6 Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama yang Tepat dan Tidak Merusak Tanaman, Jangan Sampai Salah!

Reporter : Aditia
Senin, 8 Juli 2024 19:35
6 Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama yang Tepat dan Tidak Merusak Tanaman, Jangan Sampai Salah!
Cara melindungi tanaman hias dari hama perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar serangga bisa hilang dan tanaman tidak rusak, intip tipsnya yuk!

Cara melindungi tanaman hias dari hama tak perlu membutuhkan banyak bahan yang mahal, lho. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di dapur.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan agar tanaman tidak mudah diserang hama adalah dengan tidak menyiram tanaman terlalu banyak air. Tanaman hias yang terlalu lembab. Hal ini karena hama sangat menyukai tanaman yang lembab dan membusuk, sehingga hama akan mengendap di dalam tanaman.

Nah, berikut ini beberapa tips cara melindungi tanaman hias dari hama.

1 dari 7 halaman

1. Pindahkan Tanaman Hias yang Terinfeksi Hama

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Langkah pertama cara melindungi tanaman hias dari hama adalah mengisolasi atau memindahkan tanaman yang sudah terserang hama ke tempat lain.

Selanjutnya, tanaman yang terinfeksi hama ke tempat yang jauh dari tanaman hias lainnya. Hal ini dapat dilakukan di ruangan lain, di luar ruangan, atau di karantina khusus.

Bersihkan tanaman yang terinfeksi hama dari hama dan telur-telurnya. Gunakan air sabun atau insektisida alami untuk membasmi hama. Pastikan untuk membersihkan semua bagian tanaman, termasuk batang, daun, dan tanah.

2 dari 7 halaman

2. Bersihkan Area Tanaman Hias

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Merawat tanaman hias tak cukup hanya dengan memberi pupuk dan menyiramnya dengan rutin, nih. Kita juga perlu memelihara tanaman hias dengan menyeluruh, salah satu cara melindungi tanaman hias dari hama selanjutnya adalah dengan membersihkan area tanaman.

Salah satu cara membersihkan tanaman hias dengan menggunakan air hangat dan semprotan dengan tekanan rendah untuk membersihkan debu dan kotoran pada daun atau kamu juga bisa menggunakan kain lembab untuk membersihkan sisa kotoran pada daunnya. Hindari menyemprotkan air terlalu kencang agar tidak merusak daun.

3 dari 7 halaman

3. Menggunakan Sabun Alami

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Langkah lain cara melindungi tanaman hias dari hama bisa dengan menggunakan sabun cuci piring yang lembut dan sikat untuk membersihkan pot dari lumut, jamur, dan kotoran. Bilas pot dengan air bersih hingga sabun hilang sepenuhnya.

Jangan lupa juga untuk membuang air yang terkumpul di nampan pot. Nampan yang lembab dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Lalu, sapu atau bersihkan area di bawah pot untuk menghilangkan tanah, daun rontok, dan kotoran lainnya.

 

4 dari 7 halaman

4. Semprotkan Alkohol untuk Membunuh Serangga Membandel

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Buat kamu yang bingung cara mengusir serangga atau kutu tanaman yang membandel, kamu cukup menggunakan alkohol yang disemprotkan ke tanaman.

Alkohol gosok, terutama yang mengandung 70% isopropil alkohol, dapat membunuh hama tanaman hias. Salah satu keunggulannya karena alkohol dapat melelehkan lapisan lilin pelindung pada tubuh hama seperti kutu putih dan kutu daun, menyebabkan mereka dehidrasi dan mati.

Caranya juga cukup mudah, semprotkan campuran pada hama dan area yang terinfestasi. Pastikan untuk menyemprot bagian bawah daun, batang, dan celah-celah tanaman, karena hama sering bersembunyi pada tanaman.

5 dari 7 halaman

5. Gunakan Pengendali Hama Alami

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Salah satu pengedali hama yang bisa kamu pakai adalah pestisida. Meski begitu, penggunaan pestisida dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek buruk pada tanaman, nih.

Karenanya, kamu sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami saja. Misalkan menggunakan minyak neem atau air bawang putih dan cabai rawit yang disemprotkan di sekitar tanaman agar hama tidak mengganggu. Semprotkan pestisida alami ini pada sore hari atau saat cuaca mendung atau setelah hujan pas tanaman lagi lembab-lembabnya.

6 dari 7 halaman

6. Pakai Perangkap Serangga

Cara Melindungi Tanaman Hias dari Hama© Freepik

Cara melindungi tanaman hias dari hama terakhir yang perlu kamu coba nih, yaitu dengan menggunakan perangkap serangga untuk melindungi tanamanmu.

Salah satu perangkap yang bisa kamu pakai misalnya perangkap Feromon. Perangkap ini menggunakan feromon, yaitu senyawa kimia yang dikeluarkan serangga untuk menarik lawan jenisnya. Feromon sintetis yang menyerupai feromon hama betina akan menarik hama jantan dan menjebaknya.

7 dari 7 halaman

Tanaman hias tak hanya mempercantik rumah, tapi juga memberikan kesegaran dan ketenangan. Namun, hama tanaman bisa menjadi momok yang mengganggu keindahan dan kesehatan tanaman hias. Semoga tips cara melindungi tanaman hias dari hama di atas bisa kamu terapkan dengan mudah dan berhasil melindungi tanamanmu ya, Diazens. Selamat mencoba!

Beri Komentar