Niatnya Biar Langsung Bersih, Ternyata Sikat Gigi setelah Makan Gak Baik lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 25 September 2021 13:27
Niatnya Biar Langsung Bersih, Ternyata Sikat Gigi setelah Makan Gak Baik lho!
Siapa nih yang sering begini, langsung sikat gigi habis makan?

Setelah makan, biasanya ada sisa makanan yang menempel di gigi. Alhasil, tak sedikit di antara kita yang mau langsung membersihkannya dengan menyikat gigi. Mungkin ya untuk menjaga penampilan karena ada gebetan~

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita dan GiginyaIlustrasi Wanita dan Giginya © Shutterstock

Namun tau nggak sih, meskipun ya menjaga penampilan itu penting, habis makan itu sebaiknya tidak langsung menyikat gigimu nih, melansir dari klikdokter.com. Sebab bisa mempercepat proses kerusakan gigi, apalagi makanannya mengandung asam yang bisa melemahkan enamel.

 

2 dari 5 halaman

Ketika makan, kadar asam meninggat, sehingga gigi pun dalam kondisi yang lemah. Ketika setelah makan langsung gosok gigi, lapisan enamel bisa terkikis dan rusak. Bahkan American Dental Association (ADA) menyebutkan bisa menyebabkan kerusakan gigi permanen dalam jangka panjang.

Bukan berarti menyikat gigi setelah makan itu tidak boleh. Hanya saja, kamu perlu memberikan waktu jeda sekitar 30-60 menit setelah makan, baru deh sikat gigi. Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi kuat dan jauh dari kerusakan.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita dan GiginyaIlustrasi Wanita dan Giginya © Shutterstock

Agar gigi lebih sehat, kamu juga bisa membersihkannya dengan dental floss atau benang gigi. Jangan lupa untuk memperbanyak air putih setelah itu. Daripada mengobati, bukan lebih baik dicegah?

 

4 dari 5 halaman

Jadi, jangan langsung sikat gigi setalah makan ya. Kalau emang maunya sikat gigi habis makan, lakukan 30-60 menit setelahnya.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar