Berikut Daftar Influencer Kuliner Paling Berpengaruh di Platform YouTube, Siapa Saja?

Reporter : Kurnia
Selasa, 30 November 2021 17:20
Berikut Daftar Influencer Kuliner Paling Berpengaruh di Platform YouTube, Siapa Saja?
Menduduki peringkat pertama dipegang oleh MGDALENAF dengan jumlah pengunjung sampai 34 juta audience

Perkembangan media digital yang begitu cepat turut mempengaruhi keberlangsungan bisnis bagi pelaku usaha dan UMKM  termasuk keberadaan influencer di setiap media sosial menjadi sangat berpengaruh sebagai Key Opinion Leader (KOL) ataupun perkembangan bisnis kuliner.

Belakangan ini, kuliner menjadi salah satu bisnis yang paling banyak diminati dan berkembang begitu cepat. Dibalik itu semua, ada sosok influencer di berbagai platform sosial media dari YouTube hingga TikTok dan Instagram yang cukup berpengaruh terhadap laris manisnya berbagai jenis makanan.

Seperti dikutip dari laman cuisinesia.id, sebuah riset yang dilakukan menemukan top influncer kuliner paling berpengaruh di Indonesia.

1 dari 5 halaman

Top Influencer di Platform YouTube

 

Di platform sosial media YouTube, pemilik akun MGDALENAF, Nex Carlos, Hobby Makan, The Santoso dan Tanboy Kun menjadi top 5 food influencers di YouTube dengan total audience 34 juta. Artinya, kanal-kanal YouTube tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan pasar kuliner di Indonesia.

Sedangkan jumlah rata-rata viewers tertinggi dalam setiap posting yang dilakukan diraih oleh Ria SW dengan 5,037,574 views/video. Meski begitu, estimasi pendapatan bulanan terbanyak diraih oleh Tanboy Kun dengan $13.5K – $216.5K/bulan dan top upload video terbanyak diraih oleh Street Foods Village dengan total upload 1831 videos.

2 dari 5 halaman

Elemen apa saja yang diteliti?

Untuk mengetahui daftar influencers kuliner terbaik di Indonesia berdasarkan platform media sosialnya, kami mengumpulkan dan membandingkan beberapa data di bawah ini:

Jumlah Followers di Platform Instagram, YouTube dan Tik Tok.

Jumlah engagement rate dan banyaknya orang yang terinfluence pada platform instagram.

Jumlah video views dan total video upload di platform YoutUbe dan TikTok,

Estimasi pendapatan perbulan di akun YouTube (Socialblade).

Untuk riset ini kami mengumpulkan 30 top food influencers di platform media sosial Instagram, Tik Tok dan YouTube dengan jenis konten review food dan resep.

3 dari 5 halaman

Penting

Total jumlah followers di media dengan basis konten video menghasilkan lebih banyak audience yang mencapai 71 Juta pada YouTube, diikuti oleh Tik Tok 69 Juta dan  Instagram 26 Juta. 

Peringkat pertama Top influencers di lintas platform diraih oleh Tanboy Kun dengan 15,5 juta total followers. 

Sisca Kohl (Instagram & Tiktok) dan Mgdalenaf (Youtube & Instagram) masuk ke dalam Top 5 Food Influencers di 2 platform media sosial yang berbeda.

Renatta Moeloek menempati peringkat pertama dengan jumlah orang yang terpengaruh tertinggi (118,320) di Platform Instagram.

Ria SW menjadi Top 1 food influencers di media YouTube dengan rata-rata views/video mencapai 5 Juta melebihi subscriber yang dimilikinya yakni 3 Juta.

Sisca Kohl menjadi Top 1 food influencers di channel Tiktok dengan rata-rata likes/video mencapai 700k yakni 2 kali lipat dari peringkat kedua Top Influencer di tiktok.

Food Review adalah jenis konten paling populer di Instagram dan Youtube, sedangkan Memasak adalah jenis konten paling populer di Tiktok.

 

4 dari 5 halaman

Dalam temuan tersebut juga ditemukan daftar influencer kuliner di platform sosial media TikTok terbaik dan berpengaruh di Indonesia.

Beri Komentar