Ada Sawut Kabut dan Iga Pasir, Bromo Gak Melulu Tentang Pemandangan Sunrise!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 April 2020 14:27
Ada Sawut Kabut dan Iga Pasir, Bromo Gak Melulu Tentang Pemandangan Sunrise!
Nih ada kuliner khas Bromo, nair nggak cuma naik kuda aja pas ke Bromo hehe

Mengunjungi tempat wisata yang bagus adalah hal yanga sangat menyenangkan. Apa lagi, jika di tempat wisata tersebut ada kuliner khas yang menggugah selera. Tentu saja ini adalah paket komplet.

Mungkin ini adalah yang kamu temukan ketika kamu berkunjung ke Bromo. Selain disuguhi pemandangan matahari terbit yang menjadi incaran siapapun yang ke sini. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Bromo yang tidaka akan kamu temukan di tempat lain.

1 dari 4 halaman

Disadur dari laman pesona.travel, alah satu makanan unik yang hanya ada di bromo adalah Iga Pasir. Ini bukan pasir yang dijadikan makanan ya, sekilas ini seperti Iga pada umumnya. Yang membedakan adalah proses memasaknya, yaitu di bagian tungkunya terdapat pasir.

Kuliner Khas Bromo © Diadona

Iga ini memiliki cita rasa yang cukup pedas sehingga sangat cocok smenjadi santapan pengisi perut saat sedang berada di lokasi yang super dingin ini. Iga pasir Bromo dijual di warung-warung di sekitaran lokasi wisata ini

2 dari 4 halaman

Lalu ada Nasi Aron. Nasi aron adalah nasi yang berasal dari bahan pokok jagung. Nasi Aron diklaim bisa sangat mengenyangkan, tahan lama, dan baik untuk menjaga kadar gula darah.

Nasi ini disajikan dengan lauk sayur daun ranti yang juga berkhasiat untuk melawan diabetes. Daun ranti rasanya cukup pahit namun di tangan masyarakat suku Tengger, sayur ini menjadi lezat sekali. Cita rasa nasi aron disempurnakan dengan tambahan sambal pedas yang akan membuat kamu untuk nambah lagi dan lagi.

Kuliner Khas Bromo © Diadona

3 dari 4 halaman

Tapi hidangan nasi aron ini tidak dijual di secara luas. Nasi ini dijual khusus di Desa Seruni yang berlokasi di sekitar Penanjakan 2.

Yang terakhir ada jajanan khas Bromo, namanya adalah Sawo Kabut. Makanan ini berasal dari bahan dasar singkong yang diparut sawut dan dibentuk serupa gunung, kerucut ataupun gumpalan-gumpalan kecil. Kelezatan Sawut ini sudah terkenal hingga mancanegara loh.

Kuliner Khas Bromo © Diadona

4 dari 4 halaman

Untuk memperindah tampilannya, sawut kabut Bromo ditaburi dengan mutiara merah dan juga irisan daun pandan yang membuat makanan ini tercium lebih sedap dan lebih cantik saat dipandang. Cara mendapatkannya cukup mudah. Kamu bisa mencarinya di toko-toko di Probolinggo. Makanan ini telah menjadi makanan yang identik dengan masyarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.

Kamu bisa mencoba semua ini ketika wabah covid ini berkahir ya. Aku tahu kamu bosen #dirumahaja, tapi percayalah dengan begitu kamu telah membantu wanah ini supaya cepat berkahir.

Masukkan Bromo dan kuliner-kuliner khasnya ke dalam wish list mu. Wabah hilang, seilakan liburan hehehe

Beri Komentar