Cara Membuat Onion Ring ala Kfc Crispy Sederhana dengan Tepung Roti Rasa Keju

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 14 Mei 2020 02:02
Cara Membuat Onion Ring ala Kfc Crispy Sederhana dengan Tepung Roti Rasa Keju
Resep cara membuat onion ring ini bisa Moms praktikkan di rumah. Moms bisa menggunakan teung roti dan bahan keju agar semakin lezat.

Cara membuat onion ring ini sangatlah mudah Moms. Cukup menggunakan bahan bawang bobbay yang dipotog melingkar dengan dibaluri dengan tepung bumbu, telur, dan telur. Rasa crispy akan dihasilkan dengan merendam bahan bawang bombay terlebih dahulu di dalam air es. Onion ring ini sangat cocok dinikmati sebagai menu camilan keluarga.

Onion ring merupakan salah satu hidangan pembuka yang umum ditemukan di Amerika Serikat, kanada, dan beberapa belahan Asi, Eropa dan Amerika Latin. Nah, hidangan ini terdiri dari bentuk cincin yang dicampur mentega atau tepung roti kemudian digoreng. Resep bawang bombang yang dicelup susu dan kemudian dicampur tepung dan digoreng ini, muncul dalam iklan tahun 1933 untuk Crisco dalam The New York Times Magazine.

Moms harus mencoba membuat olahan onio ring ini di rumah. Dijamin akan disukai semua anggota keluarga. Daripada bingung ingin memakan camilan di luar sana, mending buat sendiri olahan kekinian ala kafe terkenal dengan melihat resep cara membuat onion ring ala Kfc crispy sederhana dengan tepung roti rasa keju yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Onion Ring Kfc Crispy

Cara Membuat Onion Ring © Diadona

Onion ring biasanya ditemui dan menjadi salah satu menu camilan kafe-kafe terkenal masa kini. Mom juga bisa loh membuat camilan onion ring ala Kfc yang crispy di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat onion ring berikut ini.

Bahan cara membuat onion ring Kfc crispy:
- 1 buah bawang bombay ukuran besar
- 2 cangkir tepung terigu
- 2 sdm tepung maizena
- Kaldu bubuk secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Tepung roti secukupnya
- Air es secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat onion ring Kfc crispy:

a. Iris bentuk lingkaran bahan bawang bombay kemudian lepas satu persatu hasil potongan tadi. Rendam bawang bombay potong dengan air es selama 15 menit.

b. Sambil menunggu bawang bombay direndam, buat adonan kering dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, dan merica. Aduk rata bahan kering dan sisihkan dulu.

c. Tiriskan bawang bombay dan balurkan ke dalam adonan tepung tadi, setelah dibalur, letakkan dulu dalam wadah.

d. Buat adonan basahnya dengan cara masukkan air es ke dalam adonan kering dan aduk rata. Buat adonan dengan tekstur sedang, yaitu tidak kental juga tidak encer.

e. Celupkan bawang bombay ke dalam adonan basah dan balur menggunakan bahan tepung roti.

f. Goreng bawang bombay hingga berwarna kecoklatan. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong serta bisa matang sempurna dan rata.

g. Cara membuat onion ring ala Kfc crispy sudah selesai dan siap untuk disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Onion Ring Sederhana dengan Tepung Roti

Cara Membuat Onion Ring © Diadona

Onion ring akan semakin enak dengan tektur crispy yang garing ketika diolah dan digoreng menggunakan bahan tepung roti. Selengkapnya, yuk simak saja langsung resep cara membuat onion ring sederhana dengan tepung roti berikut ini.

Bahan cara membuat onion ring sederhana dengan tepung roti:
- 3 buah bawang bombay ukuran sedang
- 250 gram tepung terigu
- 2 butir telur
- 1 bungkus tepung roti
- Garam dan lada secukupnya
- 1/2 sdt baking powder
- Penyedap rasa
- Minyak secekupnya untuk menggoreng
- Air dingin untuk merendam

Cara membuat onion ring sederhana dengan tepung roti:

a. Kupas dan iris bawang bombay, rendam dalam air es selama 5-10 menit.

b. Siapkan wadah untuk tepung terigunya. Beri garam, lada, baking powder, dan penyedap rasa kemudian aduk rata bahan tepung ini.

c. Ambil sepotong bawang bombay yang telah direndam air dingin, baluri dengan tepung dan gunakan sendok untuk mempermudah proses ini.

d. Celupkan bawang bombay tadi ke dalam kocokan telur. Pindahkan lagi ke dalam bahan tepung kering, balur lagi ke kocokan telur dan ke tepung roti.

e. Lakukan hal ini hingga semua bahan bawang bombay habis. Simpan di dalam freezer atau bisa langsung digoreng. Goreng hingga coklat keemasan, angkat dan tiriskan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Onion Ring Keju

Cara Membuat Onion Ring © Diadona

Sajian camilan kekinian ala kafe kini bisa dinikmati di rumah. Daipada gabut dan bengong, mending buat saja camilan dengan resep cara membuat onion ring rasa keju beriku ini. Bahan kejunya bikib melted maksimal!

Bahan cara membuat onion ring keju:
- 2 buah bawang bombai jumbo
- 1 bungkus keju mozzarela quick melt
- 1 bungkus tepung serbaguna
- 1 bungkus tepung panir
- 2 butir telur
- Saos sesuai selera
- Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat onion ring keju:

a. Kupas dan potong bawang bombay, pisahkan menjadi potongan ring. Masukkan parutan keju ke sela sela bawang bombay kemudian simpan dulu di dalam freezer selama 30 menit.

b. Siapkan tepung sajiku, tepung roti, dan kocokan telur. Celupkan bahan bawang bombay ke dalam tepung sajiku, telur, dan terakhir tepung roti.

c. Goreng menggunakan api kecil hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Onion ring keju siap disajikan.

Itulah tadi beberapa resep cara membuat onion ring ala Kfc crispy sederhana dengan tepung roti rasa keju. Dijamin pasti Moms dan semua anggota keluarga akan suka. Yuk, segera persiapkan bahannya, ya.

Beri Komentar