5 Resep Cara Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan yang Manis dengan Keju dan Mutiara

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 April 2020 16:25
5 Resep Cara Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan yang Manis dengan Keju dan Mutiara
Bingung olahan camilan untuk keluarga? Coba deh, buat saja menu bubur jagung manis dengan keju berikut ini!

Olahan bubur memang sangat cocok sekali dinikmati sebagai menu sarapan. Biasanya kamu mungkin selalu menyantap bubur ayam dengan bahan dasar beras putih yang gurih. Tapi, bubur juga banyak jenisnya selain bubur beras, diantaranya bubur ketan, kacang hijau, bahkan bubur jagung.

Nggak hanya kaya akan kandungan serat, jagung merupakan bahan yang kaya akan sumber karbohidrat kompleks dan beberapa zat gizi lainnya seperti vitamin B dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang bisa banget membantu menurunkan kolesterol.

Nah, untuk mendapatkan kandungan serat, kamu harus mengonsumsi jagung utuh tanpa diolah. Tapi, kamu tentunya juga bisa memanfaatkan jagung sebagai beberapa bahan olahan seperti bubur, juga nggak ada salahnya kok. Penasarankan bagaimana sih cara membuat bubur jagung tanpa santan manis dengan keju dan mutiara? Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan

Ilustrasi Bubur Jagung © Diadona

Olahan bubur pertama yang bisa kamu buat di rumah adalah bubur jagung tanpa santan yang lezat ini. Cukup dengan bahan daun pandan, gula, dan sedikit garam, kamu sudah bisa menikmati olahan bubur jagung sederhana yang nikmat dan tentunya gurih. Yuk, berkreasi dengan resep praktis cara membuat bubur jagung berikut ini.

Bahan:
- 3 buah jagung manis
- 8 sdm gula pasir
- 3 sdm tepung tapioka, larutkan dengan 3 sdm air
- 1 lembar daun pandan, ikat
- Sedikit garam
- 600 ml air

Cara membuat bubur jagung tanpa santan:

a. Kupas kulit jagung lalu serut jagung hingga habis, sisihkan. Blender jagung yang sudah dipipil tanpa air. Masukkan gula ke dalam air 600 ml yang sudah diberi daun pandan.

b. Masak hingga gula larut. Ambil tapioka 3 sdm encerkan dengan sedikit air. Masak jadi satu hingga mendidih dan siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Bubur Jagung Manis

Ilustrasi Bubur Jagung Manis © Diadona

Bubur jagung yang manis ini sangat cocok kamu nikmati sebagai menu makanan ringan untuk keluarga tercinta. Cara membuatnya pun sangatlah mudah dan tentunya praktis. Simak langsung deh resep cara membuat bubur jagung manis di bawah ini.

Bahan:
- 2 buah jagung manis
- 125 gram gula pasir
- 4 gelas santan dari satu butir kelapa
- Sedikit garam
- 3 lembar pandan
- 2 ruas jari kayu manis batangan
- 3 sendok makan tepung maizena

Cara embuat bubur jagung manis:

a. Pipil atau serut bahan jagung menggunakan pisau. Bagi menjadi dua bagian. Satu bagian di blender dengan 200 ml santan dan satu bagian lagi dibiarkan utuh.

b. Masak 2 gelas santan di atas api sedang dengan menambahkan sejumput garam, daun pandan dan kayu manis, aduk aduk agar santan tidak pecah.

c. Tambahkan 1/2 cup gula pasir. Aduk hingga tercampur rata. Tuangkan jagung yang telah diblender ke dalam larutan santan. Aduk kembali hingga tercampur rata.

d. Tambahkan jagung utuh aduk dan masak hingga jagung menjadi lunak. Terakhir masukan larutan maizena. Aduk hingga larutan agak mengental. Angkat dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Bubur Jagung Keju

Ilustrasi Bubur Jagung Keju © Diadona

Nggak hanya menggunkan bahan jagung saja, kamu juga bisa memanfaatkan keju dalam adonan bubur jagung ini. Rasa gurih dari santan yang berpadu dengan aroma dan rasa khas keju bikin tambah lezat olahan bubur ini. Yuk, bagi kamu pencinta olahan bubur dan keju, boleh banget mencoba resep cara membuat bubur jagung keju di bawah ini.

Bahan:
- 2-3 buah jagung manis
- 200 ml air
- 200 ml santan
- 1/4 sdt garam
- 3 sdm susu kental manis putih
- 3 sdm tepung maizena
- 50 gram keju parut cheddar
- 1 lembar daun pandan

Cara membuat bubur jagung keju:

a. Pipil semua jagung manis, kemudian setengahnya di haluskan. Masak jagung manis dan jagung yang sudah dihaluskan dengan air hingga jagung empuk dan matang.

b. Masukkan santan dan daun pandan sambil terus diaduk-aduk. Masukkan larutan tepung maizena yang sudah dicampur dengan sedikit air ke dalam bubur.

c. Masukkan garam, susu kental manis, dan keju parut. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Tunggu hingga mendidih dan air agak surut hingga menjadi bubur yang kental. Matikan api dan siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Bubur Jagung Sehat

Ilustrasi Bubur Jagung Sehat © Diadona

Nggak perlu bingung untuk membuat olahan sehat di rumah. Coba deh buat bubur jagung dengan  menggunakan bahan-bahan sederhana. Cocok banget untuk kamu yang menyukai olahan sehat. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat bubur jagung sehat berikut ini. 

Bahan:
- 4 buah jagung
- 3 gelas air
- 3 sdm susu kental manis
- 2 sendok maizena

Cara membuat bubur jagung sehat:

Cuci jagung hingga bersih, serut jagung secara merata. Presto jagung selama 1 jam, tiriskan dan blender sebagian, masukkan maizena dan susu, kemudian masak lagi hingga mendidih.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Bubur Jagung Mutiara

Ilustrasi Bubur Jagung Mutiara © Diadona

Nah, kamu juga bisa loh membuat bubur dengan tambahan campuran mutiara dalam adonannya. Rasa manis dan gurih yang berpadu dengan tekstur lembut serta kenyal dari bahan mutiara ini cocok banget menjadi menu makanan lezat keluarga. Yuk berkreasi di dapur dengan resep cara membuat bubur jagung mutiara berikut ini.

Bahan:
- 3 buah jagung manis
- 200 gram mutiara sagu
- 1 bungkus kecil santan instan
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 1000 ml air
- 50 gram gula pasir, sesuai selera
- 1/2 sdt garam
- 3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat bubur jagung mutiara:

a. Rendam mutiara selama kurang lebih 15 menit, tiriskan. Pipil 1 buah jagung, lalu blender dengan 200 ml air. Kemudian saring dan ambil sarinya. Rebus sari jagung bersama 800 ml air, jika sudah mendidih masukkan mutiara.

b. Pipil 2 jagung lainnya dan masukkan ke dalam rebusan. Tambahkan daun pandan, aduk hingga jagung dan mutiara mulai empuk.

c. Tambahkan gula, garam, dan susu kental manis. Jika sudah tercampur rata, baru masukkan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga bubur agak mengental lalu matikan api. Bubur siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat bubur jagung tanpa santan yang manis dengan keju dan mutiara. Cocok banget untuk disajikan sebagai menu sehat keluarga di rumah. Yuk, nggak boleh mager! Segera persiapkan bahan-bahan resep cara membuat bubur jagung ini, ya.

Beri Komentar