8 Cara Membuat Oatmeal Quaker untuk Diet dan Masker Wajah, Bahan Makanan Sehat Kaya Manfaat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 Desember 2020 16:52
8 Cara Membuat Oatmeal Quaker untuk Diet dan Masker Wajah, Bahan Makanan Sehat Kaya Manfaat
Cara membuat oatmeal untuk diet kudu dilakukan dengan menu yang bervariasi biar nggak bosen.

Salah satu langkah merubah gaya hidup dengan makanan sehat adalah dengan cara membuat oatmeal untuk sarapan. Nggak heran sih karena diantara semua biji-bijian, oat adalah yang paling sehat di dunia.

Oat nggak memiliki kandungan gluten, namun sebagai bisa dijadikan sebagai sumber vitamin, mineral, serat dan juga antioksidan yang penting. Kandungan protein dan lemaknya lebih tinggi daripada kebanyakan biji-bijian ainnya. Oat juga kaya antioksidan, salah satunya adalah avenanthramides yang bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

Manfaat kesehatan yang paling populer dari cara membuat oatmeal sebagai makanan adalah :

  • mengurangi LDL dan kolesterol total.
  • menurunkan tingkat gula darah dan respon insulin
  • meningkatkan perasaan kenyang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik

Karena banyak manfaatnya, yuk cari tahu gimana cara membuat oatmeal untuk dikonsumsi di artikel Diadona yang udah dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Masker Oatmeal

Cara Membuat OatmealCara Membuat Oatmeal © 2020 nutritiouslife.com/

Nggak cuman untuk dikonsumsi, oatmeal pun juga bisa digunakan untuk masker wajah lho! Dalam praktek dermatologi, masker oatmeal direkomendasikan untu kulit sensitif, alergi, atau sensitif eksim karena merupakan pelembab yang sangat baik dengan manfaat penyembuhan kulit, anti-inflamasi, anti-oksidan dan pereda gatal.

Dikutip dari Dermatocare, oatmeal udah teruji oleh seoarng dokter kecantikan bernama Dr Surbhi, MD Skin sebagai salahs atu produk andalannya.

Cara Membuat Oatmeal untuk Kulit Kering

Oat berperan sebagai pembersih wajah yang ringa kanrena kandungan saponinnya. Apa itu? Yakni senyawa pembersih alami yang bisa mengeluarkan busa ketika digosok-gosok. Saponin bisa menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

Bahan:
- 5 sdm susu bubuk
- 5 sdm oat
- 1/2 sdm bubuk kunyit
- 1 sdm bubuk kulit lemon, hilangkan bila kamu memiliki kulit yang sensitif

Campurkan seluruh bahan tersebut dan gunakan untuk cuci muka seperti biasa. Dan campuran tersebut bisa kamu simpan di wadah kedap udara serta hindarkan dari air agar tahan hingga berbulan-bulan. Praktis banget kan?

Apa sih manfaatnya?

Oat dan susu bakalan melembabkan kulit, mengelupas sel-sel kulit mati sehingg akulit terasa bersih dan segar. Sedangkan bubuk kunyit dan lemon dipercaya sebagai pencerah kulit, anti-septik dan anti-penuaan pada paket wajah ini. Sayangnya, cara membuat oatmeal untuk dfacial wash ini nggak bisa digunakan untuk menghapus make up ya!

Cara Membuat Oatmeal untuk Obat Eksim

Punya masalah dengan eksim? Kamu bisa meringankan gejalanya dengan cara membuat oatmeal sebagai pembersih kulit buatan sendiri. Oat bisa membantu pemulihan kulit yang mengalami eksim karena bisa melembabkan, melindungi kulit, mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Bahan dan cara membuat oatmeal sama seperti uraian di atas kok, yakni menggunakan campuran susu bubu, kunyit bubuk serta oatmeal.

Cara Membuat Oatmeal sebagai Scrub

Butiran oatmeal yang tak terlalu kasar dan berpasir bisa menjadikannya sebagai scrub yang baik buat kulit sensitif dan nggak tahan dengan eksfoliator biasa.

Cara Membuat Oatmeal sebagai Pelembab

Kandungan lipid dan proteinnya memiliki sifat humektan, oklusif, dan emolien yang bisa melembabkan kulit. Penggunaannya sebagai subun cuci muka nggak bikin kulit terasa kering sesudahnya.

Cara Membuat Oatmeal sebagai Penghilang Sengatan Sinar Matahari

Oat bisa digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar matahari karena sifat menenangkan, anti-oksidan, penyembuhan dan pelembab. Bahaqn yang digunakan antara lain:
- gel lidah buaya
- susu dingin
- oatmeal
- air mawar

Campur keseluruhan bahan sampai memebntuk pasta dan oleskan di kulit yang terbakar sinar matahari. Sayangnya pasta ini hanya digunakan setelah kompres dingin.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Oatmeal untuk Diet

Cara Membuat OatmealCara Membuat Oatmeal © 2020mealgarden.com/

Oatmeal dikenal sebagai bahan pangan yang bagus banget untuk diet. Dalam satu cangkir oatmeal nih misalnya, kandungan nutrisinya antara lain:

  • 2 gram serat makanan
  • 3 gram protein
  • 0 gram gula
  • 1.5 gram lemak
  • 2% jumlah kalsium harian yang disarankan.
  • 6% jumlah zat besi harian yang disarankan.

Diet dengan cara membuat oatmeal doang tuh adalah pola makan yang rendah banget kalori, bahkan terlalu rendah untuk mempertahankan pola makan yang sehat. Makanya, kamu juga perlu nih eningkatkan asupan kalori setiap haru dengan menambahkan beberapa makanan tertentu dalam sajian oatmeal kamu.

Dengan variasi resep dan juga bahan tambahan lainnya, kamu nggak cuman mempertahankan pola makan yang sehat namun juga membuat kamu nggak bosen makan oatmeal. Jangan sampai deh karena bosan makan oatmeal pada akhirnya kamu jadi mencoret bahan makanan ini jadi menu diet kamu.

Melansir Earing Bird Food, begini nih resep dan cara membuat oatmeal untuk diet.

Bahan:
- 1/2 cangkir oatmeal
- 1 gelas susu
- garam secukupnya
- topping pilihan, bisa kamu masukkan buah-buahan seperti pisang untuk tambahakan kalori dan nutrisinya

Panaskan susu, trus campurkan dengan oatmael dan seluruh bahan, aduk sampai rata.
Cara membuat oatmeal kamu udah selesai kalau oat udah menyerap seluruh cairn dan jadi lembut. Pindahkan ke mangkuk dan tambahkan topping.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Oatmeal Quaker

Cara Membuat OatmealCara Membuat Oatmeal © 2020 quaker.co.id/

Ngomong soal oatmeal pasti langsung tertuju pada Wuaker, salah satu merk oatmeal paling dikenal di Indonesia. Harganya murah dan mudah ditemui di supermarket.

Cari tahu yuk gimana cara membuat oatmeal dari Wuaker ini dikutip dari Resep Koki

Quaker Honey & Peanut Butter

Cara membuat oatmeal Quaker untuk sarapan ini nggak sampai lima menit kok.

Bahan
- 600 ml air panas
- 75 gram oatmeal3 sdm madu
- 3 sdm selai kacang

Pertama, seduh oatmeal dengan menggunakan air panas trus aduk sampai teksturnya mengental. Tambahkan madu dan juga selai kacang, trus aduk sampai rata deh!

Bubur Ayam Quaker

Bayangin gurihnya oatmeal dengan suwiran ayam yang lezat seperti bubur ayam pada umumnya. Cara membuat oatmeal ini praktis dan nggak buuh waktu lama lho. Penasaran gimana resepnya?

Bahan:
- 500 ml air
- 100 gr Oatmeal
- 50 gr daging ayam cincang
- 3 tangkai seledri, potong halus
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 2 siung bawang merah, haluskan
- 2 sdm minyak goreng
- 1 sdt minyak wijen
- ½ sdt bumbu kaldu ayam
- Kecap asin, secukupnya
- Lada, secukupnya

Pertama nih panaskan minyak di wajan, trus tumis bawang putih dan bawang merah sampia wangi. Selanjutnya masukkan daging ayam, tambahkan sedikit kecap trus masak sampai matang dan sisihkan.

Di panci yang baru, didihkan air trus masukkan oat dan masak sampia mengembang. Masukin deh kaldu ayam dan daging ayam tadi trus aduk rata. Masukkan minyak wijen dan juga kecap, aduk dan koreksi rasa.

Creamy Corn Oatmeal Soup

Suka banget dengan sup jagung? Nah, kamu bisa menambahkan bubur oatmeal untuk tambahan seratnya, Rasanya yang creamy berpadu bakalan berpadu dengan manisnya jagung.

Bahan
- 5 sdm oatmeal
- 300 gr jagung manis
- 200 ml susu cair
- 500 ml kaldu ayam
- 2 lembar daun salam
- 1 btg daun bawang, cincang halus
- 1 sdt olive oil
- 1/2 bh bawang bombay, potong dadu

Cara membuatnya:

Pertama nih tumis bawang bombay sampai harum trsu masukkan daun salam dan juga daun bawang. Masukkan jagung dan tumis sebentar. Selanjutnya, tuang kaldi dan susu trus didihkan sampai membaut jagung setengah matang. Trus tuang oatmeal, aduk sebentar dan tunggu sampai matang. Untuk membuatnya jadi halus, blender seluruh bahan ya!

Cara membuat oatmeal gampang banget kan? Selain sehat dan murah, oatmeal juga murah dan mudah didapatkan. Tertarik mengganti menu sarapan kamu?

Beri Komentar