Berwisata ke India, Hindari 6 Makanan Ini!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 19 November 2020 15:20
Berwisata ke India, Hindari 6 Makanan Ini!
India dikenal punya kuliner-kuliner yang unik. Namun, India juga dikenal karena kulinernya yang kurang higienis.

India memang menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi wisata. Selain itu, India juga terkenal dengan kulinernya. Sayangnya, beberapa kuliner India terkenal bukan karena rasanya, melainkan karena bentuknya dan cara membuatnya yang terbilang jorok.

Video-video di media sosial beberapa kali memperlihatkan sisi lain India, salah satunya adalah dari segi kulinernya. Tanpa memikirkan kebersihan, makanan-makanan tersebut diolah langsung dengan tangan yang terlihat tak sempat dibersihkan.

Oleh karena itu, ketika kamu berkunjung ke India, sebaiknya hindari makanan-makanan ini. Apa saja itu? Melansir dari The Culture Trip, berikut makanan yang perlu kamu hindari ketika berkunjung ke India.

1 dari 6 halaman

1. Golas

Golas © Diadona

Golas merupakan permen es asal India. Golas cukup populer di India. Apalagi ketika India sedang mengalami musim panas. Jika di Indonesia, Golas lebih mirip es serut. Golas biasanya dijual di pinggir jalan.

Meskipun Golas terlihat menyegarkan, namun kamu perlu menghindari minuman ini saat berkunjung ke India. Faktor kesehatan dan kebersihan yang menjadi alasannya. Air yang digunakan untuk membuat es golas tak bisa dipercaya. Batang es kemungkinan disimpan di tempat yang tak higienis. Selain itu, pewarna makanan yang digunakan juga kurang bisa dijamin standar keamanannya.

2 dari 6 halaman

2. Jus Buah

Juice di India © Diadona

Jus Buah sangat sering kita jumpai di beberapa kota di India. Sebagai pelepas dahaga, mungkin kita berpikir jus adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, hal ini tak direkomendasikan di India.

Melansir dari Culture Trip, kebanyakan pedagang kaki lima di India menggunakan air keran untuk membuat jus. Selain itu, tak ada jaminan jika buah telah dicuci dengan benar.

3 dari 6 halaman

3. Gol Gappe

Gol Gappe © Diadona

Gol Gappe adalah salah satu jajanan yang cukup digemari di India. Gol Gappe terbuat dari roti renyah goreng berukulan kecil dan berlubang. Biasanya, Gol Gappe disajikan dengan menambahkan bumbu dan air beraroma di lubang roti tersebut.

Meskipun terlihat enak, namun, air yang digunakan untuk membuat Gol Gappe di pinggir jalan tak bisa dijamin kebersihannya.

4 dari 6 halaman

4. Paan Masala

Paan Masala © Diadona

Paan masala adalah jajanan India yang dikmeas dengan kemasan berwarna cerah. Paan Masala dikenal dan dipasarkan sebagai penyegar mulut.

Sayangnya, kandungan yang ada di dalam makanan ini yang menjadi masalah. Paan Masala terdiri dari campuran pinang, tembakau, kapur mati, dan penyedap lainnya. Bahan-bahan ini membawa zat-zat yang mengandung karsinogen. Karsinogen ini konon bisa merusak DNA manusia.

5 dari 6 halaman

5. Bhut Jolokia

Bhut Jolokia © Diadona

Bhut Jolokia dikenal sebagai cabai asal India. Cabai ini dikenal sebagai cabai terpanas di dunia. Cabai inilah yang juga dibuat untuk gas air mata oleh Angkatan Darat India.

Karena rasanya yang pedas inilah, kamu perlu berhati-hati jika hendak menyantap Bhut Jolokia ini.

6 dari 6 halaman

6. Gorengan khas India

Gorengan India © Diadona

Beberapa gorengan khas India yang sering kita temui adalah Samosa, pakora, dan kachoris. Biasanya, gorengan tersebut dimasak menggunakan minyak yang dipakai kembali. Hal ini tentu sangat berdampak pada risiko beberapa penyakit seperti kardiovaskular, Alzheimer, gangguan hati dan lain sebagainya.

Beri Komentar