Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang atau Chawan Mushi, Praktis, Super Lembut, dan Nikmat Banget

Reporter : Arifina
Senin, 22 Januari 2024 19:07
Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang atau Chawan Mushi, Praktis, Super Lembut, dan Nikmat Banget
Ternyata membuat telur kukus ala Jepang yang super lembut itu tidak susah lho!

Cara membuat telur kukus ala Jepang atau chawan mushi ternyata cukup mudah. Telur kukus yang satu ini tidak hanya berupa hidangan dengan cita rasa yang lezat, tetapi juga menampilkan kecantikan dalam penyajiannya.

Chawan mushi dikenal sebagai salah satu masakan khas Jepang yang memiliki tekstur lembut dan creamy. Olahan makanan telur ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan.

Penyajian chawan mushi sering ditambahkan dengan topping seperti crab stick, jamur, hingga ikan. Namun, versi sederhananya sajian ini hanya terdiri dari telur dan kaldu.

1 dari 9 halaman

Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang © Diadona

Sesuai dengan nama makanannya, bahan utama dalam membuat menu masakan Jepang satu ini adalah telur. Kemudian, kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti kaldu ayam, kecap asin, maupun jamur.

Makanan ini juga tinggi protein dan sangat cocok disajikan untuk berbagai kalangan. Termasuk, untuk MPASI (makanan pendamping ASI) karena teksturnya yang lembut.

Cara pembuatan olahan telur ni juga cukup praktis dan tidak begitu memakan waktu. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal agar hasilnya lembut dan creamy sempurna.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara membuat telur kukus ala Jepang yang bisa kamu jadikan referensi!

2 dari 9 halaman

Pastikan Menyiapkan Bahan-Bahan dan Alat dengan Tepat

Bahan - Bahan:

  • 100 gram udang jerbung kecil (kupas, sisakan bagian ekornya)
  • 1 buah jamur shitake kering (rendam dalam air, iris tipis-tipis)
  • 2 butir telur
  • 300 ml kaldu dari 10 gram bonito flake (bisa ganti bubuk dashi) dan 350 ml air yang direbus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt light soy sauce
  • 1/2 sdt mirin (ganti gula untuk versi halal)

Sebelum memulai memasak telur kukus ala Jepang, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan tepat. Tambahkan juga bahan lain yang bisa kamu jadikan sebagai topping untuk menggugah selera makan.

Topping yang biasa digunakan dalam olahan menu masakan satu ini seperti udang, jamur, hingga kacang polong. Kamu bisa menyesuaikan tambahan topping ini sesuai selera yang diinginkan ya.

Selain itu, perlu juga menyiapkan beberapa alat masak untuk mengukus telurnya. Untuk menghasilkan cita rasa yang lebih gurih kamu bisa memilih jenis telur ayam kampung ya!

3 dari 9 halaman

Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang

Rebus Udang Terlebih Dahulu

Rebus udang dengan 100 ml air, lakukan proses perebusan ini dengan lalu menambahkan 1/4 sendok teh garam. Rebus udang sampai ada perubahan warna.

Penambahan garam ini untuk memberikan aroma ras gurih pada udang sebelum dicampurkan ppada olahan telur kukus yang akan dibuat.

Setelah itu, angkat dan  tiriskan terlebih dahulu. Baru selanjutnya, kupas kulit udang dengan hati-hati sampai semuanya bersih. Sisakan bagian ekornya.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Proses Pengocokan Telur

Salah satu kunci untuk menghasilkan masakan telur kukus ala Jepang dengan sempurna adalah pada proses pengocokan telur. Nah, biasanya untuk satu porsi masakan kamu akan membutuhkan 2-4 butir telur.

Campurkan semua telur lalu mulailah mengocoknya secara lembut dan merata. Perhatikan, dan jangan terlalu lama mengocok telur agar tidak menghasilkan busa.

Kemudian, tambahkan bumbu-bumbu yang diperlukan dan terus kocok perlahan. Proses pengocokan ini cukup dilakukan hingga bagian kuning dan bagian putih telur tercampur secara merata saja ya.

5 dari 9 halaman

Beri Tambahan Air

Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang © Diadona

Dalam proses pengocokan telur, diperlukan penambahan air. Namun, air tidak bisa serta merta asal dimasukkan ke dalam kocokan telur.

Secara umum, gunakan perbandingan satu telur dengan satu sendok makan air. Ini untuk mendapatkan hasil akhir olahan telur kukus yang baik.

Karena itu, jika kamu menggunakan 2 butir telur maka air yang perlu ditambahkan dalam proses pengocokan sebanyak dua sendok makan. Begitupula seterusnya, tergantung pada berapa banyak jumlah telur yang dipakai.

Penambahan air ini perlu dilakukan untuk memberikan kelembutan pada tekstur telur kukus. Sehingga, hasilnya akan lumer dimulut dengan sempurna.

6 dari 9 halaman

Lakukan Penyaringan

Proses selanjutnya, setelah pengocokan selesai masuk ke tahapan penyaringan. Jadi, saring campuran telur yang sudah dikocok ke dalam wadah lainnya untuk dikukus.

Sebelumnya, pastikan wadah yang akan dikukus telah diisi dengan jamur dan udang. Lakukan proses penyaringan telur ini dengan perlahan. Proses penyaringan ini perlu dilakukan guna menghilangkan ampas pada hasil kocokan telur.

Dengan cara tersebut, dijamin tekstur telur yang dihasilkan nantinya akan lebih halus dan super lembut. Setelah proses ini kamu bisa menatanya dengan penambahan topping yang diinginkan.

7 dari 9 halaman

Kukus Telur dengan Tepat

Tahapan pengukusan telur perlu diperhatikan dengan benar. Langkahnya, panaskan dulu alat kukusan lalu masukkan telur ke dalamnya.

Proses pengukusan ini tak memerlukan waktu yang lama, cukup tunggu 10-15 menit saja hingga telur matang. Kukus telur hanya menggunakan api kecil, ini untuk memastikan telur yang dikukus matang dengan merata di bagian luar dan dalamnya. Sehingga akan lembut sempurna saat disantap.

Penggunaan api besar juga tidak disarankan, karena justru akan menjadikan permukaan chawan mushi keriput. Mengukus telur terlalu lama juga akan membuat bagian atasnya berair.

8 dari 9 halaman

Sajikan dengan Hiasan dan Saus

Cara Membuat Telur Kukus Ala Jepang © Diadona

Usai proses pengukusan, kamu bisa menyajikan telur kukus ala Jepang dengan hiasan ataupun saus. Kamu bisa mengeluarkan dari wadah untuk dipotong-potong, ataupun tetap dalam wadah itu sendiri dan langsung diberi garnish.

Beri hiasan atasnya dengan nori agar rasanya semakin nikmat disantap. Sajikan juga telur kukus ala Jepang ini dengan saus kedelai atau kecap asin.

Itulah cara membuat telur kukus ala Jepang yang praktis dan super lembut. Kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah dengan mudah lho! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar