Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Akibat Cabai, Cuma Butuh 6 Bahan Ini!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 20 November 2020 17:20
Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Akibat Cabai, Cuma Butuh 6 Bahan Ini!
Sensasi panas di tangan atau "wedangen" sering terjadi setelah kita menyentuh sambal atau cabai.

Sambal adalah salah satu makanan yang sering kita jumpai di dapur. Sensasi pedas di mulut dan rasa sedapnya ini membuat sambal menjadi pelengkap yang pas untuk menambah nafsu makan. Sambal cocok dipadukan bersama nasi panas dan lalapan bersama lauk-lauk lainnya.

Biasanya, setelah kita membuat atau menyantap sambal menggunakan tangan, sensasi pedas di tangan akan terasa sampai berjam-jam. Padahal kita udah cuci tangan sedemikian rupa. Tentu saja sensasi panas ini sangat mengganggu.

Lalu, gimana sih cara menghilangkan rasa panas di tangan akibat sambal atau Wedangen ini? Melansir darib berbagai sumber, ternyata hanya dengan bahan-bahan sederhana ini, kamu bisa menghilangkan sensasi panas di tanganmu setelah makan cabai. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 7 halaman

1. Minyak Zaitun atau Minyak Goreng

Ilustrasi Minyak Zaitun © Diadona

Minyak Zaitun dan Minyak Goreng, ternyata bisa melarutkan sisa-sisa minyak cabai yang panas dan menyebabkan sensasi terbakar. Gosok area yang terkena cabai dengan sedikit minyak untuk membantu meredakan rasa panas.

Ada juga yang mengatakan, sebelum mengolah atau memegang cabai, kamu bisa mengoleskan minyak pada tangan terlebih dahulu.

2 dari 7 halaman

Susu

Ilustrasi Susu © Diadona

Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai, kamu juga bisa menggunakan susu. Senyawa alami yang ada dalam susu ini ternyata bisa menetralkan dan menghilangkan rasa panas secara instan.

3 dari 7 halaman

3. Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring © Diadona

Kamu juga bisa menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai degnan sabun cuci piring. Caranya cukup mudah dan sederhana. Oleskan sabun cuci piring pada tangan, gosok sampai berbusa, lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 7 halaman

4. Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Baking Soda dipercaya juga bisa mengurangi rasa panas di tangan akibat cabai. Kamu bisa membuat campuran baking soda dan air, lalu oleskan pada seluruh permukaan tangan hingga rata. Lalu diamkan hingga mengering, dan, bilas dengan air bersih.

5 dari 7 halaman

5. Air Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai, kamu juga bisa menggunakan garam. Caranya, campurkan 1 sdm garam degnan air hangat secukupnya. Oleskan pada permukaan sambil digosik perlahan. Lalu bilas dengan air bersih.

6 dari 7 halaman

6. Air Beras

Ilustrasi Air Beras © Diadona

Kamu juga bisa menggunakan air beras atau air tajin untuk menghilangkan sensasi panas di tangan akibat cabai atau wedangen ini. Cara yang bisa kamu lakukan adalah merendam tangan dalam air beras kurang lebih 3-5 menit sambil sesekali digosok. Kemudian bilas.

Beri Komentar