisi yang terkandung. Pada setiap 100 gr buah okra mentah mengandung 33 kalori, 7 gr karbohidrat, 2 gr protein, 0 gr lemak, 3 gr serat, 14% dari nilai harian (DV) magnesium, 15% dari DV folat, 14% vitamin A dari DV, 26% dari DV vitamin C, 26% dari DV vitamin K, 14% dari DV vitamin B6. Dan berikut adalah manfaat buah okra.

1. Mengandung antioksidan bermanfaat

Buah okra kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit serius, mencegah peradangan, dan berkontribusi bagi kesehatan secara keseluruhan. Terutama, mengandung polifenol yang dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung dan otak.

2. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat okra selanjtunya adalah dapat mengikat kolesterol dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol darah. Ini juga kaya akan polifenol, yang memerangi peradangan berbahaya dan melindungi jantung.

3. Memiliki sifat antikanker

Okra mengandung protein yang disebut lektin, yang sedang dipelajari untuk perannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

4. Menurunkan gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak okra atau okra dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat mengganggu obat diabetes yang umum. Okra dapat mengganggu metformin, obat diabetes yang umum. Karena itu, makan okra tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan obat ini.

5. Bermanfaat untuk ibu hamil

Manfaat okra selanjutnya adalah dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan folat harian mereka. Folat penting untuk mencegah cacat tabung saraf.

6. Dapat ditambahkan ke menu dietmu

Manfaat okra ini bisa kamu rasakan jika kamu konsumsi dan tambahkan dalam menu dietmu untuk mempermudah dan memaksimalkan manfaatnya. Okra biasanya digunakan dalam sup dan semur. Okra mengandung lendir, zat kental yang menjadi bergetah ketika dipanaskan. Untuk menghindari berlendir okra, ikuti teknik memasak sederhana berikut ini:

- Masak okra dengan api besar.
- Hindari memenuhi panci atau wajanmu, karena ini akan mengurangi panas dan menyebabkan berlendir.
- Pengawetan okra dapat mengurangi faktor lendir. Simpan okra dalam lemari es selama 4 hari sebelum dimasak.
- Memasaknya dalam saus tomat akan mengurangi lendirnya.
- Cukup iris dan panggang okra di oven.
- Panggang sampai agak hangus.

2 dari 4 halaman

Manfaat Okra Untuk Kesehatan

okra © Diadona

Tanaman yang umumnya tumbuh di iklim tropis ini mulai bermuculan budidayanya di Indonesia. Hal ini karena manfaat okra untuk kesehatan juga banyak dimanfaatkan. Berikut adalah manfaat tersebut.

1. Mengurangi asma

Okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan yang membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

2. Menurunkan kolesterol

Serat larut yang ada dalam okra akan membantu menurunkan kolesterol yang pada gilirannya bisa mengurangi aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menguatkan tulang

Manfaat okra selanjutnya adalah menguatkan tulang. Okra tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan mata

Okra kaya beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah gangguan fungsi ginjal

Manfaat okra untuk tubuh adalah dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Kamu bisa mengonsumsi okra secara teratur untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan dalam okra dapat menghalangi terjadinya masalah pada fungsi ginjal kamu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Okra Hijau

okra © Diadona

Buah okra hijau ini dapat dijumpai di supermarket. Ukuran sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Nutrisi yang terkandung juga cukup bermanfaat bagi kesehatan yang diantaranya.

1. Mengobati diabetes

Manfaat okra untuk diabetes adalah sebagai bahan alami untuk mencegah penyakit diabetes serta menurunkan kadar gula darah. Okra mengandung serat yang dapat mengendalikan indeks glikemiks atau kadar gula.

Selain itu serat dalam okra juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kamu bisa mengonsumsi okra sebanyak 6-8 setiap hari untuk menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

2. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat okra hijau adalah untuk menjaga sistem pencernaan. Okra adalah sayuran yang kaya dengan serat alami untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

Selain itu manfaat lendir okra bisa kamu gunakan untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Lendir okra dapat menjadi obat pencahar alami untuk membuat pergerakan usus semakin efektif.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat okra hijau untuk tubuh adalah dapat membantu menurunkan kolesterol.  Okra mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol sehingga tubuh dapat terhindar dari masalah penyumbatan pembulu darah.

Masalah penyumbatan pembulu darah dapat menyebabkan strok dan penyakit jantung. Sehingga untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mengonsumsi okra secara rutin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Okra Merah

okra merah © Diadona

Yang membedakan dengan okra hijau dari okra merah ini adalah warna yang terlihat. Namun, manfaat okra merah yang terkandung tentu juga tidak boleh diremehkan. Buah okra merah ini mempunyai manfaat untuk rambut juga. Berikut manfaat okra merah yang harus kamu ketahui.

1. Menguatkan tulang

Manfaat okra merah adalah untuk menguatkan tulang. Okra banyak mengandung vitamin K yang dapat menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Vitamin K dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik.

Selain itu okra juga mengandung folat yang dapat mencegah osteoporosis. Kamu bisa mengonsumsi okra secara rutin untuk menjaga kesehatan tulangmu.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat okra merah adalah untuk menjaga kesehatan mata. Okra mengandung lutein, beta karoten, dan xanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumi okra secara rutin maka mata kamu akan terhindar dari masalah mata.

3. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat okra merah adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Banyak yang menyebutkan bahwa okra adalah tanaman obat yang dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K pada okra dapat membuat rambut lebih berkilau. Selain itu okra juga dapat mencegah ketombe dan menjaga kelembapan kulit kepala.

Cara mengambil manfaat okra untuk kesehatan rambut adalah dengan menjadikannya sebagai kondisioner. Cara membuat kondisioner ini cukup mudah, masukkan delapan buah okra yang sudah dipotong dan dicuci bersih ke dalam air. Lalu, panaskan di atas kompor hingga campuran menjadi kental dan lengket.
Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau aroma lain sesuai selera.

Jangan lupa tambahkan sedikit perasan lemon dan madu, lalu dinginkan. Setelah ramuan dingin, saring dan siap digunakan. Untuk mengaplikasikannya, cukup mengoleskan kondisioner ini pada rambut yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan sampo dari akar hingga ujung rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Apakah kamu sudah pernah memanfaatkan okra sebelumnya? Bagaimana menurutmu? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar