Aneh, Petani Lebah ini Hasilkan Madu Berwarna Biru, Hijau, Hingga Cokelat! Ternyata Gara-gara Ini

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 17 Juni 2020 07:20
Aneh, Petani Lebah ini Hasilkan Madu Berwarna Biru, Hijau, Hingga Cokelat! Ternyata Gara-gara Ini
Madu identik dengan warna kuning keemasan. Namun berbeda dengan madu-madu ini.

Siapa nih yang nggak kenal madu? Kuliner alami yang memiliki cita rasa manis ini memang terkenal karena terbuat langsung dari lebah. Selain itu, rasa manis yang dihasilkan juga alami tanpa ada campuran gula maupun zat pemanis buatan.

Madu identik berwarna kuning hingga keemasan. Warna yang dihasilkan pun juga alami dari nektar bunga tanpa adanya pewarna buatan. Namun, bagaimana jika madu memiliki warna biru, hijau, hingga cokelat?

1 dari 2 halaman

Madu Warna-Warni © Diadona

Dilansir dari Daily Mail, kejadian ini pernah terjadai 8 tahun silam di Peternakan lebah Ribeauville, Alsace, timur laut Prancis. Mereka melihat sebuah keanehan bahwa lebah-lebah yang kembali ke sarang menghasilkan madu dengan warna yang berbeda-beda. Bahkan warnanya terbilang tidak alami, yakni biru, hijau, hingga berwarna cokelat seperti permen.

Karena penasaran, para peternak melakukan investigasi. Ternyata, mereka menemukan bahwa ada pabrik biogas yang telah mengolah limbah dari pabrik Mars, yang mana adalah produsen dari produk permen cokelat ternama M&M. Pabrik ini berjarak 4 km dari peternakan lebah.

 

2 dari 2 halaman

M&M © Diadona

Meskipun madu ini memiliki warna yang menarik, dan masih punya cita rasa khas madu, namun pemilik memilih menolak untuk memasarkannya. Bagi Alain Frieh, selaku pemilik peternakan lebah madu asli tdak berwarna seperti itu. " Bagi saya, itu bukan madu, jadi tak bisa dijual," ungkapnya.

Agrivalor selaku perusahaan yang menjalankan pabrik biogas ini sudah mengatasinya. Perusahaan ini telah membersihkan tempat penampungan limbah. Buangannya juga akan disimpan di ruangan yang tertutup dan tidak akan dikonsumsi oleh lebah.

Madu Warna-Warni © Diadona

Beri Komentar