9 Cara Membuat Pepes Ikan Mas, Patin, Nila, Teri, Tongkol, Peda, Bandeng, dan Mujair yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 27 Maret 2020 22:45
9 Cara Membuat Pepes Ikan Mas, Patin, Nila, Teri, Tongkol, Peda, Bandeng, dan Mujair yang Enak
Bosan dengan olahan ikan yang digoreng biasa terus? Mending dibuat pepes deh. Aroma rempah dan daun pisangnya sedap, dijamin kamu pasti suka!

Bingung membuat olahan ikan? Bosan dengan ikan yang digoreng saja? Nggak bakal deh kamu bosan jika mengolahnya dengan cara dibuat pepes berikut ini. Yap, pepes sendiri merupakan cara mengolah bahan makanan di Jawa Barat dengan bantuan daun pisang sebagai pembungkusnya. Dengan bahan bumbu dan rempah yang dihaluskan dan ditambahah pula dengan bahan kemangi, tomat, dan cabe yang dibalut dengan ikan yang sudah dibersihkan. Kamu akan menikmati sensasi hidangan lezat apalagi dimakan dengan nasi putih hangat.

Nah, nggak perlu bingung lagi. Kamu bisa banget membuat olahan resep cara membuat pepes ikan ini di rumah. Dijamin kamu akan suka deh. Cara membuatnya pun sangatlah mudah dan pas banget sebagai pilihan salah satu ativitas menyenangkan dalam masa karantina diri untuk menekan penyebaran COVID-19. Yuk bergegas dan nggak boleh mager untuk berkreasi di dapur dengan resep kuliner nusantara cara membuat pepes ikan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Pepes Ikan Mas

Ilustrasi Pepes Ikan Mas © Diadona

Olahan pepes ikan pertama yang bisa banget kamu buat di rumah adalah pepes ikan mas yang gurih ini. Tenang, nggak perlu dibikin ribet, Aroma pepesnya sangat sedap dengan bumbu rempah dan daun pisangnya yang khas. Tenang, nggak perlu dibikin ribet, yuk langsung saja deh praktikkan sendiri di dapur dengan resep lezat cara membuat pepes ikan mas berikut ini. Dijamin kamu dan keluarga akan ketagihan.

Bahan:
- 1 kg ikan mas, ukuran sedang
- 5 lembar daun pisang, panggang
- 15 buah cabe merah keriting
- 10 buah cabe rawit
- 6 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 1 ruas kunyit
- 3 lembar daun salam
- 1 batang serai, potong menjadi 3 bagian
- Secukupnya daun kemangi
- Secukupnya minyak sayur untuk belender bumbu
- Secukupnya bahan garam, gula putih, dan kaldu bubuk

Bumbu halus:
- Cabe merah keriting
- Cabe rawit
- Bawang merah
- Bawang putih
- Kemiri
- Kunyit

Cara membuat pepes ikan mas:

  1. Bersihkan ikan mas dan potong menjadi 3 bagian. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah, masukkan juga ikan, beri daun salam dan batang serai yang digeprek. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk.
  2. Siapkan daun pisang, lalu bungkus ikan mas, beri cabe rawit utuh di atasnya. Tutup ujung daun pisang dengan tusukan gigi agar rapi dan tidak tumpah.Kukus pepes ikan dalam panci yang panas hingga matang.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Pepes Ikan Patin

Ilustrasi Pepes Ikan Patin © Diadona

Selain menggunakan bahan ikan mas, kamu juga bisa membuat pepes dengan bahan ikan patin. Ikan patin merupakan ikan dengan kandungan gizi yang lebih banyak dibanding dengan ikan tawar lainnya karena kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu ikan patin juga kaya akan protein dan gizi yang baik untuk tubuh. Nah, nggak perlu ribet deh. Yuk langsung saja berkreasi di dapur dengan resep cara membuat pepes ikan patin berikut ini.

