Cara Membuat Putu Ayu Kukus Sederhana dan Tipsnya agar Kue Lembut dan Enak

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 20 Oktober 2022 07:20
Cara Membuat Putu Ayu Kukus Sederhana dan Tipsnya agar Kue Lembut dan Enak
Sajikan cemilan sehat keluarga dengan makanan khas indonesia yang enak banget. Langsung saja ikuti langkah-langkah cara membuat putu ayu di bawah ini.

Bagi kamu yang menyukai jajanan tradisional, pasti tak asing dengan jajanan putu ayu. Putu ayu atau putri ayu ini memiliki ciri khas tekstur empuk dan lembut. Saking favoritnya jajanan ini, banyak orang yang ingin tau cara membuat putu ayu

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Jajanan yang mirip seperti bolu ini dimasak dengan cara dikukus. Putu ayu bisa menjadi pilihan cemilan yang bisa kamu santap saat santai. Penasaran cara membuatnya? Berikut Diadona kumpulkan informasi cara membuat putu ayu dengan mudah.

 

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Putu Ayu Kukus Sederhana

Cara Membuat Putu Ayu Kukus Sederhana © Diadona

Untuk membuat jajanan ini, kamu hanya memerlukan sedikit bahan. Bahan – bahannya pun mudah didapat serta harganya terjangkau. Cara membuat putu ayu sangat mudah, bahkan pemula bisa mencobanya. Dikutip dari Kompas.com, berikut resep lengkap Putu Ayu.

Bahan:

  • 1 sendok teh pewarna hijau
  • 1 sendok makan pasta pandan
  • Kelapa muda parut (diberi sedikit garam dan dikukus)
  • 100ml santan (direbus)
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh cake emulsifier (SP)
  • 125 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 2 butir telur

Cara membuat putu ayu:

  • Pertama – tama, sediakan wadah lalu campurkan dahulu telur, gula pasir, garam, vanili bubuk dan cake emulsifier. Dengan menggunakan mixer, kocok adonan hingga mengembang. Baru setelah itu masukan tepung terigu dan aduk Kembali hingga rata.
  • Selanjutnya, campurkan santan, pasta pandan, serta pewarna makanan (hijau). Aduk Kembali hingga adonan tercampur rata.
  • Setelah itu, sediakan cetak putu ayu, lalu taburkan parutan kelapa yang sudah dikukus tadi di bagian paling bawah.
  • Tuangkan adonan kedalam cetakan kurang lebih 1 sdm. Kemudian kukus adonan kurang lebih 10 sampai 25 hingga matang.
  • Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

2 dari 3 halaman

Makna dan Sejarah Kue Putu

Jika kalian masih bingung apakah kue putu makanan tradisional atau bukan. Jawabannya adalah iya, kue putu adalah kue tradisional dari Indonesia.

Secara etimologi, istilah putu ini berasal dari Bahasa jawa yaitu “ Puthu” yang berarti “ bundar” atau “ lingkaran”. Istilah ini bisa merujuk pada proses pembuatan putu bambu yang menggunakan rongga buluh bambu dalam pembuatannya.

Pada masyarakat bali, “ putu” dikenal dengan nama keluarga yang berasal dari non bangsawan dan berkasta sudra. Nah, kasta sudra ini biasanya bekerja sebagai pedagang atau penjual makanan.

Dari istilah tersebut, diperkirakan jika kue putu berangkat dari istilah tersebut yang bermakna “ kue yang dijual oleh putu”.

Sejarahnya, kue putu dimulai sekitar tahun 1630 di Desa Wanamarta, Jawa Timur. Pada naskah tersebut diceritakan jika istilah putu muncul saat Ki Bayi Panurta meminta santrinya untuk menyediakan sarapan. Dan pada sarapan tersebut terdapat salah satu hidangan kue putu.

Dan ada banyak lagi sejarah kemunculan kue putu ini yang dicatat dalam sejarah. Jadi tak heran jika kue putu ini diminati banyak orang. Selain rasanya yang enak, maknanya dan sejarahnya pun sangat menarik.

Kamu bisa mengikuti resep diatas jika ingin belajar cara membuat kue putu. Kamu bisa memberikannya pada orang – orang terdekatmu. 

3 dari 3 halaman

Tips Cara Membuat Putu Ayu

Tips Cara Membuat Putu Ayu © Diadona

Masih banyak orang yang tidak mengetahui kenapa kue putu bisa menjadi bantat. Padahal cara membuat putu ayu sangat mudah.

Untuk membuat putu ayu bisa bertekstur lembut, kamu harus mengocok telur hingga benar – benar mengembang sebelum dimasukkan bahan lain. 

Salah satu hal yang membuat telur menjadi bantat adalah memasukkan bahan lain sebelum telur benar – benar mengembang. Akibatnya adonan menjadi menumpuk dan adonan putu ayu tidak sempurna.

Untuk berapa lama proses mengocok telur, sebenarnya berbeda – beda pada setiap kasus. Suhu ruangan menjadi pendukung juga bagi waktu mengembang telur.

Itulah cara membuat putu ayu kukus sederhana yang lembut dan enak. Kamu bisa mencobanya di rumah. Selain rasanya yang enak, putu ayu juga sarat akan makna serta sejarahnya yang Panjang. Bagaimana? Tertarik untuk belajar resepnya? Ikuti juga informasi lain seputar resep masakan di diadona.id

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar