8 Cara Membuat Dorayaki Mini Isi Coklat Sederhana Tanpa Mixer yang Enak dan Mudah Khas Jepang

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 19 Maret 2020 12:41
8 Cara Membuat Dorayaki Mini Isi Coklat Sederhana Tanpa Mixer yang Enak dan Mudah Khas Jepang
Nggak hanya sekedar imajinasi, kamu bisa kok membuat jajanan dorayaki kesukaan Doraemon di rumah.

Apakah kamu pencinta anime jepang? Pastinya familiar dong dengan robot kucing Doraemon. Yap, itu loh yang bisa mengeluarkan alat-alat canggih dari kantong ajaibnya. Dalam cerita serialnya, Doraemon dikenal menyukai olahan kue Dorayaki.

Nggak hanya sebatas imajinasi pembuat ceritanya, dorayaki memang ada di dunia nyata dan bisa banget kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan sederhana. Nggak perlu ribet, kamu bisa membuat dorayaki dengan alat teflon rumahan. Dijamin kamu bakal ketagihan karena rasanya yang manis dari selai serta tekstur kue yang lembut. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat dorayaki yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Dorayaki Isi Coklat

Ilustrasi Dorayaki Isi Coklat © Diadona

Olahan dorayaki yang lezat dan lembut ini bisa kamu buat di rumah dengan selai isi coklat. Nggk perklu lagi bingung memilih olahan makanan sebagai camilan, buat dan praktikkan langsung deh resep cara membuat dorayaki isi coklat berikut ini.

Bahan:
- 1 butir telur
- 150 gram gula jawa, sisir halus
- 100 gram tepung terigu
- 1 bungkus bubuk minuman coklat
- 1 bungkus susu kental manis coklat
- 1/2 sdt baking powder
- 100 ml air matang

Bahan isian:
- 100 gram coklat batangan
- 2 sdm coklat meses
- 1 sdt margarin / mentega
- 1 bungkus susu kental manis coklat

Cara membuat dorayaki isi coklat:

  1. Kocok bahan telur hingga mengembang, masukkan gula jawa dan kocok lagi bahan hingga tercampur rata. Masukkan terigu dan bubuk minuman coklat dalam adonan, campur dan aduk lagi hingga rata.
  2. Larutkan baking powder ke dalam air, aduk rata lalu masukkan 1 bungkus susu kental masin coklat dan aduk lagi hingga rata. Tuang larutan baking powder dalam adonan dan aduk hingga tercampur merata.
  3. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan aselama 1 jam. Panaskan teflon yang diolesi mentega sebelumnya, lalu tuang adonan ke dalam teflon satu sendok sayur.
  4. Masak dengan menggunakan api kecil hingga adonan bisa dibalik. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  5. Buat isiannya dengan cara tim semua bahan isian menjadi satu lalu aduk rata. Oleskan isian di dorayaki yang telah matang dengan bahan isian lalu tutup lagi menyerupai burger. Ulangi hingga semua selesai. Dorayaki siap disajikan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Dorayaki Mini

Ilustrasi Dorayaki Mini © Diadona

Jika kamu suka olahan yang mini-mini, dorayaki ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Dengan bantuan alat teflon ukuran kecil, kamu bisa menikmati sajian dorayaki mini di rumah dengan low-budget. Tenang, terjamin kebersihannya dan anti 'corona-corona club', deh. Simak langsung resep cara membuat dorayaki mini berikut ini.

Bahan:
- 1 sdt baking powder
- 1 butir telur
- 6 sdm peres terigu, ayak agar halus
- 1,5 sdm gula pasir
- 50-70 ml air
- 1/2 bungkus vanili
- 1 sdm susu bubuk
- Secukupnya filling coklat

Cara membuat dorayaki mini:

  1. Kocok bahan telur, gula, vanili dan baking powder hingga berbusa. Tambahkan terigu dan susu bubuk sambil diayak dan aduk merata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sesuai kekentalan yang diinginkan yaitu tidak terlalu kental dan cair, tapi sedang.
  3. Tuang adonan di atas teflon yang panas menggunakan api kecil. Balik saat timbul bintik. Angkat dan olesi coklat, siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Dorayaki Sederhana

Ilustrasi Dorayaki Sederhana © Diadona

Cukup memanggang adonan dorayaki yang telah kamu persiapkan sebelumnya di atas teflon selama 2 menit, kamu sudah bisa menikmati kelezatan sajian dorayaki di rumah. Se-simple itu kok membuat olahan hits kekinian. Daripada jajan di luar kan? Mending berkreasi di dapur dengan resep cara membuat dorayaki sederhana berikut ini.

Bahan:
- 10 sdm tepung terigu serbaguna
- 30 gram coklat bubuk
- 150 cc air putih
- 5 sdm gula pasir, atau sesuai selera
- Secukupnya mentega
- 1 sdt baking powder
- Secukupnya nutella

Cara membuat dorayaki sederhana:

  1. Campur semua bahan menjadi satu. Tambahkan air sedikit demi sedikit lalu aduk hinga semua bahan tercampur rata dan mengental.
  2. Panaskan teflon dan olesi mentega. Jika teflon sudah panas, tuangkan adonan satu sendok sayur. Biarkan hingga membentuk gelembung lalu balik hingga matang. Ulangi hingga adonan habis.
  3. Tambahkan nutella di atas dorayaki lalu tutup lagi dengan dorayaki. Lakukan untuk semua dorayaki. Dorayaki sederhana siap disajikan.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Dorayaki Tanpa Mixer

Ilustrasi Dorayaki Tanpa Mixer © Diadona

Nggak perlu repot untuk menyiapkan alat mixer, dorayaki ini bisa banget kamu buat sesederhana mungkin tanpa alat bantuan penghancur, kok. Tenang, hasil adonanya tetap bertekstur lembut. Nah, daripada penasaran terus, mending langsung saja simak resep cara membuat dorayaki tanpa mixer d bawah ini.

Bahan:
- 3 butir telur
- 90 gram gula pasir
- 1,5 sdm madu
- 150 gram tepung terigu
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk/cair
- 40 ml susu cair

Cara membuat dorayaki tanpa mixer:

  1. Campur tepung terigu dan baking powder lalu ayak dan sisihkan. Masukkan telur, gula, vanili dan madu. Kocok menggunakan whisk hingga gula larut.
  2. Masukkan setengah tepung dan setengah susu cair. Aduk hinga rata lalu masukkan kembali sisa bahan tepung, garam dan susu cair tadi. Aduk lagi bahan hingga rata dan tidak bergerindil. Tutup adonan dan diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan teflon anti lengket menggunakan api kecil, oles dengan sedikit mentega agar tidak legket. Tuang adonan 1 sendok sayur, masak selama 1-2 menit hingga muncul gelembung. Balik dan tunggu 30 detik- 1 menit, angkat dan lakukan hal yang sama hinga adonan habis.
  4. Isi dengan bahan isisan sesuai selera. Bisa menggunakan selai coklat, strawberry, dan blueberry. Dorayaki siap disajikan.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Dorayaki Jepang

Ilustrasi Dorayaki Jepang © Diadona

Dorayaki ini memang olahan panecake dengan teksturnya yang lembur dari Jepang. Yap, memang cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat panecake pada umumnya. Hanya saja dorayaki ini disajikan degan dua panecake dengan selai di tengah-tengahnya. Yuk, langsung saja deh praktikkan resep cara membuat dorayaki Jepang berikut ini.

Bahan:
- 2 butir telur
- 80 gram gula pasir
- 130 gram tepung terigu
- 1/2 sdt soda kue
- 1 sdm madu
- 50 ml susu cair

Pelengkap:
- Creamcheese sesuai selera

Cara membuat dorayaki Jepang:

  1. Kocok telur dan gula hingga kental. Masukkan bahan tepung dan soda kue yang sebelumnya telah diayak. Aduk dengan spatula hingga rata.
  2. Tambahkan susu cair dan madu lalu aduk lagi hinga rata, diamkan adonan selama 10 menit. Setelah selesai didiamkan, aduk sebentar.
  3. Panaskan teflon menggunakan api kecil tanpa dioles margarin atau mentega. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur. Biarkan berlubang dan balik sebentar lalau angkat. Lakukan hingga semua adonan habis. Sajikan dengan selai atau creamcheese.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Dorayaki Mudah

Ilustrasi Dorayaki Madu © Diadona

Nggak perlu skill dewa atau harus lulus S-3 Jurusan Tata Boga kalau ingin menikmati sajian lezat olahan sendiri di rumah. Kamu tetap bisa membuat aneka hidangan yang enak dan tentunya anti gagal. Yuk, buat saja dorayaki yang mudah ini untuk keluarga. Dijamin semua akan suka dan bakal ketagihan. Simak saja langsung resep cara membuat dorayaki mudah di bawah ini.

Bahan:
- 20 sdm tepung terigu protein sedang
- 1 buah pisang, haluskan
- 2 sdm madu
- 7 sdm gula pasir
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanila bubuk
- 1 sdt baking powder
- 2 sdm margarin cair
- 1 butir telur
- 150 ml susu cair

Isian:
- Susu coklat sesuai selera

Cara membuat dorayaki mudah:

  1. Siapkan wadah dan masukkan bahan telur, gula pasir dan pisang. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan berbuih dan mengembang. Bisa menggunakan mixer atau kocokan biasa selama 5 menit.
  2. Masukkan bahan tepung terigu yang sudah diayak dan dicampur dengan baking powder. Aduk lagi hingga bahan tercampur rata. Masukkan margarin, susu, garam, madu dan vanili bubuk. Aduk hinga semua bahan tercampur rata lalu diamkan selama 10 menit.
  3. Panaskan teflon anti lengket, ambil 1 sendok adonan. Biarkan hingga membentuk pori-pori lubang, balik sebentar agar matang sempurna. Angkat dan sisihkan, lakukan hinga adonan habis. Beri isian sesuai selera dan siap disajikan.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Dorayaki yang Enak

Ilustrasi Dorayaki yang Enak © Diadona

Siapa sih yang bisa nolak makanan lezat, apalagi gratis. Eits, tapi ya nggak melulu gratisan, ya. Kamu bisa kok membuat olahan low-budget di rumah. Praktikkan saja langsung resep mudah cara membuta dorayaki yang enak berikut ini.

Bahan:
- 130 gram tepung terigu
- 2 butir telur
- 50 ml susu cair dan 3 sdm susu cair
- 60 gram gula halus
- 1/2 sdt baking soda
- 1 sdm madu

Cara membuat dorayaki yang enak:

  1. Masukkan bahan telur, madu dan gula dalam chooper. Aduk rata hingga mengembang dan pucat. Masukkan juga bahan terigu, susu, madu, dan baking soda. Kocok lagi hingga mengembang.
  2. Masukkan adonan dalam wadah lalu diamkan selama 30 menit. Masukkan juga 3 sdm susu cair dan aduk rata.
  3. Oleskan mentega dalam teflon lalu lap dengan tisu. Tuangkan 1 sendok sayur adonan dalam teflon, tunggu hingga adonan kering lalu balik. Lakukan hingga adonan habis. Sajikan dengan selai coklat.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Selai Kacang Merah Dorayaki

Ilustrasi Dorayaki Selai Kacang Merah © Diadona

Selain selai coklat, kamu bisa juga kok menyajikan dorayaki dengan selai kacang merah. Dijamin kamu akan suka dan bikin nagih di lidah. Terbayang kan bagaimana lembutnya tekstur dorayaki yang dipadukan dengan manis gurih selai kacang merah ini? Hem... bikin lupa kalau mungkin kamu dalam masa diet ketat, ya. Yuk langsung saja deh simak resep cara membuat dorayaki selai kacang merah berikut ini.

Bahan:
Bahan isi:
- 80 gram gula pasir
- 130 gram tepung terigu protein sedang
- 1/2 sdt soda kue
- 50 ml susu cair
- 1 sdm madu

Selai kacang merah:
- 100 gram kacang merah
- 3 sdm gula pasir
- 50 ml susu cair

Cara membuat dorayaki selai kacang merah:

  1. Buat selai kacang merahnya dulu dengan cara rebus kacang hingga lunak. Angkat dan lumatkan hingga halus. Mixer gula pasir dan susu cair selama 3 menit. Campur dan aduk bersama kacang merah hinga benar-benar rata.
  2. Mixer telur dan gula hingga gula larut dan kental selama 3 menit. Ayak tepung terigu bersama soda kue, masukkan ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  3. Tambahkan susu cair, aduk rata. Tambahkan juga bahan madu dan aduk lagi bahan adonan hinga rata, lalu diamkan selama 10-15 menit.
  4. Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan datar yang telah dipanaskan. Biarkan bulat melebar dan bulat dengan sendirinya. Masak menggunakan api kecil selama 1 menit dan balik supaya matang merata. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  5. Ambil 1 buah dorayaki. olesi bagian dalamnya dengan selai kacang merah, llau tutup dengan dorayaki lain di atasnya. Dorayaki enak selai kacang merah siap disajikan.

Nah, itulah tadi beberapa sajian resep cara membuat dorayaki yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan dan alat sederhana. Nggak ribet, simple, sehat, low-budget, dan tentunya anti gagal. Bagaimana, tertarik membuatnya? Yuk, segera berkreasi dengan resep cara membuat dorayaki di rumah, ya!

Baca juga yuk: 10 Resep Cara Membuat Kebab Turki Kulit Tanpa Oven Dengan Sosis, Ayam, Dan Daging Giling Sederhana

Beri Komentar