Bahan:
- 2 kg ikan patin, potong agak tipis
- 2 buah jeruk nipis
- 3 buah tomat, iris tipis-tipis
- 5 batang serai diiris vertikal
- 7 lembar daun jeruk
- 5 lembar daun salam
- 2-3 cm lengkuas
- 4 ikat daun kemangi
- Secukupnya cabai rawit merah utuh
- 6 lembar daun pisang atau secukupnya

Bumbu halus:
- 19 siung bawang merah
- 17 siung bawang putih
- 1/4 kg cabai merah besar
- 25 buah cabai rawit merah
- 18 butir kemiri, goreng dulu
- 5 ruas kunyit, bakar lalu dikupas
- 7 sdt garam
- 4 sdt gula pasir atau gula jawa

Cara membuat pepes ikan patin:

  1. Cuci bersih ikan dan rendam dalam perasan air jeruk nipis dengan 3 sdt garam. Diamkan selama 30 menit agar bau amis hilang.
  2. Haluskan bumbu halus, siapkan bumbu tambahan seperti daun salam, lengkuas, tomat, serai, daun jeruk, dan cabai rawit merah. Campur bumbu halus dengan kemangi, aduk hingga rata.
  3. Siapkan daun pisang untuk membungkus ikan. Ambil 1 sdm bumbu halus yang sudah dicampur kemangi sebagai dasar di daun pisang, letakkan ikan di atasnya, ambil 1 irisan tomat, 1 lembar daun salam yang sudah dipotong, 1 lembar daun jeruk yang sudah dipotong, lengkuas, serai 2 iris, dan 3 buah cabai rawit merah. Ambil 1 sendok makan bumbu halus untuk lapisan atas. Tutup daun pisang dan bungkus dan menutupnya dengan bantuan lidi atau tusuk gigi.
  4. Kukus selama 1 jam di dalam kukusan dengan api sedang. Tunggu sampai matang, lalu tiriskan. Panggang di atas teflon atau bara api hingga daun pisang kering dan sedikit gosong. Pepes ikan patin siap dihidangkan.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Pepes Ikan Nila

Ilustrasi Pepes Ikan Nila © Diadona

Siapa sih yang asing dengan ikan nila segar ini? Pastinya kamu sudah tahu dong kalau ikan nila merupakan salah satu sumber protein hewani yang sering dikonsumsi karena ekonomis dan mudah untuk dikembangbiakkan. Jika biasanya kamu mengolahnya dengan cara digoreng dan dibumbu biasa, maka kamu harus mencoba varian baru biar nggak bosan. Yap, buat saja pepes ikan nila yang enak dan nggak ribet. Dijamin kamu dan keluarga akan suka. Langsung saja simak resep lezat anti ribet cara membuat pepes ikan nila di bawah ini.

Bahan:
- 2 ekor ikan nila
- Secukupnya garam
- 1 buah perasan air jeruk nipis dari
- 10 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah keriting
- 5 butir kemiri
- 1 ikat daun kemangi
- 2 batang serai
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- Secukupnya daun pisang
- Secukupnya kaldu bubuk
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- Secukupnya minyak goreng
- 2 buah tomat

Cara membuat pepes ikan nila:

  1. Beri air jeruk nipis dan garam pada ikan, aduk rata dan sisihkan, diamkan selama 15 menit. Blender bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, jahe, kunyit dan beri sedikit minyak.
  2. Tumis bumbu haluskan hingga wangi. Tambahkan ikan dan masak hinga matang. Matikan kompor, masukkan potongan tomat, daun kemangi, daun bawang dan sereh, aduk rata.
  3. Siapkan daun pisang. Taruh ikan, beri bumbu, kemudian bungkus dan tutup dengan tusukan. Panggang di atas api kecil selama kurang lebih 1 jam sampai wangi dan bumbu kering.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Pepes Ikan Teri

Ilustrasi Pepes Ikan Teri © Diadona

Ikan teri basah ini juga bisa kamu olah dengan cara dibuat pepes.  Kandungan omega 3 pada ikan teri ini cukup tingi loh. Nah, omega 3 ini sendiri merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk jantung karena mampu menghambat penggumpalan darah yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Nggak perlu bingung, langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat pepes ikan teri berikut ini. Selamat berkreasi!

Bahan:
- 500 gram ikan teri basah
- 1 buah tomat
- 2 ikat kecil daun kemangi
- Secukupnya daun pisang
- Secukupnya tusuk gigi

Bumbu halus:
- 3 buah cabe rawit merah
- 3 siung bawang Putih
- 5 siung bawang Merah
- 7 buah kemiri sangrai
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- Secukupnya garam, gula pasir, dan kaldu bubuk

Cara membuat pepes ikan teri:

