Sherbet, Jamu Gendong Asal Turki yang Dijual dengan Cara Super Unik

Reporter : Nasa
Selasa, 16 Juni 2020 14:35
Sherbet, Jamu Gendong Asal Turki yang Dijual dengan Cara Super Unik
Beda sama Indonesia, jamu gendong asal Turki ini biasanya dijual sama abang-abang atau juga bapak-bapak.

Tahu gak sih kalau jamu gendong ternyata gak hanya bisa ditemui di Indonesia loh. Nyatanya, kamu bisa juga menemui penjual jamu gendong di Negeri dua benua, yakni Turki.

Tapi gak sepenuhnya sama sih. Kalau di Indonesia biasanya yang dijual adalah jamu yang terbuat dari berbagai jenis rempah, dan dijual oleh perempuan-perempuan menggunakan bakul yang digendong.

Nah kalau di Turki ini yang dijual adalah minuman herbal bercita rasa manis yang memiliki beragam jenis. Sherbet ini biasanya ditemui di berbagai acara dan tradisi masyarakat Turki.

1 dari 6 halaman

Sherbet Jamu Asal Turki © Diadona

2 dari 6 halaman

Mulai dari acara nikahan, lahiran, hingga prosesi adat kematian. Makanya gak heran kalau Sherbet ini lekat banget dengan kehidupan masyarakat Turki sampai dengan saat ini. Tapi Sherbet sendiri konon juga menjadi minuman populer sejak zaman Ottoman Turki!

Saat ini, penjual Sherbet gendong keliling katanya sudah mulai jarang ditemui. Tapi, kamu masih bisa menemui penjual Sherbet di kawasan wisata-wisata populer di sekitaran Istanbul, Ibu Kota Turki.

3 dari 6 halaman

Sherbet Jamu Gendong Asal Turki © Diadona

4 dari 6 halaman

Dituangkan dengan Cara Membungkuk

Sherbet biasanya dijual oleh abang-abang atau bapak-bapak yang menggendong termos dari bahan kuningan atau bahan seperti stainless yang terhubung dengan sebuah selang. Para penjual sherbet ini biasanya juga menggunakan selempang yang dipasang pada pinggang mereka.

Pada selempang tersebut, bergelantungan gelas-gelas plastik yang memudahkan menyajikan sherbet dengan mudah. Ini nih bagian paling unik ketika mentajikan sherbet. Yakni sang penjual harus membungkuk agar sherbet bisa mengalir melalui slang ke arah gelas.

5 dari 6 halaman

Sherbet Jamu Asal Turki © Diadona

6 dari 6 halaman

Biasanya penjual sherbet di kota-kota besar selalu menyita perhatian wisatawan atau pengunjung karena penyajiannya yang super unik ini. Bahkan ada juga video yang menampilkan seorang penjual sherbet yang menuangkan pada sejumlah gelas sekaligus.

Wah unik banget ya. Katanya sherbet ini adalah minuman herbal bercita rasa manis yang sangat nikmat jika diminum dalam kondisi dingin. Jadi penasaran nih gimana rasanya. Udah ada yang pernah coba belum?

Beri Komentar