9 Manfaat Rebung Sayur Bambu Kuning untuk Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 20 Mei 2021 17:04
9 Manfaat Rebung Sayur Bambu Kuning untuk Ibu Hamil
Sayur rebung ternyata punya kalori yang cukup rendah, lho

Manfaat rebung yang merupakan sumber protein, karbohidrat, serat dan mineral ini seringkali diksonsumsi oleh banyak orang sebagai hidangan seperti sup atau lodeh dengan kuah santan. Rebung sudah populer sejak lama karena kandungan nutrisinya yang sangat mengesankan. 

Tunas bambu ini memiliki tekstur yang renyah dan sangat rendah lemak dan gula. Sehingga makanan ini ideal untuk penderita diabetes. Namun, terlepas dari kandungan lemaknya yang rendah, semua itu juga tergatung bagaimana cara mengolah makanannya, ya.

Beberapa penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa sejumlah besar antioksidan, dengan senyawa fenolik dalam pucuk ini, membantu memerangi radikal bebas dan menunjukkan sifat anti-kanker, antibiotik, dan anti-virus. Selain itu rebung juga mengandung vitamin A, E, B6, Thiamin, riboflavin, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, seng, mangan, dan mineral penting lainnya.

Banyak sekali manfaat rebung yang bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan tubuh kamu ini. Rebung juga memiliki kalori tidak lebih dari 20 kalori per 100 gram nya. Untuk itu apa saja manfaat rebung?

1 dari 3 halaman

Manfaat Rebung Bambu Kuning

Manfaat rebung © Diadona

Membantu Merawat Jantung

Mengonsumsi rebung ternyata direkomendasikan oleh Ahli Jantung. Hal ini karena manfaat rebung bambu kuning dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit jantung. Sarat dengan fitosterol dan fitonutrien, pucuk ini dikonsumsi rebus, bantuan fermentasi dalam membersihkan arteri yang tersumbat dan melarutkan kolesterol jahat atau LDL. 

Memperkuat Imunitas

Manfaat rebung bambu kuning merupakan gudang dari vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Makan ini selama awal monsun dan musim dingin untuk menghindari infeksi virus dan bakteri. Komponen sehat juga membantu fungsi otak yang tajam dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif.

Berfungsi Sebagai Ekspektoran

Berbagai macam manfaat rebung  yang mengandung vitamin dan senyawa lain yang ada dalam pucuk ini memperkuat paru-paru dan meningkatkan fungsinya. Untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru, rebus rebung yang sudah dicuci dalam air panas selama beberapa menit. Dinginkan dan campur dengan madu. Minum dua kali karena berfungsi sebagai ekspektoran alami. Rebusan ini juga membantu meredakan masalah pernapasan dan kondisi pernapasan lainnya.

Menurunkan Kolesterol

Dengan tingkat serat yang tinggi dan sangat sedikit kalori per porsi, rebung adalah cara yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol LDL " jahat" . Manfaat rebung juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sayur Rebung

Manfaat rebung © Diadona

Tunas bambu atau rebung bisa dimakan dengan dibuat menjadi sayur. Nah, berikut ini manfaat sayur rebung :

Mendukung Diet Rendah Kalori

Diet rendah karbohidrat telah terbukti membantu mencegah atau memperbaiki beberapa kondisi medis, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. Manfaat rebung  yang dimasak menjadi sayur bisa mendukung diet rendah karbohidrat dengan menyediakan banyak nutrisi dengan sedikit karbohidrat. Ini dapat membantu orang yang menjalani diet rendah karbohidrat mendapatkan vitamin dan mineral yang mereka butuhkan.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat rebung membantu orang-orang yang kelebihan berat badan untuk meningkatkan substansial dalam tiga dekade terakhir di seluruh dunia. Menurut sebuah studi di Scientific Reports, rebung bisa menjadi yang paling efektif dalam mengurangi obesitas diet tinggi lemak. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa serat rebung berpotensi mencegah obesitas dan sindrom metabolik.

Melindungi Kesehatan Jantung

Terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan manfaat rebung yang mengandung fitosterol dan fitonutrien ini, sangat ideal untuk melarutkan kolesterol LDL yang berbahaya di dalam tubuh. Manfaat rebung juga dapat meredakan kolesterol keluar dari arteri untuk kelancaran suplai dan pergerakan darah ke seluruh tubuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rebung Bambu untuk Ibu Hamil

Manfaat rebung © Diadona

Merangsang Nafsu Makan

Dari gangguan pencernaan hingga mual terkait kehamilan, ada banyak alasan bagi kamu yang ingin meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya rasa agak manis dan tekstur bambu yang renyah yang membuat perut keroncongan. Konsentrasi selulosa yang tinggi pada bambu terbukti merangsang nafsu makan, mencegah sembelit, dan memperbaiki pencernaan.

Menginduksi Kontraksi Uterus

Manfaat rebung atau tunas bambu, ternyata dapat merangsang kontraksi rahim sehingga membantu persalinan normal. Pengobatan tradisional Tiongkok menganjurkan wanita hamil pada tahap terakhir kehamilan untuk memasukkan piring bambu dalam jumlah kecil untuk memudahkan persalinan normal.

Manfaat rebung memiliki manfaat yang baik. Tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil saja, tapi bagi orang-orang yang mengalami diabetes dan obesitas rebung bisa menjadi solusi bagi mereka.

Beri Komentar