  1. Bersihan ikan teri buang bagian kepala dan kotoran perutnya lalu cuci hingga bersih. Haluskan bumbu lalu potong kecil buah tomat dan siangi kemangi.
  2. Campurkan semua bahan lalu aduk rata, tes rasa sesuai selera yang diinginkan. Siapkan 2 lembar daun pisang, lalu isi 2-3 sdm adonan pepes, bungkus rapi lalu semat dgn tusuk gigi. Lakukan hingga adonan pepes habis.
  3. Panaskan kukusan kemudian kukus pepes selama 30 menit. Biarkan dingin lalu panggang pepes yang telah dikukus hingga daun mengering dan berubah warna hingga aroma daun keluar.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol

Ilustrasi Pepes Ikan Tongkol © Diadona

Ikan tongkol yang biasanya diolah dengan digoreng dadakan ini juga bisa kamu buat sajian pepes yang nikmat. Bumbu rempahnya akan semakin berasa dengan mengolahnya menjadi pepes dalam bungkusan daun pisang. Kamu pasti akan suka, simak saja langsung resep cara membuat pepes ikan tongkol berikut ini.

Bahan:
- 1 kg ikan tongkol, potong
- 4 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 3 batang sereh, potong jadi 2 bagian lalu geprek
- 2 buah tomat, potong kasar
- Secukupnya cabe kecil utuh
- Secukupnya garam
- Gula
- Minyak goreng

Bumbu halus:
- 12 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 6 butir kemiri
- 6 buah cabe merah besar
- 1 ruas kunyit

Pelengkap:
- Secukupnya daun pisang
- Lidi

Cara membuat pepes ikan tongkol:

  1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan sereh hingga bumbu wangi dan matang, beri gula dan garam aduk rata. Lumuri ikan dengan bumbu yang ditumis tadi.
  2. Siapkan daun pisang, beri 2 potong ikan dan bumbunya, sereh, potongan tomat dan cabe utuh. Gulung daun dan sematkan lidi pada ujungnya.
  3. Panaskan kukusan lalu kukus pepes hingga matang, setelah dikukus bisa dibakar di atas teflon sebentar. Pepes siap disajikan.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Pepes Ikan Peda

Ilustrasi Pepes Ikan Peda © Diadona

Sebagian besar penduduk Indonesia pastinya sudah tahu dengan bahan ikan asin atau peda ini. Yap, karena ekonomis, ikan ini menjadi pilihan menu bersantap dengan nasi putih dan sambal terasi yang nikmat. Tapi, kamu juga bisa loh membuat olahan pepes dengan menggunakan ikan peda asin. Kamu tentunya akan suka dan menikmati sajian dengan aroma rempah serta daun pisang ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pepes ikan berikut ini.

Bahan:

- 3 ekor ikan asin peda
- 4 ikat daun kemangi
- 2 buah tomat
- 10 buah cabe rawit merah
- Daun pisang

Bumbu halus:
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 1 ruas kunyit
- 1/2 ruas jahe
- 2 batang serai
- 6 sdm minyak goreng
- Secukupnya garam dan gula

Cara membuat pepes ikan peda:

  1. Cuci bersih ikan, haluskan bumbu, dan beri minyak lalu masukan daun kemangi, cabe rawit dan potongan tomat aduk rata. Balur ikan hingga merata dan bungkus dengan daun pisang
  2. Panaskan kukusan, lalu kukus selama 20 menit. Bakar sebentar di atas teflon atau wajan pepes setelah dikukus agar air meresap ke dalam ikan.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Pepes Ikan Bandeng

Ilustrasi Pepes Ikan Bandeng © Diadona

Kamu pastinya lebih mengenal olahan bandeng presto dengan duri yang lunak. Memang, sajian bandeng presto menjadi banyak penikmatnya alias banyak yang suka karena daging yang gurih dan lembut. Tapi, kamu juga bisa membuat olahan bandeng dengan versi yang berbeda. Yap, buat saja pepes ikan bandeng dengan bumbu rempah yang aromanya sedap. Cocok banget dinikmati dengan nasi putih hangat. Langsung saja simak resep cara membuat pepes ikan bandeng berikut ini.

Bahan:
- 1 ekor ikan bandeng ukuran sedang
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 buah kemiri
- 3 lembar daun jeruk
- 2 buah tomat
- 15 cabe keriting atau sesuai selera
- 1 cm laos
- 1 cm jahe
- 3 cm kunyit
- 2 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt micin
- 1 cm asam matang
- 2 lembar daun pisang

Cara membuat pepes ikan bandeng:

  1. Bersihkan ikan lalu belah ikan menjadi 2 lalu potong sesuai selera. Uleg semua bahan di atas, masukkan tomat dan uleg juga sampai halus. Koreksi rasa sesuai selera.
  2. Masukkan ikan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan, aduk dengan spatula hingga rata lalu bungkus menggunakan daun pisang.
  3. Panaskan kukusan, rebus selama 20-25 menit hingga daun pisang berwarna kecoklatan biar kematangannya rata.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Pepes Ikan Mas Duri Lunak

Pepes ikan mas yang satu ini bisa banget menjadi piliahan menu santap keluarga. Karena tekturnya yang lembut dengan duri lunak, membantu agar nggak bikin repot saat disantap. Yuk simak langsung resep cara membuat pepes ikan berikut ini.

