5 Resep Cara Membuat Klapertart Kukus dan Panggang Sederhana Khas Manado

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 7 April 2020 22:34
5 Resep Cara Membuat Klapertart Kukus dan Panggang Sederhana Khas Manado
Bingung memilih camilan? Buat saja klapertart khas Manado ini di rumah. Rasa tartnya sangat lembut dan sayang untuk dilewatkan.

Klapertart merupakan salah satu kue khas daerah Manado yang dibuat dari bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Resep adonan ini mendapat pengaruh dari budaya penduduk Belanda selama mendiami wilayah Sulawesi Utara. Ada beberapa macam cara dalam mengolah sajian ini, diantaranya klapertart pangang yang akan memiliki tekstur sedikit kasar daripada cara pengolahan dengan dikukus. Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa seperti durian, coklat, keju, rum raisin, blueberry, dan original.

Kamu tentunya bisa banget membuat sajian klapertart ini di rumah dengan mudah. Nggak perlu dibikin ribet, yuk segera berkreasi dengan resep cara membuat klapertart yang telah Diadona ulas di bawah ini. Nggak boleh mager, segera bergegas dan persiapkan bahan-bahannya, ya. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Klapertart Kukus

Ilustrasi Klapertart Kukus © Diadona

Olahan klapertart pertama yang akan diulas adalah cara membuat klapertart kukus. Cara pengolahan dengan dikukus ini akan membuat tektur tart menjadi sangat lembut. Kamu akan merasakan sensasi kelembutannya yang enak dan menggoda di lidah. Yuk, buat dan praktikkan sendiri resep cara membuat klapertart kukus berikut ini.

Bahan:
Bahan A:
- 1,5 gelas tepung terigu(ayak terlebih dahulu)
- 1 gelas susu cair
- 2 butir kuning telur
- 1 sdt essense vanila

Bahan B:
- 1 gelas susu cair
- 2 gelas air kelapa
- 100 gr margarin/butter
- 1/2 gelas gula pasir

Bahan C:
- 2 gelas daging kelapa muda
- Secukupnya kismis
- Secukupnya kayu manis bubuk
- Secukupnya keju

Cara membuat klapertert kukus:

a. Campur jadi 1 bahan A di dalam wadah, aduk rata hingga mengental. Masukkan bahan B ke dalam panci anti lengket, kemudian campur adonan bahan A ke dalam bahan B, aduk rata, kemudian naikan ke atas kompor, nyalakan api kecil. Aduk adonan, hingga mengental dan meletup-letup.

b. Setelah mengental, masukkan daging kelapa muda, aduk rata masak sebentar kemudian matikan api. Letakkan klapertar di dalam cup/t4 sesuai keinginan, kemudian beri taburan toping.

c. Klapertart bisa langsung dihidangkan dengan terlebih dahulu didinginkan di kulkas. Atau bisa di kukus lagi selama 10 menit, kemudian angkat, masukkan ke dalam kulkas dan siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Klapertart Panggang

Ilustrasi Klapertart Panggang © Diadona

Selain dikukus, kamu juga bisa mengolah klapertart dengan cara dipanggang. Nah, cara pengolahan ini akan menghasilkan tektur tart yang sedikit kasar. Tapi rasanya sama enaknya dengan klapertart kukus. Yuk simak langsung resep cara membuat klapertart panggang berikut ini.

Bahan:
- 250 cc air kelapa
- 350 cc susu cair full cream
- 2 butir kuning telur
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt vanila essens/rum
- 80 gram gula pasir
- 55 gram tepung maizena
- 4 sdm kismis dan almond slice
- 200 gram kelapa muda
- 2 sdm margarin

Meringue:
- 2 butir putih telur
- 1 sdt vanilli essens
- 1/2 sdt cream of tartar
- 1 sdm gula pasir

Toppings:
- Secukupnya almond slice, cinnamon bubuk, kismis

Cara membuat klapertart panggang:

a. Campur rata 7 bahan pertama diatas kemudian saring. Masak hingga kental dan meletup-letup. Tambahkan margarin, aduk rata. Masukan potongan kelapa muda, kismis dan almond. Aduk rata kembali, matikan api, sisihkan.

b. Mixer putih telur, ctt, dan vanila hingga berbusa. Lalu masukkan gula pasir. Mixer hingga soft peak. Tuang adonan klapie ke wadah tahan panas atau aluminum foil. Tambahkan adonan topping/meringue. Taburi dengan bahan topping.

c. Oven selama 15 ment di suhu 170 derajat celsius dengan cara dipanggang.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Klapertart Dingin

Ilustrasi Klapertart Dingin © Diadona

selain diolah dengan cara dikukus dan dipanggang, klapertart juga enak disajikan dalam keadaan dingin. Jika kamu suka olahan dingin dan segar, maka cocok banget jika kamu membaut sajian klapertart ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat klapertart berikut ini.

