5 Tips Menjadi Perempuan Tangguh di Tempat Kerja

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 28 Januari 2020 11:11
5 Tips Menjadi Perempuan Tangguh di Tempat Kerja
Menjadi perempuan tangguh tanpa dianggap sebagai perempuan pemarah memang terkadang sulit untuk dilakukan.

Menjadi wanita tangguh terkadang tidak semudah kelihatannya. Mungkin memang benar mereka bisa melakukan semua dengan mandiri tanpa bantuan orang lain. Namun satu hal yang tidak bisa mereka atasi. Hal itu adalah anggapan banyak orang bahwa wanita tangguh cenderung memiliki sifat pemarah.

Banyak orang yang beranggapan bahwa wanita tangguh sama dengan wanita pemarah yang galak. Mitos tentang wanita pemarah di tempat kerja adalah masalah dengan konsekuensi yang nyata. Saat mereka berusaha tegas dengan pendapat mereka, mereka justru dianggap sebagai wanita yang galak.

Untuk itu, dilansir dari Today, berikut beberapa tips menjadi perempuan tangguh di tempat kerja tanpa membuat orang lain takut padamu.

1 dari 5 halaman

Melatih cara bicara

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Kamu bisa berlatih berbicara saat menghadapi situasi yang penuh dengan tekanan. Dengan melakukannya kamu akan menyadari bagaimana suaramu berubah ketika kamu berbicara di depan banyak orang. Saat menghadapi hal itu sebaiknya kamu berbicara dengan perlahan dan percaya diri. Kamu bisa menggunakan nada rendah yang memungkinkan kamu bisa berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja.

2 dari 5 halaman

Perhatikan bahasa tubuh

Ilustrasi Wanita Kerja © Diadona

Gunakan bahasa tubuh untuk menunjukkan bahwa kamu pantas dihormati. Duduk dan berdirilah dengan tegak. Jangan membungkuk.

3 dari 5 halaman

Jadilah dirimu sendiri

ilustrasi wanita kerja © Diadona

Saat kamu berbicara dengan tegas kamu harus melakukannya dengan caramu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menetapkan batas. Kamu harus mengajarkan pada orang lain bagaimana kamu ingin diperlakukan dan bagaimana anggapan mereka tentang dirimu terbentuk. Jika kamu membiarkan kemarahan menguasaimu, maka kamu hanya akan membuat orang lain terkejut dan tidak bisa menerima maksudmu dengan baik.

4 dari 5 halaman

Gunakan EQ bukan IQ

ilustrasi karir dan pekerjaan © Diadona

Orang-orang sukses tidak selalu cerdas. Mereka hanya memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang lebih tinggi. Sebagian besar kecerdasan emosional mampu mengendalikan emosi dan membaca situasi orang lain. EQ bisa membantumu menyaring pesan yang akan kamu sampaikan. Selain itu, EQ juga bisa membuatmu memilih cara terbaik untuk berbicara dengan seseorang.

5 dari 5 halaman

Menyampaikan apa yang kamu rasakan

ilustrasi karir dan pekerjaan © Diadona

Jika seseorang melanggar batasan yang kamu buat di tempat kerja, kamu bisa menghadapi mereka secara langsung. Kamu berhak untuk memberi tahu mereka bagaimana perasaan yang kamu rasakan. Jika kamu merasa marah, kamu bisa mengatakan bahwa kamu marah tanpa bertingkah marah. Dengan begitu mereka akan lebih menghormatimu.

Itulah beberapa tips menjadi perempuan tangguh di tempat kerja. Memang tidak mudah namun kamu bisa melakukannya secara bertahap. Semoga berhasil, ya!

Beri Komentar