Bahan:
- 2 kg ikan mas
- 2 buah jeruk nipis
- Secukupnya garam, daun pisang, dan penyedap rasa

Bumbu halus:
- 18 siung bawang merah
- 14 siung bawang putih
- 11 buah cabai merah keriting
- 4 cm jahe
- 6 cm kunyit
- 32 butir kemiri

Bumbu tambahan:
- 30 buah rawit campur
- 12 lembar daun salam
- 3 batang daun bawang, iris
- 12 batang sereh, memarkan
- 10 ikat kecil kemangi
- 2 buah tomat merah besar
- 2 buah belimbing sayur, iris

Cara membuat pepes ikan mas duri lunak:

  1. Lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis hinga ke dalam agar tidak amis berikan sedikit garam lalu diamkan selama 30 menit.
  2. Haluskan seluruh bahan bumbu halus dengan blender. Tambahkan potongan tomat merah, tomat hijau, dan daun bawang kemudian aduk rata.
  3. Tambahkan daun kemangi lalu aduk rata. Beri garam dan penyedap. Tes rasa sesuai selera.
  4. Letakkan 1 ekor ikan mas di atas daun pisang. Masukkan bumbu halus ke dalam perut ikan mas, lumuri bumbu halus pada seluruh tubuh ikan mas.
  5. Tambahkan 2 batang serai dan 2 lembar daun salam di atas dan di bawah ikan. Beri 5 buah cabai rawit campur. Bungkus ikan dan sematkan tusuk gigi di kedua ujung daun pisang. Lakukan sampai ikan habis.
  6. Siapkan panci presto, beri air secukupnya jangan sampai membasahi ikan. Beri saringan di atasnya. Masukkan ikan yang telah dibungkus. Tutup panci presto dengan rapat.
  7. Kukus selama 1 jam dengan api sedang, matikan api. Keluarkan uap panci presto kemudian keluarkan ikan, isi kembali air pada panci presto kemudian masukkan kembali saringan dan ikan. Tutup rapat, masak kembali selama 1 jam.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Pepes Ikan Mujair

Ilustrasi Pepes Ikan Mujair © Diadona

Ikan mujair merupakan salah satu ikan tawar yang juga banyak disukai karena rasa dagingnya yang gurih. Biasanya ikan mujair ini diolah dengan cara digoreng kering. Ada juga yang mengolahnya untuk sayur bersantan. Nah, kamu juga bisa loh membuat sajian pepes ikan dengan bahan mujair. Aroma bumbu rempahnya akan semakin menggoda dan dijamin kamu akan suka, nggak bakal nolak deh. Yuk simak langsung resep cara membuat pepes ikan mujair berikut ini. 

Bahan:
- 600 gram ikan mujair
- 75 gram daun kemangi
- 8 batang serai
- 8 lembar daun salam
- 10 siung bawang merah
- 5 buah cabai merah
- 1 sdm minyak goreng
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 butir kemiri
- 2 ruas kunyit
- 2 ruas jahe
- 2 ruas lengkuas
- Secukupnya garam

Cara membuat pepes ikan mujair:

  1. Cuci bersih ikan mujair, lumuri dengan garam, air asam dan minyak goreng.
  2. Lumuri juga ikan mujair tadi dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dan bagi jadi 4 bagian.
  3. Bungkus masing-masing bagian dan tambahkan 2 batang sereh, 2 lembar daun salam, bawang merah, cabai dan daun kemangi secukupnya. Kukus selama 1 jam.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat pepes ikan mas, patin, nila, teri, tongkol, peda, bandeng, dan mujair yang enak dan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Anti ribet dan tentu lezatnya bikin nagih. Bagaimana, tertarik membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan dan bumbunya, ya!

Baca juga yuk: 13 Resep Cara Membuat Ayam Penyat Kremes Sambal Ijo Yang Enak Dengan Terasi Special Super Pedas

Beri Komentar