Bahan:
- 100 gram tepung terigu
- 1 liter susu cair
- 385 gram susu kental manis
- 200 gram gula pasir
- 200 gram mentega
- 6 butir kuning telur
- Secukupnya vanili
- Secukupnya kelapa muda
- Secukupnya almond
- Secukupnya kayu manis bubuk
- Secukupnya kismis
- Secukupnya rhum

Cara membuat klapertart dingin:

a. Sebelum api dinyalakan, aduk susu cair dan susu kental manis. Masukkan tepung yang sudah diencerkan. Masukkan telor yang sudah dikocok lepas. Masukkan mentega dan gula. Aduk semua bahan, lalu nyalakan api kecil.

b. Ketika adonan sudah sedikit kental, masukkan vanilli, potongan kelapa muda, lalu aduk terus hingga matang. Angkat dan dinginkan, masukkan rhum bila suka, aduk rata. Cetak dalam cup aluminium foil.

c. Masukkan kulkas selama 1 jam, kemudian beri topping kismis, almond, dan taburan bubuk kayu manis. Siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Kue Klapertart Sederhana

Ilustrasi Kue Klapertart Sederhana © Diadona

Kue sederhana klapertart ini memang sangat cocok menjadi salah satu hidangan camilan keluarga. Kamu tentunya wajib mencoba resep cara membuat klapertart sederhana ini di rumah. Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Bahan:
- 5 lembar roti tawar
- 1 butir kelapa muda, pisahkan air dan daging kelapanya
- 500 ml air kelapa
- 100 gram tepung terigu
- 25 gram tepung maizena
- 27 gram susu bubuk
- 2 butir kuning telur
- 100 gram gula pasir
- 75 gram margarin cair
- 1/2 sdt vanili bubuk
- Sejumput garam
- Secukupnya keju parut, kacang almond dan kismis

Cara membuat kue klapertart sederhana:

a. Potong-potong roti tawar dan letakkan di loyang, sisihkan. Dalam panci masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, gula pasir, vanili bubuk, dan garam aduk rata.

b. Tambahkan kuning telur, margarin cair, dan air kelapa, aduk rata. Saring lalu masak, ketika sudah mendidih, masukkan kuning telur, aduk cepat sampai mengental.

c. Matikan api lalu tambahkan daging kelapa, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang berisi roti, beri taburan keju parut dan kacang almond.

d. Panggang klapertart selama 50 menit dalam suhu 190 menit atau sesuai oven masing masing.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Klapertart Manado

Ilustrasi Klapertart Manado © Diadona

Nggak harus ke Manado juga jika kamu ingin makan klapertart. Buat dan praktikkan saja resep cara membuat klapertart Manado ini di rumah. Simple, murah, dan hasilnya enak di lidah. Yuk, nggak boleh mager untuk berkreasi di dapur. Simak resep cara membuat klapertart Manado berikut ini.

Bahan:
- 3 buah kelapa muda, pisahkan antara air dan dagingnya
- 50 gr tepung terigu
- 30 gr tepung maizena
- 50 gr susu bubuk putih
- 200 gr gula pasir
- 3 butir kuning telur
- 75 gr margarin
- 1/2 sdt vanili
- 30 gr kenari, cincang kasar
- 30 gr kismis

Bahan toping:
- 3 butir putih telur
- 30 gr gula halus
- 1 sdt kayumanis bubuk
- 25 gr kismis

Cara membuat klapertart Manado:

a. Dalam wadah campur bahan tepung terigu, tepung maizena, kuning telur, susu bubuk putih, vanili dan 1/2 sisa air kelapa yang belum direbus tadi, aduk rata. Rebus 1/2 bagian air kelapa, gula halus dan margarin hingga mendidih, angkat.

b. Tuang air rebusan tadi ke dalam campuran tepung dan 1/2 sisa air kelapa beserta dengan kuning telur, daging kelapa, kismis dan kenari. Aduk hingga rata.

c. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan alumunium foil. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama 15 menit.

d. Kocok putih telur dengan gula halus hingga kaku. Setelah kue dipanggang selama 15 menit, keluarkan kue dari oven dan olesi dengan kocokan putih telur secara merata dan taburi atasnya dengan bubuk kayu manis dan kismis. Masukkan lagi kue dalam oven dan panggang hingga matang.

Nah, itulah tadi beberapa resep mudah cara membuat klapertart kukus dan panggang sederhana khas Manado di rumah. Kamu wajib mencoba untuk membuatnya sendiri, dijamin kamu pasti akan suka. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Baca juga yuk: 5 Resep Cara Membuat Getuk Lindri Singkong Pelangi Goreng Dan Pisang Sederhana

Beri Komentar